Apa Bedanya Bitcoin (B besar) dan bitcoin (b kecil)

perbedaan bitcoin besar dan bitcoin kecil

Salah satu hal yang sering membingungkan dalam bitcoin dan cryptocurrency adalah penggunaan huruf besar “B” dan huruf kecil “b”. Apa perbedaannya dan kapan Anda menggunakannya? Pada artikel ini, kita akan menjelaskan mengenai masing-masing dari arti huruf besar dan huruf kecil pada Bitcoin serta bagaimana penggunaannya.

perbedaan bitcoin besar dan bitcoin kecil
Source: hackernoon.com

Bitcoin (protokol dan jaringan pembayaran)

Bitcoin yang diawali dengan huruf besar “B” pada umumnya identik dengan Bitcoin yang digunakan sebagai protokol dan jaringan pembayaran. Huruf besar pada kata awal “Bitcoin” juga sering digunakan untuk menunjuk pada sebuah ekosistem. Ketika menulis mengenai Bitcoin dan Anda menggunakan huruf besar “B” pada kata awalnya berarti Anda sedang merujuk pada teknologi/ekosistem Bitcoin secara keseluruhan.

Contoh: “Saya baru saja mempelajari Bitcoin, ini adalah cara cepat dan mudah bagi para merchant untuk menerima pembayaran”

perbedaan bitcoin besar dan bitcoin kecil
Source: bitcoinist.com

bitcoin ( mata uang )

Bitcoin dengan huruf kecil “b” atau yang biasa ditulis “bitcoin” biasanya merujuk pada bitcoin sebagai mata uang. Ketika Anda bermaksud untuk mengetahui berapa banyak mata uang yang ditransaksikan atau jika Anda lebih berfokus pada mata uang dan tidak pada jaringan pembayaran atau protokol yang digunakan maka Anda dapat menggunakan huruf kecil, “bitcoin”

Contoh: Saya baru saja mengirim 2 bitcoin dari wallet blockchain saya kepada merchant.

Tidak ada aturan yang ketat dan tetap mengenai hal ini tapi dengan mengetahui perbedaan tersebut diharapkan Anda tidak bingung lagi. Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan Bitcoin, pastikan Anda menggunakan konteks yang memadai supaya Anda dapat menjelaskan mengenai maksud Anda secara jelas dan terperinci. Hal ini menjadi hal yang sangat penting untuk mengetahui perbedaan antara bitcoin sebagai protokol ataupun sebagai mata uang seperti yang kita bahas di sini.

 

Baca Juga Artikel Lainnya Tentang Blockchain dan Cryptocurrency :

Cara Trading Bitcoin & Crypto – Hal Hal Penting Yang Perlu Anda Tahu

 

 

Related articles

valuasi aset crypto

Cara Melakukan Valuasi Untuk Aset Cryptocurrency

Selama setahun terakhir, beberapa investor dan ahli kripto terkemuka telah mengusulkan berbagai kerangka kerja, heuristik, dan metrik yang dapat diterapkan oleh investor ke nilai aset cryptocurrency. Artikel ini merangkum kerangka kerja penilaian aset cryptocurrency hari ini. Saya bermaksud menjelaskan secara singkat kerangka utama dan mengeksplorasi keterbatasan mereka serta mendiskusikan potensi eksplorasi lebih lanjut. Saya menyimpulkan dengan […]

crypto indonesia

Apa Itu Bitcoin dan Cryptocurrency ? Berikut Quote dari Para Ahli

Cryptocurrency adalah uang virtual yang menggunakan kriptografi sebagai basis securitynya. Cryptocurrency sulit dipalsu karena fitur keamanan yang dimilikinya. Kebanyakan cryptocurrency adalah sistem terdesentralisasi berbasiskan teknologi blockchain, sebuah sistem distributed ledger yang terdiri dari banyak nodes jaringan komputer. Baca Juga : Cara Trading Bitcoin & Cryptocurrency – Apa Saja Yang Perlu Anda Ketahui Bitcoin dan juga […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *