Akankah Melejitnya Cryptocurrency Menuntun Ke Arah “De-dolarisasi” ?

Dollar AS  adalah mata uang yang terkenal di seluruh dunia, dan hari ini dolar AS berdiri sebagai mata uang yang paling dominan dalam hal cadangan dunia yang dialokasikan. Status dolar sebagai mata uang global berarti mata uang ini diterima secara luas dan disukai untuk dapat digunakan dalam perdagangan dan transaksi internasional.

Menurut temuan terbaru oleh Internasional Monetary Fund  (IMF), dolar AS berjumlah 61,82% dari semua cadangan devisa central bank yang diketahui. Prevalensi semacam itu menggarisbawahi status dolar sebagai mata uang pilihan dunia dan menyoroti relevansinya pada skala global.

Mata uang cadangan dunia terdekat berikutnya adalah Euro pada 20,24%. Kekuatan ekonomi AS adalah yang mendukung nilai dolar AS, menjadikannya mata uang paling kuat, meskipun defisit anggaran sangat besar.

Tidak seperti unit keuangan lainnya, sejumlah besar USD digunakan di luar Amerika Serikat sebagai mata uang dalam transaksi sehari-hari, terutama di Amerika Latin. Selanjutnya, jangkauan internasional mata uang Dolar As jauh lebih luas daripada mata uang lain, yang membuatnya menjadi kekuatan dalam hal transaksi.

Namun,  saata ini dunia didorong oleh teknologi yang terus berkembang dan tingkat interkonektivitas yang terus meningkat, dapatkah posisi dolar AS sebagai mata uang global yang dominan terancam? Selama beberapa dekade terakhir, Bitcoin dan proyek cryptocurrency ambisius lainnya telah meningkat popularitasnya dalam skala eksponensial. Bisakah mata uang digital mencuri takhta dolar dan memposisikan dirinya sebagai mata uang cadangan favorit dunia?

De-dolarisasi mungkin tidak tampak begitu mustahil selama tahun-tahun mendatang.

Perkembangan teknologi blockchain telah membuka jalan bagi cara yang lebih baru, lebih dapat dipercaya di mana uang dan informasi berharga seperti identitas, data pribadi dan ownership record dapat disimpan. Blockchain menawarkan desentralisasi,  serta menyediakan cara yang dapat diandalkan dan permanen untuk dapat merekam informasi.

Blockchain juga membawa kontrol lebih besar bagi organisasi dan bahkan pemerintah dalam hal melakukan transaksi tanpa perlu beroperasi melalui bank sentral, seperti yang biasa terjadi saat ini. Sementara dolar AS dicetak dan dikendalikan oleh pemerintah Amerika Serikat, cryptocurrency memotong tingkat kontrol terpusat tersebut.

Sifat desentralisasi dari cryptocurrency berbasis blockchain berarti bahwa keuangan digital mudah untuk dibeli dan dijual hari ini, dan di masa depan, sistem keuangan seperti itu bahkan dapat melangkah lebih jauh dalam menggantikan bentuk tradisional bank sentral dan perbankan seperti yang kita lihat hari ini.

Ini adalah jalan panjang menuju de-dolarisasi, tetapi mengingat potensi cryptocurrency dan tingkat keamanan yang diberikan blockchain, kita dapat segera melihat proses memanfaatkan keuangan digital sebagai mata uang global yang aman.

 

Pemerintah dunia bahkan memiliki potensi untuk memperkenalkan cryptocurrency mereka sendiri sebagai alternatif yang aman untuk dolar AS, yang dapat mempercepat proses de-dolarisasi.

Kelangsungan cryptocurrency sebagai pengganti dolar yang kuat juga didorong oleh munculnya stablecoin, sebuah istilah untuk keuangan digital harga tetap yang harga di peg oleh aset cadangan.

 

Bitcoin mungkin masih berkuasa sejauh menyangkut permainan crypto, tetapi ada calon-calon kompetitor lain yang mulai mengintip, seperti Libra Facebook yang akan memasuki pasar beberapa bulan mendatang. Selain itu, stablecoin lain seperti Pax, EOSDT dan TMV cenderung memiliki dampak positif pada pasar dan menawarkan banyak peluang untuk diversifikasi kepada investor.

 

Peningkatan efisiensi 

Cryptocurrency juga memiliki potensi untuk menawarkan cara yang lebih cepat dalam melakukan bisnis internasional. Saat ini, sebagian besar transaksi internasional dilakukan melalui Lembaga Telekomunikasi Keuangan Antar Bank Seluruh Dunia (SWIFT). Negara-negara anti dolar seperti Rusia dan Cina telah mengembangkan versi SWIFT mereka sendiri, mendesak mitra dagang untuk membuang sistem tradisional. Namun, bahkan melalui penggunaan bank, suatu transaksi dapat membutuhkan waktu lama untuk diproses dan biaya transaksi dapat relatif tinggi.

Menggunakan cryptocurrency dan menyelesaikan transaksi online berarti transfer membutuhkan beberapa detik untuk diproses dengan biaya transaksi yang sangat berkurang  berkat kurangnya perantara atau organisasi perantara. Secara finansial, berurusan dengan cryptocurrency dapat lebih bermanfaat bagi semua pihak.

Saat kita memasuki dekade berikutnya, masuk akal untuk mengharapkan pengenalan cryptocurrency baru yang dikeluarkan oleh pemerintah yang akan segera menantang dominasi dolar AS. Seperti yang telah kami jelajahi, cryptocurrency menawarkan cara kerja yang lebih cepat dan lebih terdesentralisasi yang dapat menjadi daya tarik bagi pemerintah, pedagang dan warga negara.

Akan tetapi, patut dicatat bahwa era baru dominasi crypto akan membawa periode ketidakpastian yang berkepanjangan. sejauh ini ekonomi dunia telah mengetahui bahwa dolar telah menjadi mata uang yang lazim. USD juga dapat diedarkan dan digunakan sebagai bentuk uang tunai.

Cryptocurrency, tentu saja, sangat berbeda dan tidak bersifat fisik. Ya, keuangan digital memiliki potensi untuk meningkatkan pengiriman uang bagi bisnis yang bergerak cepat lintas batas. Tetapi setelah krisis ekonomi global, masih harus dilihat seberapa cryptocurrency akan dapat diandalkan dalam menunjukkan kepada kita cahaya di ujung terowongan. Selama kebangkitan blockchain terus memiliki momentum, hanya waktu yang akan membuktikannya.

Sumber : dailyhodl

 

Jumlah Pemegang Bitcoin Lebih Dari 1.000 BTC Telah Melonjak Sejak Awal 2019

 

3 Alasan Dari VanEck Kenapa Harus Memasukkan Bitcoin (BTC) dalam Portofolio Investasi Anda

 

 

 

Related articles

CEO Binance, Changpeng Zhao telah Mempertimbangkan Keputusan untuk Mencabut BSV

Pendiri sekaligus CEO utama dari cryptocurrency exchange, Binace, Changpeng Zhao memperingatkan bahwa dia akan menghapuskan Bitcoin Satoshi Vision (BSV) jika –sang penemu Altcoin –Craig Wright tidak bertindak akan tweet yang dipostnya pada 11 April.   Komunitas memberikan reaksi terhadap peringatan Zhao dengan cara meminta berbagai exchange untuk menghilangkan BSV juga melalui hashtag #DelistBSV. Tweet tersebut […]

kata IMF tentang crypto

Pandangan Netral IMF Tentang Aset Crypto

  Artikel ini disadur dari blog IMF yang ditulis langsung oleh Christine Lagarde, Managing Director IMF. Saat ini sudah ada lebih dari 2000 aset crypto yang beredar di berbagai jaringan blockchain di seluruh dunia dan ditradingkan (menurut www.coinmarketcap.com). Namun dari sekian banyaknya aset crypto yang beredar saat ini, nampaknya naif untuk tetap positif bahwa semua […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *