Apa Itu Block Producer? di Blockchain

block-producer

Istilah block producer (BP) atau produsen blok pertama kali diperkenalkan oleh sebuah jaringan blockchain buatan Block.one, yaitu EOS. Kemudian istilah ini digunakan juga oleh protokol blockchain lain yang juga menggunakan mekanisme konsensus yang sama, seperti REMChain, ORE, dan Vexanium.

Block producer adalah sebuah entitas (organisasi/individual) yang bersifat  terdesentralisasi. BP biasanya terdiri dari konsorsium perusahaan atau organisasi-organisasi yang terpilih melalui sistem e-voting blockchain pada konsesus DPoS (Delegated Proof of Stake) yang mengatur sebuah jaringan blockchain. 

Block producer memiliki fungsi dasar seperti penambang (miner) pada sistem blockchain Bitcoin yang menggunakan konsensus PoW (Proof of Work). Hal yang membedakan keduanya adalah block producers memiliki beberapa fungsi tambahan dan fungsi baru seperti DPR sebuah negara yang dapat mengatur dan mengarahkan jalannya aturan di blockchain.

Baca Juga: Vexanium, Public Blockchain & Crypto Terbaik Indonesia

 

Tugas Dasar Block Producer

Tugas block producer adalah untuk memverifikasi berbagai transaksi yang terjadi pada jaringan blockchain, kemudian kegiatan verifikasi ini akan menghasilkan blok-blok baru di protokol blockchain.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Mengumpulkan dan mencatat setiap transaksi yang terjadi di jaringan
  • Mem-validasi transaksi yang akan dimasukan ke dalam blok
  • Menyiarkan blok ke block producer lain, sehingga bisa terciptanya blok-blok baru

 

Fungsi Tambahan Block Producer

Seperti yang sempat disebutkan sebelumnya bahwa block producer memiliki beberapa fungsi tambahan dibandingkan dengan penambang konvensional di jaringan blockchain yang masih menggunakan PoW atau PoS (Proof of Stakes).

Delegate proof of stakes adalah mekanisme konsensus yang memungkinkan pengaturan blockchain dilakukan oleh perwakilan-perwakilan nodes yang dipilih melalui e-voting oleh semua pengguna di jaringan tersebut. Para perwakilan nodes ini berperan seolah DPR (Dewan Perwakilan Rakyat), yang memungkinkan mereka untuk membuat regulasi di jaringan tersebut.

 


Sumber video : Apa itu Blockchain

 

Siapa yang Bisa Menjadi Block Producer

Semua orang bisa menjadi BP. Ya benar, semua orang. Hal ini dikarenakan pemilihan BP dilakukan berdasarkan pemungutan suara di jaringan blockchain tersebut. Jadi semuanya berdasarkan pengaruh Anda atau perubahan apa yang bisa Anda bawa di jaringan tersebut, yang biasanya di mulai dari komunitas terlebih dahulu. 

Jadi untuk menjadi BP aktif yang memproduksi blok, dibutuhkan vote yang didapatkan dari pengguna-pengguna yang ada di jaringan, dengan kata lain semakin banyak vote yang didapatkan maka peringkat BP akan naik untuk bisa terpilih menjadi BP aktif. Dengan menjadi BP aktif maka keuntungannya adalah BP akan mendapatkan reward berupa koin ekosistem blockchain tersebut sesuai dengan jumlah vote yang dimilikinya dibandingkan dengan BP lain.

 

Cara Menjadi Block Producer

Setiap blockchain memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda mengenai cara menjadi block producer di jaringannya. Tapi di sini kita akan mempelajari hal dasar apa yang harus dimiliki kandidat block producer dari sebuah jaringan blockchain, yaitu:

Memiliki misi yang jelas

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah tujuan menjadi block producer. Konteribusi apa yang bisa anda berikan kepada jaringan tersebut dan kenapa para pengguna harus memilih anda untuk menjadi BP.

Memiliki nama akun BP

Ketika menjadi BP anda harus memiliki ciri khas nama yang menarik sehingga para pengguna mudah mengingat nama tersebut dan bisa menarik perhatian mereka untuk memberikan voting kepada anda.

Memiliki server untuk menjalankan nodes

Ketika sudah masuk ke ranah teknis, maka tentunya anda harus memiliki server untuk bisa menjadi block producer yang dapat berkontribusi di dalam jaringan. Server ini berguna untuk menyimpan transaksi-transaksi untuk memproduksi blok di jaringan blockchaijn tersebut. 

Memiliki situs web

Terkahir adalah Anda harus memiliki situs web yang berguna sebagai identitas anda agar para pengguna bisa mengetahui BP apa yang sedang mereka voting. Dalam situs web ini anda bisa memasukan informasi mengenai BP anda, logo BP, kegiatanm promosi jika melakukan voting pada anda dan lain sebagainya.

 

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah block producer merupakan bentuk baru dari validator jaringan blockchain yang mampu menentukan arah jaringan tersebut. Hal ini dikarenakan sebagai perwakilan dari jaringan yang dipilih oleh semua pengguna di jaringan tersebut melalui sistem pemungutan suara, block producer memiliki wewenang untuk membuat dan mengatur regulasi di jaringan tersebut dengan smart contract.

Informasi lain tentang blockchain : Blockchain Indonesia

Related articles

blockchain-use-case-vexanium

12 Use Case Blockchain di Berbagai Sektor Industri

Teknologi Blockchain adalah sebuah solusi yang berasal dari pemanfaatan kemajuan teknologi yang akan memudahkan bagi setiap perusahaan supaya dapat melakukan banyak hal yang baik bagi produktivitas mereka. Teknologi Blockchain adalah sebuah penerapan Use Case yang aktual dan memberi solusi yang tepat bagi permintaan jaman yang serba cepat dan efisien.  Teknologi Blockchain memiliki karakteristik dan ciri […]

Menurut Survey 75% dari Perusahaan IoT Ingin Menambahkan Blockchain

Sementara saat ini masih ada beberapa kasus penggunaan blockchain dalam skala besar, industri Internet of Things (IoT) ternyata menjadi “titik manis” untuk adopsi teknologi tersebut. Avivah Litan, seorang analis industri IT di Gartner, mengatakan dalam sebuah survei, mengatakan bahwa “75 % pengadopsi teknologi IoT di AS telah mengadopsi blockchain atau berencana untuk mengadopsinya pada akhir […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *