Blockchain dan Crypto Indonesia

10 Tools Riset Terbaik Untuk Trading Crypto di 2021

Cryptocurrency semakin menggeliat pada tahun 2021 dan tentu hal ini mendorong banyak user baru memperdagangkan crypto di exchange. Namun sebelum membeli crypto tentu diperlukan riset terlebih dahulu untuk menentukan crypto mana yang mau dibeli. Berikut adalah 10 tools riset terbaik untuk crypto di 2021.

Altcoin Season Index

Index ini dihadirkan oleh blockchaincenter.net. Bagi Anda yang sudah berkecimpung lama di industri crypto mungkin Anda sudah merasakan kehilangan banyak uang di market alt coins sedangkan harga Bitcoin terus naik. Dapat dikatakan, beberapa dari koin alt ini  merupakan break even dalam bentuk USD. Hal ini merupakan salah satu alasan mengapa kebanyakan veteran dalam crypto mengukur sukses keberhasilan perdagangan koin-koin lama melawan Bitcoin dan bukan dolar AS. Lalu beberapa orang juga hanya menganggap alt coin sebagai cara untuk meningkatkan bitcoin mereka dan memberikan mereka kesempatan untuk memiliki lebih banyak set. Kategori user lain juga ada yang menganggap bitcoin sebagai patokan dari industri cryptocurrency. Jadi, jika Anda dapat mengungguli Bitcoin maka Anda dapat mengungguli pasar di cryptocurrency.

Hal ini merupakan logika yang sama yang digunakan oleh pelaku di industri keuangan tradisional ketika mereka menggunakan istilah alpha gains. Lagipula, bagaimana stock picker dapat dikatakan memiliki performa yang bagus jika saham mereka memiliki keuntungan yang sama dengan index fund. Siapapun yang memilih cryptocurrency biasanya secara optimal memiliki bitcoin di portofolio crypto mereka sebelum bitcoin mulai menanjak dan memiliki koin lama yang memiliki posisi lumayan sebelum musim alt dimulai.

Index diatas dapat Anda gunakan dapat menentukan porsi portofolio. Index ini terdiri dari nilai 0 hingga 100 dimana nilai dibawah 25 mengindikasikan bahwa Bitcoin sedang mengalami full swing dan nilai di atas 75 merupakan musim Alt coin turun. Idealnya, Anda dapat memilih metode dollar cost average dan meningkatkan posisi alt coin ketika nilai sedang berada di bawah 25 dan perlahan-lahan beralih ke Bitcoin ketika nilai mulai masuk ke 75. Dengan metode ini maka dapat dilihat bahwa set value dari koin tersebut mengalami peningkatan ketika nilai mereka sedang naik-naiknya dan alt koin dapat diakuisisi lebih banyak ketika harga satoshi relatif rendah. Namun perlu diingat bahwa metode ini bukan metode yang paling manjur karena hal yang paling penting adalah memilih alt coin yang tepat untuk mendapatkan keuntungan terbaik di setiap musim. Jika Anda ingin menyeimbangkan kombinasi antara BTC dan altcoin di portofolio Anda maka Altcoin Season Index merupakan tools yang tepat.

 

Tool Trading Crypto Cryptoquant

Cryptoquant.com merupakan website yang berisikan analisis data dalam bentuk visualisasi grafis  dari alur dana BTC, ETH, stable coin dan alt coin dan informasi-informasi tersebut memberikan Anda pemahaman yang lebih baik mengenai apa yang sedang terjadi di pasar. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah mengecek chart net flow dari semua exchange dimana Anda akan mendapatkan informasi mengenai alur keluar masuk uang dari exchange crypto. Selain itu Cryptoquant juga membekali Anda dengan sejumlah data mengenai semua minus outflow untuk BTC. Jika miner memindahkan dana mereka maka hal tersebut dapat menjadi indikasi mereka akan menjual beberapa koin yang terdapat di pasar. Anda kemudian dapat meningkatkan cara membaca data yang diberikan dengan mengecek flow inter entity dan mengecek chart yang ada lalu Anda akan menemukan sejumlah angka yang merupakan jumlah crypto yang ditransfer oleh para miner ke exchange.

Dengan keahlian tersebut maka Anda dapat menggunakan semua  data fund glow di cryptoquant untuk memberikan Anda pemahaman yang lebih baik mengenai apa yang sedang terjadi di industri dan memposisikan portofolio Anda.

 

Kalender event crypto di Coinmarketcal

Tools ini merupakan kalender untuk cryptocurrency yang memberitahukan Anda mengenai event cryptocurrency penting apa yang akan terjadi. Jika Anda tertarik untuk membeli Avalanche dan ingin mengetahui rangkaian event ke depan yang dapat mempengaruhi harga AVAX. Dengan mempelajari coinmarketcal maka Anda dapat menghemat banyak waktu dan energi karena Anda dapat mengetahui langsung kalau akan ada beberapa kerjasama AVAX dengan protokol bzx yang akan terjadi. Selain itu stable coin dari eropa juga akan segera hadir serta staking dan NFT akan segera terjadi. Lalu siapakah yang memvalidasi event yang akan terjadi tersebut? Divalidasi oleh komunitas. Jika komunitas melihat kemungkinan adanya event palsu maka event tersebut akan mendapatkan banyak downvotes.

 

Glassnode

Tools ini merupakan tools yang dapat diandalkan ketika kita berbicara mengenai indikator on chain market seperti Bitcoin atau Ethereum. Salah satu metrik di Glassnode yang cukup dapat membantu Anda adalah NUPL (Net Unrealized Profit and Loss) dimana indikator ini menunjukkan berapa banyak circulating supply crypto yang berada dalam kategori profit atau loss pada waktu tertentu. Pada dasarnya, jika kita berada di situasi dimana banyak orang yang ada di fase unrealized profit maka kemungkinan kita berada di tahap euphoria pada market cycle ini. Namun, jika banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka ada di unrealized loss maka ini dapat menjadi indikasi dari kapitulasi. Glassnode sendiri bersifat gratis bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi dalam bentuk 1 metrik saja. Jika Anda ingin mengakses lebih banyak metrik dan menggunakan time frame yang lebih panjang (time frame yang berada dalam plan gratis saat ini memiliki lag time 24 jam), maka Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar 29 dolar per bulannya.

 

Coindance

Website ini merupakan tools yang dapat Anda gunakan untuk memonitor hash rates, network nodes, transaksi dan hal-hal sejenis. Idealnya, coindance dapat digunakan untuk melihat industri crypto dan bagaimana crypto diadopsi di negara-negara dalam view bird’s eye. Anda dapat mengecek volume data dari bitcoin lokal dan paxful dengan menggunakan filter per nama negara.

Mungkin beberapa dari Anda menyadari adanya inflasi di Venezuela dan Bitcoin masih menjadi pilihan banyak orang sebagai store of value. Di beberapa negara lain yang memiliki trading volume local Bitcoin cukup tinggi adalah Yunani. Selain itu Anda dapat mencari indikator lain dengan mengecek volume Bitcoin dan blockchain di Google. Jika volume yang ditampilkan mencapai all time high terus menerus maka itu merupakan indikator yang baik bahwa masyarakat luas suah mulai melirik crypto.

Tools ini merupakan tools yang cocok bagi para trader. 3commas merupakan tempat yang tepat bagi Anda untuk mendapatkan ide yang lebih baik dalam menentukan strategi trading crypto Anda.

 

Komunitas dari 3commas menyediakan suatu test untuk mengetes strategi Anda untuk disandingkan dengan data historikal yang ada. Selain itu 3commas juga memfasilitasi usernya dengan paper trading dimana Anda dapat menggunakan strategi yang Anda pilih pada environment yang diinginkan secara real time dengan play money yang disediakan. Paper trading ini juga memberikan Anda kesempatan untuk menguji skill trading Anda dan melakukan eksperimen tanpa perlu khawatir untuk kehilangan banyak uang. Namun kekurangan dari 3commas adalah tidaknya adanya simulasi order book karena order book merupakan hal yang cukup penting bagi trader yang ingin memperjualbelikan crypto dengan jumlah besar  atau yang ingin memperdagangkan pair crypto unik dengan likuiditas yang rendah. Namun jika user ingin bermain di area BTC trading pairs yang memiliki likuiditas tinggi maka hal ini bukanlah masalah.

 

BYBT

Ini merupakan tools analitik data derivatif. Tools ini lebih berguna untuk trader yang sudah berpengalaman yang lebih suka untuk menggunakan data dari pasar derivatif untuk menentukan strategi trading mereka.Ini termasuk hal-hal seperti future, options, open interest, funding rates dan longs vs shorts dari semua tipe exchange yang berbeda. Selain itu, Anda juga mungkin ingin mengecek liquidation tab dimana Anda dapat melihat total likuidiasi dari setiap market yang ada. Fitur lain yang dapat Anda manfaatkan adalah melihat data dari grayscale. BYBT sebenarnya melacak dana keluar masuk yang ada dan juga merincikan holdings per share dan harga dari setiap share/saham yang ada. Selain itu BYBT juga memiliki grayscale fund flow yang dapat memberikan Anda data mengenai order book  yang akan datang dari semua exchange jadi Anda bisa mendapatkan gambaran bagaimana posisi setiap partisipan di industri.

 

CryptoPanic

Tools ini merupakan website terpercaya yang menghasilkan sumber berita crypto dan blockchain dalam jumlah banyak dan juga akun media sosial yang memberikan Anda berita terbaru di industri crypto. Website ini merupakan tools yang berguna ketika alt coin yang Anda pegang sedang turun harganya dan Anda tidak tahu kenapa. Cryptopanic juga dapat membantu Anda untuk mengidentifikasikan tipe event seperti apa yang dapat menjulang harga dari projek dan bagaimana prospek kedepannya. Jika Anda ingin menghemat waktu dari scrolling puluhan website berita crypto maka cryptopanic merupakan pilihan yang tepat.

 

Messari

Messari sendiri merupakan rajanya dari agregasi research crypto. Messari memiliki banyak fitur yang memungkinkan Anda untuk melihat apa yang sedang trending di industri dan menganalisa koin yang Anda inginkan. Messari cocok bagi Anda yang ingin menggunakan pendekatan yang bersifat data driven untuk mengidentifikasi prospek koin lama.

Anda juga dapat menggunakan Messari screener untuk menyortir data coin dari filter yang sudah dikustomisasi. Messari juga memungkinkan Anda untuk menyaring proyek dengan berbagai macam statistik seperti volume pasar liquid yang dilaporkan, transaction fee, volatilitas dan masih banyak lagi. Fitur lainnya adalah Anda dapat memfilter proyek berdasarkan sektor yang diinginkan. Meskipun fitur ini terdengar mendasar namun fitur ini berguna ketika Anda mencari small cap di sektor yang sedang naik daun seperti DeFi dan jika Anda ingin mencari projek microcap maka Anda juga dapat menggunakan filter berdasarkan market cap. Fitur Messari lainnya yang tidak dapat dianggap remeh adalah dengan memberikan daftar 10 exchange yang terpercaya dan akan memberikan Anda laporan volume dari exchange tersebut secara terpisah. Idealnya, Anda dapat menggunakan Messari untuk melakukan riset yang lebih dalam di projek-projek yang sudah Anda incar dengan cara menyaring projek dengan filter yang sesuai dengan projek Anda. Messari sendiri menawarkan fitur-fitur dasar nya secara gratis namun jika Anda ingin menggunakan fitur yang lebih mahir maka biayanya adalah sebesar 25 dolar per bulan.

 

Trading view

Trading view sendiri merupakan cloud based charting dan platform untuk social networking. Contohnya jika Anda ingin bagaimana para ahli analisis teknikal memposisikan portofolio mereka maka Anda dapat masuk ke bagian cryptocurrency market dan melihat ke area ide dimana Anda akan mendapatkan perkiraan crypto dari trader yang berbeda-beda. Kemudian Anda dapat mengkombinasikan data tersebut dari data lain yang didapatkan dari tools lain seperti yang disebut di atas untuk membuat keputusan dan memposisikan portofolio Anda.

 

 

Exit mobile version