Mengenal Apa Itu Bitcoin Dengan 3 Cara Yang Berbeda

bitcoin jual beli - labelled for reuse

Bitcoin adalah mata uang baru yang dibuat pada tahun 2009 oleh orang tak dikenal menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto. Transaksi dilakukan tanpa perantara. Bitcoin dapat digunakan untuk memesan hotel di Expedia, berbelanja furnitur di Overstock, dan membeli game Xbox. Tetapi sebagian besar orang menginginkan menjadi kaya dengan memperdagangkannya (trading bitcoin). Harga bitcoin meroket di tahun 2017.Ketika pemikiran masyarakat tentang Bitcoin mulai berkembang, Pada kesempatan kali ini kita akan membahas 3 perbedaan mengenai Bitcoin

Bitcoin # 1 – A Peer-to-Peer Electronic Cash System (alias Medium of Exchange, Mata Uang, atau Uang)

Satoshi dan white papernya mengungkapkan tujuan utama Bitcoin adalah untuk menjadi mata uang. Karena berbagai alasan, Bitcoin tidak terlalu berfungsi sebagai mata uang. Meskipun ada daftar dari merchants yang menerima Bitcoin, hal tersebut masih merupakan persentase yang sangat kecil dari total merchants. Ada banyak perusahaan yang membangun Bitcoin dan bekerja untuk meningkatkan Bitcoin, sehingga dapat berkembang menjadi mata uang global yang fungsional. Meskipun tidak jelas apakah upaya mereka akan berhasil, namun yang jelas, Bitcoin bukan merupakan mata uang fungsional saat ini.

 

Bitcoin # 2 – A Store of Value (Penyimpan Nilai)

Banyak orang percaya bahwa Bitcoin adalah penyimpan nilai terbaik di dunia. Emas telah mencapai 3.500+ tahun di tempatkan sebagai penyimpan nilai.

Ini adalah waktu yang tepat untuk menjadi penyimpan nilai. Seperti yang ditunjukkan oleh Ray Dalio dalam sebuah postnya baru-baru ini, ia dijuluki “Paradigm Shifts”  dimana bank sentral telah menurunkan suku bunga dan melakukan pelonggaran kuantitatif yaitu, mencetak uang dan membeli aset keuangan dengan cara yang tidak berkelanjutan dan kemudian menghasilkan lebih banyak hal negatif dan pengembalian nominal yang akan membuat investor semakin menyukai bentuk-bentuk uang alternatif (misalnya, emas) atau simpanan kekayaan lainnya.

Identify the paradigm you’re in, examine if and how it is unsustainable, and visualize how the paradigm shift will transpire when that which is unsustainable stops. (Ray Dalio)

Paling menarik untuk Bitcoin, Dalio menulis bahwa sementara kebanyakan orang percaya bahwa ekuitas dan investasi adalah yang terbaik, ia percaya bahwa mereka tidak mungkin menjadi investasi pengembalian nyata yang baik dan bahwa mereka yang kemungkinan besar akan melakukan yang terbaik ketika nilai uang sedang didepresiasi dan konflik domestik dan internasional menjadi signifikan, seperti emas. Sementara Dalio tidak mengatakannya jika Anda percaya bahwa Bitcoin adalah penyimpan nilai yang baik dan akan mengarahkan Anda untuk berinvestasi Bitcoin sebagai penyimpan nilai.

 

Bitcoin # 3- Bitcoin Sebagai Speculation Platform

Pada puncak gelembung crypto pada Januari 2018, ada sebuah artikel yang menggambarkan crypto sebagai “world’s first global casino”. yang artinya, Ripple diperdagangkan pada nilai $ 342 miliar, dan sepenuhnya terdilusi.

Spekulasi didefinisikan sebagai “transaksi keuangan yang memiliki risiko besar kehilangan nilai tetapi juga memiliki harapan akan keuntungan yang signifikan.” Hal ini ada pada spektrum antara perjudian dan investasi.

Awal pekan ini, Tony Shengwrote menulis  “Speculation as the killer app” di crypto. kami setuju dan berpikir bahwa spekulasi adalah aplikasi pembunuh Bitcoin hari ini. Hal ini adalah pelajaran utama yang kami ambil dari perjalanan 10 hari terakhir Crypto Asia.

  • Coins = more assets
  • Exchanges = more markets
  • Global 24/7 permissionless networks = more liquidity and more risk

Spekulasi adalah mengapa pemenang terbesar di crypto, sampai saat ini, adalah pertukaran (Binance, BitMEX). Tidak menjadi masalah jika Bitcoin naik atau turun, perusahaan yang memungkinkan spekulasi serta mencetak uang.

Fitur baru yang digunakan oleh bursa, seperti exchange tokens, 100X margin trading, coin listing, dan trader signals, semua memberikan peluang lebih besar untuk spekulasi. Sejauh ini, DeFi terutama tentang memungkinkan lebih banyak spekulasi melalui lebih banyak pasar, lebih banyak aset, lebih banyak risiko, dan lebih banyak likuiditas.

Ketika internet mulai diperkenalkan, killer app pertama adalah email. Itu bukan hal baru. Itu hanya membuat benda yang ada menjadi lebih baik. Killer app pertama Bitcoin / crypto adalah spekulasi. Spekulasi telah ada sejak jaman dulu. Bitcoin / crypto membuatnya lebih baik. Dan itu baru saja dimulai.

 

sumber : cryptoiq

 

Informasi Lain Tentang Bitcoin dan Crypto :

 

Apa Itu Bitcoin Halving: Kapan Yang Selanjutnya?

 

6 Tool Untuk Membantu Anda Trading & Investasi Cryptocurrency

 

Related articles

wallet crypto

Mengenal Vexanium, Public Blockchain & Crypto Terbaik Indonesia Saat Ini

  Di Indonesia terdapat ada beberapa project blockchain atau crypto yang digawangi oleh Founder lokal, tim mayoritas lokal dan juga investor Indonesia, salah satunya adalah Vexanium Indonesia Public Blockchain. Vexanium adalah project public blockchain yang memiliki  platform teknologi blockchainnya sendiri yang biasa disebut dengan “mainnet” yang berarti developer / programmer bisa membuat aplikasi dengan Vexanium. […]

Apa itu ICO (Initial Coin Offering)?

Jika anda sudah biasa berurusan dengan investasi, saham, IPO dan sejenisnya, tentu pasti anda pernah mendengar istilah yang dinamakan ICO atau Initial Coin Offering. Singkatan ini awalnya diperkenalkan setelah munculnya sebuah teknologi revolusioner abad ini, yaitu teknologi blockchain. Untuk mengetahui apa itu ICO, maka kita harus mengetahui dulu dasar-dasar teknologi yang berada dibalik ICO, yaitu teknologi blockchain, […]

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *