5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Investor Crypto pada 2019

 

2018 adalah tahun yang penuh tantangan bagi market cryptocurrency dan 2019 akan membawa rintangan serta peluang baru bagi investor cryptocurrency. Pada artikel ini, Anda akan diperkenalkan dengan lima aspek utama yang perlu diwaspadai oleh investor mata uang digital pada tahun 2018.

2018 adalah tahun yang menarik bagi crypto. Tema utama tahun ini adalah regulasi, adopsi prosedur KYC yang meluas, pajak crypto, dan peningkatan partisipasi investor institusi di market.

Tema menarik di atas dibayangi oleh koreksi tajam di market crypto yang menyebabkan penurunan 70 persen harga bitcoin dalam kurun waktu setahun.

Pada tahun 2019, kami mengharapkan tren serupa dengan peraturan dan pelembagaan crypto menjadi pusat perhatian.

Awal yang Lambat untuk Tahun Ini

Meskipun ada seruan untuk rally bitcoin di waktu dekat oleh beberapa advokat dan analis bitcoin, tahun 2018 telah meninggalkan banyak orang – terutama investor ritel – terluka. 70 persen lebih penurunan value aset adalah sesuatu yang tidak biasa dilakukan investor dari pasar ekuitas dan obligasi sehingga banyak investor akan melangkah lebih hati-hati di market crypto pada 2019.

Namun, investor institusional yang percaya pada masa depan crypto, akan mulai mengisi tabungan kripto mereka di saat harga rendah.

Dorongan besar yang ditunggu semua orang seharusnya datang dari peluncuran platform trading derivatif bitcoin Bakkt pada akhir Januari (mungkin saja diundur). Namun, mengingat bahwa peluncuran bitcoin futures di CME dan CBOE hanya memberikan bitcoin dorongan singkat di puncak reli 2017, tidak mungkin bitcoin (BTC) akan mulai “pergi ke bulan” ketika Bakkt diluncurkan.

Kematian dari ICO yang Tidak Diregulasi

Penjualan token terus mengumpulkan uang pada tahun 2018 meskipun value aset cryptocurrency runtuh. Lebih banyak ICO ditahan dibandingkan tahun sebelumnya dan jumlah rata-rata yang dihimpun ICO juga meningkat, menurut ICO Tracker CoinDesk.

Crowdsales paling sukses tahun ini dipegang oleh EOS dan Telegram. EOS mengumpulkan 2,5 miliar dalam penjualan token selama setahun di jaringan Ethereum sementara tangan Telegram mengangkat 1,7 miliar.

Menariknya, Telegram melakukannya melalui perjanjian SAFT dalam penjualan pribadi kepada investor institusi dan terakreditasi. Faktanya, telah terjadi pergeseran ke arah model security token dan menjauh dari model ICO yang tidak diregulasi karena tekanan regulasi meningkat pada proyek-proyek ICO, terutama di AS.

Akibatnya, kita berpotensi melihat matinya pasar ICO yang tidak diatur di tahun mendatang. Meskipun metode penggalangan dana yang inovatif dan tanpa batas ini telah memungkinkan siapa pun di dunia untuk berinvestasi dalam proyek-proyek startup baru yang menarik, yang tidak pernah mungkin terjadi sebelumnya, ICO juga telah mengakibatkan kerugian besar bagi investor. Mayoritas token ICO secara agresif berkinerja buruk sepanjang tahun karena semakin jelas bahwa sebagian besar proyek ini tidak akan memenuhi janji mereka.

Untuk pemula yang ingin mengumpulkan dana – terutama di negara emerging market – semakin banyaknya regulasi penjualan token kemungkinan akan menghasilkan hambatan yang lebih tinggi untuk masuk ke model penggalangan dana ini.

ETF Bitcoin

Saga ETF Bitcoin telah menjadi salah satu untuk diikuti selama beberapa tahun hingga sekarang, dan setiap tahun orang selalu berpikir akan ada yang mendapatkan ijinnya. Tetapi tidak ada Bitcoin ETF yang disetujui pada 2018, dan ada keraguan bahwa itu akan terjadi pada 2019 meskipun bitcoin telah menjadi arus utama sebagai aset investasi selama dua tahun terakhir.

Namun, dengan “crypto mum,” Komisaris SEC Hester Peirce, di pihak kami dan perumusan peraturan cryptocurrecy yang bertujuan untuk membawa lebih banyak transparansi ke market, kami dapat lebih dekat dengan persetujuan ETF bitcoin.

Dan siapa tahu, mungkin kita bahkan akan akhirnya memperdagangkan di Nasdaq atau Bursa Efek New York sebelum akhir 2019?

Kerangka Regulasi Global untuk Crypto

G20 telah mengumumkan bahwa mereka ingin memperkenalkan kerangka peraturan global untuk aset cryptographic. Namun, pada 2018, mereka belum berhasil membuat kemajuan dalam pembentukan kerangka kerja seperti itu.

Mengingat bahwa ini telah menjadi topik di semua pertemuan G20 tahun ini, kami kemungkinan akan melihat kemajuan tentang masalah ini di tahun mendatang. Apakah para kepala negara dapat mencapai kesepakatan tentang seperti apa kerangka kerja itu seharusnya merupakan pertanyaan lain.

Sebuah kerangka kerja regulasi global yang diformulasikan dengan baik memiliki potensi untuk meningkatkan market crypto karena akan memberikan kelas aset digital ini persetujuan regulasi. Namun, upaya untuk mengatur industri cryptocurrency mungkin akan menghambat rally crypto besar berikutnya. Jadi, peraturan sekali lagi akan menjadi tema yang perlu diikuti oleh para trader di tahun mendatang.

Lebih Banyak Produk Finansial Crypto Teregulasi

Pada 2017 dan 2018, kami melihat munculnya berbagai produk finansial baru yang diatur dan berbasis cryptocurrency.

Grayscale Investments meluncurkan beberapa dana altcoin, bank Swiss, Swissquote, meluncurkan sertifikat bitcoin dan XBT Provider meluncurkan Ethereum ETN di Nasdaq di Stockholm dan memiliki lebih banyak nota cryptocurrency yang di-exchange-trade di pipeline.

Tren tersebut membuat cryptocurrency menjadi produk keuangan yang mudah diakses oleh investor ritel dan institusional kemungkinan akan berlanjut di tahun mendatang sementara kita juga mungkin akan melihat lebih banyak bitcoin dan derivatif altcoin menghantam bursa AS.

 

Related articles

berita cryptocurrency indonesia

Expert Memperkirakan Bear Market Crypto Sampai Q2 2019

Pada tanggal 14 November 2018 pasar cryptocurrency mengalami kejatuhan harga yang tajam di mana hampir semua cryptocurrency besar mengalami penurunan harga lebih dari 10% salah satu sebabnya adalah proses upgrade hard fork bitcoin yang mana ada kemungkinan ekosistem Bitcoin cash terbagi dua. Di tanggal 14 November 2018, harga Bitcoin jatuh di bawah $5,600  untuk pertama […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *