Apa itu Bitcoin? Cryptocurrency yang Pertama

menilai cryptocurrency

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah istilah untuk sebuah nilai satuan digital, di mana terdapat persediaan yang terbatas. Bitcoin merupakan sistem mata uang yang terdesentralisasi sepenuhnya. Tidak ada pihak berwenang yang mengendalikan transaksi. Tak ada individu atau pun sebuah institusi yang menentukan apakah transaksi tersebut baik atau buruk, dan hal ini dimulai oleh seseorang atau sekelompok orang, atas nama Satoshi Nakamoto. Mr. Nakamoto memperkenalkan protokol Bitcoin pada tahun 2009. Ia menerbitkan whitepapers untuk sistem pembayaran yang terdesentralisasi sepenuhnya untuk menjelaskan bagaimana sebuah mata uang digital yang diciptakan tidak dapat disalin atau double-spent. Tidak ada pemerintah, bank, atau pelaku yang tidak bertanggungjawab dapat mengendalikan sistem, persediaan, merampas aset dari orang-orang yang mempunyai Bitcoins, atau membuatnya menjadi lebih banyak. Tidak ada satu institusi pun yang dapat memutuskan siapa yang bisa membuat accounts atau siapa yang tidak bisa. Sementara itu, Bitcoin menjaga ketat anonimitas.

Nama, nomor keamanan sosial, atau identitas tidak terhubung pada account. Hal ini merupakan yang pertama kalinya. Sebuah cara digital untuk menghindari bank dan pemerintah untuk mengontrol sistem moneter. Ini merupakan pengenalan dari batas baru untuk teknologi desentralisasi.

Cara kerjanya sederhana. Terdapat sebuah digital ledger of accounts (wallets) yang menyimpan transaksi, dan jaringan-jaringan komputer yang mengonfirmasi transaksi dengan Proof-of-Work.

Transaksi-transaksi diperkenalkan pada jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia, dimasukkan ke dalam blocks, lalu kemudian dilakukan pekerjaan komputasional untuk memverifikasi apakah transaksi tersebut baik dan valid. Jaringan lalu mengonfirmasi agar tiap transaksi tidak terjadi double-spend dan setiap account tetap memiliki Bitcoins yang sedang dikirimkan.

Dengan menyimpan semua transaksi ke dalam digital ledger, jaringan dapat melacak account untuk memverifikasinya.

Biaya pada Bitcoin, dibayar kepada jaringan untuk pekerjaan yang dilakukannya. Pembayaran ini mencakup dua hal, yaitu sebagai insentif agar jaringan tetap bekerja seperlunya untuk mengonfirmasi transaksi, dan mengurangi network attacks dan spam.

Jadi, kita mempunyai satuan digital, yaitu Bitcoins, di mana kita memiliki jaringan komputer yang mengonfirmasi transaksi dan mempertahankan digital ledger, dan juga, Bitcoin dapat ditukar untuk barang, jasa, atau fiat currencies.

Jadi, kita telah mendiskusikan penjelasan sederhana mengenai apa itu Bitcoin. Sekarang, mari kita membahas beberapa pertanyaan umum lainnya.

 

Bisakah Bitcoin diberhentikan?

Bitcoin tidak dapat diberhentikan karena sifat dari jaringannya. Karena tak ada pihak berwenang yang dapat dikendalikan atau dipengaruhi, maka hampir tidak mungkin bagi pemerintah untuk melarang jaringan tersebut. Diperlukan persekutuan, upaya bersama dari seluruh dunia oleh pemerintah untuk melarang Bitcoin mining, lalu seluruh pemerintah harus menemukan cara efektif untuk menjatuhkan larangan tersebut. Satu atau sedikit pemerintah tidak akan cukup untuk melarang Bitcoin dan menjatuhkan larangannya secara efektif.

Karena apabila Cina dan Amerika Serikat melarang dan memaksa larangannya, negara-negara lain akan tetap mempertahankan jaringan tersebut. Bitcoin miners akan memindahkan operasinya ke negara-negara yang legal untuk tetap beroperasi.

Tingkat kesulitan untuk memberhentikan Bitcoin secara astronomis tinggi dan sangat tidak mungkin karena jaringannya yang terdesentralisasi. Tetapi, sekarang, pemerintah mampu melarang atau memberhentikan Bitcoin exchanges. Hal ini yang mendesak Binance, yang merupakan salah satu cryptocurrency exchanges terbesar di dunia untuk memindahkan operasi mereka dari Cina ke Jepang dan beberapa negara lainnya. Jadi, dapat dilihat bagaimana larangan untuk pertukaran dalam satu atau beberapa negara tidak cukup, sebab operasinya dapat berpindah. Ini semua ditetapkan untuk mengubah perkembangan cryptocurrency exchanges yang terdesentralisasi.

Apa yang membuat Bitcoin berharga?

Bitcoin memperoleh nilai sama seperti hal lainnya – karena orang-orang meninginkannya. Ini alasan yang sama yang memberikan nilai kepada emas. Emas tidak penting untuk kehidupan kita, dia tidak berguna untuk kebutuhan hidup manusia. Emas dan Bitcoin mengikuti aturan dasar supply and demand. Perbedaan antara Bitcoin dan fiat currencies seperti U.S. Dollar, Euros, Pound, Ruppies, dsb., adalah pemerintah dan bank tidak dapat membuatnya lagi. Hanya akan ada 21 juta Bitcoin yang dibuat sekali mereka dirilis. Sementara Departemen Keuangan Amerika Serikat dapat memcetak lebih banyak uang, tidak ada orang yang bisa mencetak (membuat) lebih banyak Bitcoin. Nilai dari Bitcoin tergantung pada kepercayaan pasar terhadap nilainya, total demand, dan total supply dengan harga berapa pun. Ketika demand melebihi supply dengan harga tertentu, mid-market price akan naik. Ketika supply melebihi demand, harga akan turun.

Mengapa Harga Bitcoin Cepat Berubah? Mengapa Dia Sangat Volatile?

Ada jutaan orang di seluruh dunia membeli dan menjual Bitcoin. Seperti yang bisa dibayangkan, berita mencakup, baik itu positif dan negatif, bisa memberikan dampak besar terhadap persepsi orang tentang Bitcoin dan pasar. Apabila diberitakan bahwa pemerintah akan memberlakukan aturan yang keras pada pertukaran Bitcoin, itu akan menimbulkan ketakukan, ketidakpastian, dan keraguan yang tersebar di wilayah itu, dan tergantung dari seberapa banyak accounts di pasar Bitcoin di wilayah itu, pada akhirnya akan menentukan dampaknya secara keseluruhan.

Alasan lain dari volatilitas Bitcoin adalah seberapa muda pasarnya dibandingkan dengan pasar-pasar lainnya. New York Stock Exchange telah berbisnis sejak 8 Maret 1817. Volatilitas seharusnya menurun seiring berjalannya waktu dimana pasar menjadi matang dan mencari price discovery. Harga dapat berubah tergantung dari kepekaannya di pasar. Jika terjadi kehilangan kepercayaan, dimana bisa disebabkan oleh banyaknya pemberitaan negatif, itu akan bisa mempengaruhi kepekaan di pasar dan menyebabkan orang kehilangan kepercayaan. Ketika orang kehilangan kepercayaan diri, mereka sering kali menjual, yang menyebabkan lebih banyak lagi ketidakpastian di pasar, lalu menyebabkan lebih banyak orang menjual. Waktu akan membantu pasar Bitcoin menjadi dewasa dan akan meningkatkan kepercayaan seiring dengan stabilnya harga.

Bagaimana Cara Seseorang untuk Memperoleh Bitcoins?

Cara utama untuk membeli bitcoins adalah dengan membeli mereka dalam sebuah pertukaran. Kamu bahkan dapat menggunakan kartu debit atau kartu kreditmu.

Seberapa Sulit untuk Melakukan Pembayaran Bitcoin?

Prosesnya cukup sederhana. Bitcoins tersimpan di dalam aplikasi wallet, baik di exchange, di desktop atau mobile wallet, atau secara offline di cold-storage wallet. Exchanges memiliki tombol untuk menarik uang pada alamat wallet tertentu (alamat wallet-mu sendiri, atau orang yang ingin Anda bayar). Desktop dan mobile wallet memiliki pilihan yang mirip; menarik atau mengirim. Anda memasukkan jumlah Bitcoin yang ingin dikirim ke alamat lain, masukkan alamat yang ingin dikirim, dan tekan tombol kirim. Sesederhana itu. Proses mengirim dan menerima Bitcoins jauh lebih mudah dibandingkan membuka rekening bank dan mencoba untuk menyetor dan menarik uang. Wording, tombol-tombol, dan proses mungkin terlihat berbeda antara dari exchange to exchange, dan dari wallet to wallet, tetapi pada dasarnya sama.

Penting untuk diingat bahwa alamat tempat Anda ingin mengirimkan Bitcoins harus 100% akurat, dan merupakan alamat wallet untuk Bitcoins dan bukan cryptocurrency lainnya. Jika alamat kurang dari 1 karakter, atau Anda memasukkan alamat cryptocurrency’s wallet yang berbeda, Bitcoins yang dikirim kemungkinan akan hilang selamanya. Oleh karena itu, sebaiknya untuk terlebih dahulu berlatih untuk mengirim Bitcoins dalam jumlah kecil sebelum mengirimnya dalam jumlah besar. Setelah transaksi itu dikonfirmasi dan muncul di akun lainnya, maka seharusnya sudah aman untuk mencoba transaksi yang sama tetapi dengan jumlah Bitcoin yang tersisa yang ingin dikirim. Untuk membuat proses ini menjadi lebih mudah, exchanges dan wallet application biasanya memasukkan QR codes yang bisa dipindai yang akan membaca dan memasukkan alamat wallet untukmu. Meskipun demikian, sebaiknya untuk pertama-tama mengirimkan jumlah untuk memverifikasi apakah QR codes yang dipindai telah benar, dan merupakan alamat wallet untuk Bitcoin.

Berapa banyak biaya pengiriman dan penerimaan pembayaran Bitcoin?

Saat ini, tidak ada biaya yang di terima oleh Bitcoin. Ada sebuah transaksi biaya untuk mengirim Bitcon, namun, biaya ini sangat bervariasi terutama berdasarkan dalam volume transaksi. Rata – Rata biaya transaksi Bitcoin yang baru – baru ini berkisar dari $2.00 hingga $55.00. Walaupun kadang biayanya bisa saja tinggi, ada potensi besar untuk mengadopsi potensi lightning network. Ada beberapa solusi untuk ini beberapa exchanges akan menutupi biaya transaksi kamu, seperti GDAX (seperti pada artikel ini). Jika kamu membeli atau menjual bitcoin dalam exchange, umumnya exchanges akan membebankan trading fee, yang amat beragam tergantung mana yang akamu gunakan dan biasanya jauh lebih murah dari biaya transaksi.

Bagaimana dengan pajak Bitcoin?

Jika kamu tinggal di Unites States / Amerika, ada undang – undang pajak tentang pembelian dan penjualan Cryptocurrency dan membayar pajak atas penerimaan yang di terima. Kami tidak akan membahas secara detail tentang undang – undang perpajakan terkait asset digital, tetapi pajak yang terkait dengan Bitcoin dan aset digital lainnya adalah hal biasa. Sangat di sarankan untuk mencari tau kebijakan pajak di negara kamu yang berhubungan dengan membeli dan memperdagangkan aset digital.

 

 

Related articles

Cara Terbaik Investasi ICO di Tahun 2019

Berhati-hatilah saat berinvestasi ke ICO sekarang ini. Saat ini sebagian besar investor baru hanya mengikuti tren yang ada dan tidak tahu harus mulai berinvestasi dari mana. ICO berisiko tinggi namun memiliki imbalan tinggi. Sebaiknya Anda mempelajari tentang apa yang diperlukan dalam berivestai dalam ICO terlebih dahulu sebelum menggunakan uang atau aset digital Anda. Setelah Anda […]

harga bitcoin

Mengapa Kemungkinan Harga Pasar Cryptocurrency akan naik pada Akhir 2018

Secara historis, selama sembilan tahun terakhir, Bitcoin (BTC) telah mengalami empat perubahan besar, yang semuanya menyebabkan menurunnya Bitcoin sebanyak lebih dari 80 persen. Perubahan pasar kripto yang dialami pada tahun 2018 menghasilkan penurunan 69 persen terhadap harga dari mata uang Bitcoin, dengan beberapa mata uang kripto lainnya seperti Binance Coin (BNB) dan EOS yang mencatat […]

4 Comments

  1. Pingback: Apa Bedanya Bitcoin (B besar) dan Bitcoin (b Kecil) | Cara Trading Cryptocurrency

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *