Panduan Mempelajari Akun Blockchain Vexanium

Akun Blockchain VEX Default

Vexanium (VEX) menggunakan struktur akun yang berbeda dari kebanyakan blockchain yang Anda tahu. Meskipun mungkin terlihat rumit pada awalnya, namun tidaklah begitu sulit setelah Anda memahami dasar-dasarnya, yang semuanya akan dibahas dalam artikel ini. Jadi, bagaimana sebenarnya cara kerja akun blokchain VEX (VEX Address)?

Baca Juga: Mengenal Vexanium, Public Blockchain & Crypto Terbaik Indonesia

Struktur Akun Blockchain VEX

Setiap user memiliki satu atau lebih akun di blockchain Vexanium. Akun blockchain VEX adalah pengidentifikasi yang dapat dibaca oleh manusia (human-readable identifiers) yang disimpan 

Di blockchain dan mereka diharuskan untuk mendorong atau mentransfer 

transaksi apapun (valid) ke blockchain Vexanium. Akun ini juga memiliki konfigurasi izin. Akun VEX terdiri dari 12 karakter dan dapat berisi huruf a-z dan angka 1–5. Nama-nama akun ini menggantikan alamat wallet yang panjang dan canggung yang digunakan di sebagian besar di blockchain lain.

Selanjutnya, setiap akun blockchain VEX memiliki konfigurasi Izin yang unik. Izin dapat dilihat sebagai persyaratan yang harus dipenuhi agar transaksi dapat dilalui. Akun VEX secara default memiliki 2 izin yaitu:

🡪Owner(Pemilik): menunjukkan kepemilikan akun dan diperlukan untuk membuat perubahan apapun terhadap kepemilikan akun. Kunci untuk izin ini paling baik disimpan secara aman, karena mereka tidak perlu melakukan banyak hal di jaringan blockchain Vexanium.

🡪Active(Aktif): digunakan untuk mentransfer dana (VEX Coin atau token under VEX), memberikan suara untuk Block Producer(Voter) dan membuat perubahan akun tingkat tinggi lainnya.

Selain 2 izin bawaan Anda dapat membuat izin baru, khusus yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setiap izin memiliki satu atau beberapa kunci atau nama akun yang terkait dengannya. Setiap kunci dari akun VEX yang terkait dengan izin memiliki Weight(bobot) tertentu, dan setiap izin memiliki Threshold(ambang batas bobot) tertentu yang harus dipenuhi sebelum transaksi yang mengharuskan izin bisa diterima.

Visualisasi default struktur izin.

Untuk membantu Anda memahami semua informasi ini, kami telah menyertakan gambar di atas, yang memvisualisasikan struktur izin akun VEX default. Seperti yang Anda lihat, izin Owner memiliki ambang default 1, dan 1 kunci dengan bobot 1 yang terkait dengannya. Hal yang sama berlaku untuk izin Active yang memiliki ambang default 1, dan 1 kunci dengan bobot 1 yang terkait dengannya.

Ini berarti bahwa hanya private key yang terkait dengan pemilik, atau izin aktif yang diperlukan untuk melakukan transaksi yang memerlukan pemilik atau izin aktif.

Sumber Daya Akun Blockchain (Resource)

Sekarang Anda terbiasa dengan struktur akun blockchain VEX, sekarang saatnya untuk belajar tentang sumber daya akun. Setiap akun VEX memiliki 3 sumber daya: CPU, NET dan RAM yang semuanya memungkinkan user untuk melakukan hal yang berbeda. Kami akan menjelaskan setiap sumber daya secara individual di bawah ini menggunakan oleh akun Vexaniumtree.

Konfigurasi resource akun VEX.

Bagaimana Sumber Daya di Akun Blockchain VEX (Dapat) Terlihat

Jika blockchain VEX adalah sebuah kereta, maka CPU, NET dan RAM dapat dijelaskan dengan cara berikut:

NET akan menjadi kursi yang tersedia di setiap kereta yang berangkat dan memasuki blockchain. Kursi Anda akan selalu disediakan, dan jika Anda membutuhkannya, itu akan menjadi milik Anda. Tetapi, jika tidak ada seorangpun di kereta, Anda bisa berbaring di atas banyak kursi karena gratis! Jadi NET adalah cara untuk memastikan Anda memiliki tempat duduk ketika kereta pergi.

CPU adalah seberapa sering Anda naik kereta, dan bekerja seperti NET sejauh alokasi berjalan. Anda mungkin memiliki tiket kereta, tetapi tentu saja tiket hanya dapat digunakan pada hari dan waktu tertentu. Sekarang kereta VEX cukup santai, sehingga setiap ruang yang tidak digunakan bebas untuk digunakan kembali(CPU dan NET), bebas untuk digunakan orang-orang yang membayar untuk memperoleh ruang yang lebih. CPU dan NET adalah sumber daya bersama yang disebut BANDWIDTH.

RAM adalah ruang penyimpanan Anda di kereta. Jika Anda perlu membawa satu ton barang bawaan, Anda perlu membayar per kantong untuk memeriksa tas Anda ke kereta. Jika anda tidak membawa banyak barang bawaan, anda dapat menjual ruang penyimpanan anda kepada orang lain yang naik kereta.

CPU dan NET dapat diperoleh dengan stake VEX, yang pada dasarnya mengunci token anda untuk waktu tertentu. Ketika user ingin memindahkan VEX mereka, mereka dapat melepaskan token mereka, pada dasarnya melakukan transaksi gratis. RAM tidak dapat diperoleh melalui pengarsipan melainkan dapat dibeli dan dijual dan digunakan untuk menyimpan token lain misalnya.

 

Menyatukan Semuanya

Anda sekarang memahami struktur dan sumber daya dari akun blockchain VEX, jadi inilah saatnya untuk menyatukan semua ini untuk memahami sepenuhnya akun blockchain VEX.

akun-blockchain-vex

Akun dan izin VEX divisualisasikan. 

Pada gambar di atas, Anda dapat melihat bagaimana struktur akun terkait dengan sumber daya akun. Garis biru muda mengindikasikan CPU & NET diperlukan untuk melakukan tindakan apapun yang memerlukan izin itu. Garis merah menunjukkan RAM diperlukan untuk menyimpan token lain. Ini harus memberi Anda pemahaman yang kuat tentang bagaimana akun VEX beroperasi.

 

Akun Blockchain Multi Signature

Menggunakan struktur izin dalam VEX Anda dapat melakukan banyak hal menarik. Salah satunya adalah membuat akun multi signature, yang relatif mudah di jaringan blockchain VEX. Secara umum, akun multi signature (lebih umum dikenal di blockchains lain sebagai wallet multi signature) adalah akun yang membutuhkan lebih dari 1 tanda tangan untuk melakukan transaksi.

Akun VEX lebih rumit, karena mereka memiliki banyak izin dengan beberapa tindakan yang terkait dengan izin itu, alih-alih tindakan tunggal yang mungkin terjadi pada kebanyakan blokir saat ini. Sebagai hasil dari sistem akun yang lebih rumit ini, dimungkinkan untuk mengubah batas ambang izin yang dijelaskan sebelumnya yang harus dipenuhi sebelum transaksi apapun(valid) yang mengharuskan izin tersebut dapat dieksekusi. Dimungkinkan juga untuk menambahkan beberapa kunci dengan bobot berbeda ke izin.

Dengan menggunakan prinsip-prinsip ini, Anda kemudian dapat meminta beberapa kunci untuk menandatangani transaksi sebelum (dan tindakan yang dilakukan transaksi) dijalankan, pada dasarnya menjadikan izin Anda sebagai izin multi signature!

 

Cara Membuat Akun Blockchain VEX Anda Sendiri

Karena VEX menggunakan struktur akun yang berbeda dari kebanyakan blockchain, membuat akun tidaklah semudah menghasilkan sepasang kunci(Public & Private Key). Akun VEX memiliki berbagai izin yang terkait dengan berbagai tindakan dalam akun tersebut. Walaupun ini mungkin terdengar sangat rumit, namun kenyataanya relatif cukup mudah untuk membuat akun di Blockchain Vexanium. Kami akan membahas beberapa metode yang masuk akal dalam artikel ini.

Sebelum Anda mulai membuat akun VEX Anda sendiri, disarankan untuk membiasakan diri dengan cara kerja akun VEX terlebih dahulu. Jika Anda belum terbiasa dengan cara kerja akun Vexanium, sebaiknya baca artikel kami tentang memahami cara kerja akun Vexanium sebelum melanjutkan.

Menghasilkan Sepasang Kunci (Public Key & Private Key)

Sebelum kita mulai dengan salah satu dari dua metode ini, pertama-tama kita harus membuat dua pasangan kunci yang akan kita gunakan untuk membuat akun baru. Kami akan menghasilkan dua pasangan kunci karena kami ingin pemilik dan izin aktif kami memiliki kunci yang berbeda, membuat akun lebih aman. Meskipun Anda dapat menggunakan kunci yang sama untuk pemilik dan izin aktif, namun itu kurang aman dan karenanya kami tidak menyarankan untuk melakukannya.

Kami akan menghasilkan pasangan kunci kami menggunakan VEX Wallet PC yang mendukung pembuatan kunci secara offline. Setelah mengunduh file dari situs web Vexanium.com, Anda dapat menginstall dan menjalankan program dan pergi ke tab “Generate and Validate keys”.

Membuat pasangan kunci menggunakan VEX Key PC Wallet.

Setelah Anda berada di tab “Add key, pilih Create keys kemudian pilih Text”, maka Anda dapat menghasilkan pasangan kunci VEX. Pastikan untuk menyimpan sepasang kunci anda dengan aman, lebih disukai offline atau di tempat penyimpanan yang aman. Setelah Anda menyimpan pasangan kunci pertama, Anda dapat membuat pasangan kunci kedua yang kemudian dapat Anda simpan juga. Setelah ini selesai, kita bisa pindah ke langkah berikutnya.

 

Membuat Akun Blockchain VEX

Ada berbagai cara untuk membuat akun VEX, beberapa metode sangat mudah sedangkan metode lain bisa lebih aman namun lebih rumit. Kami akan membahas dua cara terbaik dan termudah untuk membuat akun VEX yakni menggunakan Mobile/Smartphone(Android) dan PC/Laptop(Windows/Mac).

 

  • Membuat Akun Blockchain VEX dengan VEX Wallet PC

 

Untuk pembuatan akun VEX terdapat 2 metode yaitu cara pertama adalah user melakukan klaim ‘account name’ nya di vexwallet.com dan cara kedua adalah akun user dibuatkan oleh orang lain. Mari kita bahas cara pertama yaitu klaim account name di VEX Wallet PC, VEX Wallet PC adalah aplikasi desktop dengan menggunakan Scatter yang yang mendukung pembuatan akun VEX yang berbayar, Pemindahan Akun VEX ke calon pemilik yang baru dan digunakan untuk mengakses sebagian besar ekosistem VEX seperti Dapps(Decentralized Application).

  1. Buka vexanium.com/#download lalu klik windows wallet download, lalu download dan save di PC kita.

  2. Install Vex Wallet PC di komputer kita, dan jalankan.

  3. Masukan Password VEX Wallet PC,  Password ini merupakan password offline dimana user dapat memiliki berbagai jenis VEX Wallet, jika user tersebut memiliki vex akun di wallet MAC, Android, atau lainnya. Setiap VEX wallet yang terdapat pada O.S yang berbeda semua membutuhkan password wallet offline sebagai security pada layer pertama.
  4. Acceptance Of Term . VEX Wallet merupakan Decentralized Wallet sehingga tidak ada satu pihak pun yang bertanggung jawab atas aset di wallet user kecuali user itu sendiri. Perlu diperhatikan bahwa Vexanium tidak menyimpan private key dan lainnya.

  5. Membuat Public key ini merupakan langkah awal untuk terkoneksi kedalam blockchain Vexanium dan juga untuk membuat Akun VEX. Contoh public key adalah sebagai berikut: VEXblablabla. Public key ini bukan merupakan alamat Akun VEX.
  6. Klik tombol “Add Keys” di kiri bawah, lalu klik tombol VEX Account.

  7. Copy public key dari text box untuk mendapatkan private key dengan cara mengklik tombol “Copy” atau klik tombol icon kertas double, Untuk melakukan klaim free account. Isi public key lalu isi 12 karakter(Terdiri dari huruf kecil a-z dan angka 1-5). Kemudian masukkan nomor HP dimana nomor HP ini digunakan untuk melakukan verifikasi pada akun user pada web http://www.vexwallet.com/, isi data phone verification code(yang telah dikirim ke nomor HP kita), lalu klik tombol “Claim Now”.

  8. Setelah berhasil melakukan klaim, masuk di VEX Wallet PC kemudian masukan data 12 karakter akun VEX di kolom account name lalu tekan tombol Add.
  9. Untuk memastikan akun VEX kita sudah terbuat dengan benar, maka bisa dilihat di Vexplorer Vexanium https://explorer.vexanium.com/ , kemudian ketikan nama akun VEX kita search box yang berada di kiri atas untuk melihat hasilnya kemudian tekan Enter.
  • Membuat Akun Blockchain VEX dengan VEX Wallet Mobile

Vex Wallet Mobile merupakan Decentralized Wallet, dimana semua aset dan akun anda menjadi tanggung jawab anda sendiri, tidak ada satu pihak pun yang memiliki akses anda (bahkan pihak Vexanium juga tidak memiliki akses untuk akun anda). Setelah menginstall VexWallet anda bisa membuat akun dari VexWallet. Caranya adalah masukan username dan password (ingat ini hanya username dari mobile wallet dan password hanya untuk membuka wallet serta memverifikasi pengiriman atau melakukan koneksi ke DApps (Decentralized Applications). Anda harus menyimpan dan mengingat password wallet anda sendiri dengan baik karena tidak ada fungsi forgot password di decentralized wallet, Berikut langkah – langkah pembuatan akun Vex Wallet :

  1. Setelah mengisi username dan password klik 🡪Next, anda harus membuat akun VexWallet atau jika anda sudah memiliki nama akun VEX, maka anda bisa melakukan Import nama akunVex.

  2. Setelah membuat password, anda harus membuat akun blockchain Vex atau jika anda sudah memiliki akun Akun blockchain VEX, maka anda bisa melakukan Import Akun blockchain VEX. Pilih Import Wallet from private key(jika sudah memiliki private key Akun VEX), Pilih Create Free Wallet With Phone Number(jika belum memiliki Akun VEX), pada percobaan kali ini saya akan menjelaskan jika kita belum memiliki Akun blockchain VEX, kemudian tekan menu Import Wallet From Private Key.

  3. Akun blockchain VEX anda secara default terbuat sebagai akun non premium(standart), akun non premium harus menggunakan 12 karakter terdiri dari a-z atau 1-9, akun non premium terdiri dari huruf kecil atau angka, tuliskan username Akun blockchain VEX kita ,tuliskan kode telepon negara kita dan Phone number kita, tuliskan verification code lalu tekan tombol NEXT di bawah. Untuk pembuatan akun VEX memerlukan biaya VEX di awal pembuatan(tim developer Vexanium Foundation memberikan akun gratis senilai 1 VEX kepada user awal di blockchain Vexanium dengan cara menginput nomor handphone). Setelah anda mendapat kode verifikasi jangan lupa untuk melakukan backup private key atau public key anda. Jika ingin mengetahui apa itu public key anda perlu membaca artikel berikut ini: https://telegra.ph/Basic-Tutorial-Membuat-Akun-Vexanium-VEX-Address–di-VexWallet-versi-PC-Mac–Windows-07-10
  4. Selamat! Pembuatan Akun VEX telah selesai. Berikut ini merupakan tampilan awal mobile wallet Vexanium yang berisikan Vex Wallet Address kita. Di tampilan ini terdapat menu icon Send, Receive, Resource serta Vote, menu icon Resource digunakan untuk membeli RAM, Stake CPU dan NET. Kemudian pada bagian selected wallet di bagian bawah adalah akun Akun VEX anda, anda bisa mempunyai banyak sekali Vex Address akun di dalam mobile wallet, sedangkan di bagian bawah ada menu DApps dan menu pengaturan.

Biaya pembuatan akun blockchain VEX baru saat ini dapat diketahui dengan cara berikut: 0,59(RAM) + 0,003(RAMFEE) + 0,2(CPU) + 0,1(NET) = 0,9 VEX jadi masih sisa 0,1 VEX untuk Akun VEX yang baru(non premium) saja dibuat. Jadi untuk saat ini pembuatan akun VEX baru(non premium) setidaknya membutuhkan 1 VEX.

Sekarang Anda sudah siap untuk mulai menggunakan aplikasi dapps dan tool-tools lain favorit Anda. Sebelum Anda mulai menggunakan dapps, pastikan kamu menyimpan password aplikasi Vex Wallet PC dan  Vex Wallet Mobile Anda. Setelah ini selesai, semua aplikasi dapat diakses dengan mengklik “Login akun blockchain VEX dengan Scatter untuk versi PC atau Auto Login akun VEX untuk versi Mobile”. Selalu waspada saat menggunakan dapps dan tool-tools lain untuk selalu periksa tindakan(activity).

Mentransfer Akun Blockchain VEX kepada Calon Pemilik Baru.

Sebagai tambahan informasi Vexanium(VEX) memiliki fitur lain yang sangat keren yang belum begitu banyak diketahui user-user VEX, apa itu? Akun blockchain VEX ternyata dapat dipindahtangankan atau di transfer ke calon pemilik baru. Pemindahan akun VEX dapat dilakukan setelah terjadi kesepakatan antara kedua belah pihak(pembeli Akun VEX dan penjual Akun VEX). Ekosistem ini memungkinan untuk meningkatkan demand terhadap VEX coin, kita dapat melakukan jual-beli nama akun VEX di masa sekarang dan di masa depan, (saat ini terdapat pasar jual beli nama akun VEX dimana anda bisa melakukan Bid nama akun yang bagus atau unik kepada calon pembeli nama akun VEX milik anda), Berikut kami jelaskan secara singkat untuk melakukan transfer akun VEX ke calon pemilik baru :

  1. Buka Vex Wallet PC (Desktop), kemudian isikan passwordnya.

  2. Kemudian calon pembeli akun VEX harus membuat atau menyediakan sepasang kunci(Public dan Private Key) yang baru sebagai akun baru untuk melekatkan nama Akun Vex yang hendak ditransferkan.
  3. Berikan atau Copykan Public Key yang baru kepada si penjual nama akun VEX untuk dilekatkan dengan akun VEX yang baru lalu klik tombol Change Permission

  4. Copy pastekan Public Key dari pembeli ke penjual 🡪 masuk ke halaman Change Account Permission pada menu imported keys pilih nama akun VEX yang akan ditransferkan kemudian copy pastekan Public Key pembeli ke isian Owner dan Active, tekan tombol Change Permissions di bawah, klik tombol Allow saat muncul Pop-Up dan setelah itu nama akun VEX sudah berpindah tangan.

 

Related articles

blockchain-use-case-vexanium

12 Use Case Blockchain di Berbagai Sektor Industri

Teknologi Blockchain adalah sebuah solusi yang berasal dari pemanfaatan kemajuan teknologi yang akan memudahkan bagi setiap perusahaan supaya dapat melakukan banyak hal yang baik bagi produktivitas mereka. Teknologi Blockchain adalah sebuah penerapan Use Case yang aktual dan memberi solusi yang tepat bagi permintaan jaman yang serba cepat dan efisien.  Teknologi Blockchain memiliki karakteristik dan ciri […]

rasio mvrv bitcoin

Indikator Terbaik Memprediksi Puncak Pasar Menurut Analis Bitcoin

Sekelompok analis Bitcoin di Twitter mengklaim menemukan cara rahasia untuk memprediksi puncak dari pasar, indicator ini dikenal sebagai MVRV-z. MV, market value, mewakili kapitalisasi total cap Bitcoin dan kapitalisasi pasar secara keseluruhan. RV, atau Realisasi Nilai untuk nilai waktu. dan kemudian rasio kedua angka ini menyediakan data.     1/ I expect this $BTC bull […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *