Apa Itu Decentralized Oracle ?

foam decentralized oracle

 

Blockchain dan smart contract akan membawa inovasi dengan menghilangkan friksi-friksi atau hambatan yang terkait dengan trust. Tetapi inovasi blockchain masih akan terbatas sampai smart contract bisa secara trustless (tidak butuh trust) mendapatkan input data di luar ekosistem chainnya (data secara offchain). Decentralized oracle  adalah gateway bagi smart contract untuk berinteraksi dengan dunia luar yang berarti mengurangi ketergantungan dari satu sumber saja, hal ini akan membawa gelombang inovasi baru.

Decentralized oracle networks atau jaringan oracle terdesentralisasi menghilangkan sifat single point of failure dalam smart contract dengan cara mengutilisasi multiple data input. Hal ini memungkinkan reliabilitas yang bersifat end-to-end dan memungkinkan smart contract yang bersifat high value bisa berjalan dalam low trust environment.

 

Apa Project Oracle yang Paling Terdesentralisasi ?

Saat ini chainlink adalah project oracle paling terdesentralisasi saat ini. Contohnya adalah memiliki 30 nodes untuk aggregator harga ETH/USA di mana 30 nodes yang terdesentralisasi ini mengirimkan informasi harga kepada smart contract atau project blockchain lainnya. Kebanyakan project blockchain yang mengklaim bahwa mereka akan membuat oraclenya sendiri juga sudah berpartner dengan Chainlink.  “Oracle Problem” adalah salah satu hambatan untuk adopsi blockchain yang lebih luas dan telah di solve oleh Chainlink.

chainlink decentralized oracle

Chart yang dibuat oleh Hyperledger di atas memperlihatkan seberapa permissionless project oracle yang ada. Chainlink dan Hivemind dirank sebagai yang paling permissionless di chart di atas, tetapi Hivemind nampaknya sulit untuk digunakan secara mass karena ikatannya dengan blockchain Bitcoin, berbeda dengan Chainlink yang bersifat blockchain agnostik. Hivemind juga merupakan prediction market sehingga banyak digunakan dalam gambling dan bukan untuk onboarding data yang bersumber dari eksternal.

 

Kegunaan dari decentralized oracle

Setiap project blockchain yang mencoba melakukan hal selain dari digital store of value akan membutuhkan jaringan decentralized oracle untuk menarik user potensial. Namun jika menggunakan oracle yang bersifat centralized akan menjadi single point of failure dan tidak bisa dipastikan reliabiltasnya.

 

 

Decentralized Oracle Untuk Smart Contract Produk Financial

Smart contract sangat cocok digunakan dalam produk finansial : interest rates swaps, put option dengan settlement cash (cash settled put option), decentralized leverage trading. Semuanya membutuhkan trustless data feed untuk memastikan eksekusi on chain bisa berjalan baik.

Contoh project yang menggunakan oracle untuk produk financial : CDx, dYdX, MakerDAO, Vega Protocol, 0x protocol.

Smart Contract Asuransi

Dengan sumber data (source of truth) yang bersifat trustless, beberapa jenis produk asuransi bisa dibeli dan disettle secara programmatic dengan smart contract. Biaya terbesar bagi perusahaan asuransi adalah fraud, jadi oracle sangat penting. Beberapa contoh smart contract dalam asuransi :

  • Pembayaran otomatis jika penerbangan tertunda dengan Etherisc atau Fizzy
  • Memberikan insentif kepada local oracle yang memverifikasi klaim secara lokal dan melaporkannya ke blockchain sebelum klaim dibayarkan oleh Nexus Mutual
  • Mengkombinasikan AI dengan data geospasial untuk asuransi yang inovatif dan programmatic oleh FlyingCarpet
oracle terdesentralisasi
Flying Carpet

 

Pengiriman Barang / Shipment

GPS tidak selalu cocok untuk decentralize app / Dapp yang membutuhkan informasi lokasi yang reliable sebelum transaksi pembayaran dilakukan, karena adanya centralized point of failure yang bisa diserang. Namun dengan FOAM, informasi lokasi menjadi bersifat terdesentralisasi dan bisa lebih menggaransi klaim lokasi dengan menurunkan kriteria trust dari lokasi.

foam decentralized oracle

Collateralized Lending & Stablecoin (DeFi)

Project blockchain DeFi yang memberikan fasilitas menjaminkan crypto pasti akan membutuhkan decentralized oracle untuk memberikan data apakah likuidasi aset akan dilakukan, juga untuk mengambil aksi kapan menambahkan jaminan yang undercollaterized untuk menstabilkan kembali stablecoin jika nilainya terlalu jauh dari value yang seharusnya. Misalnya DAI dari MakerDAO yang menjaminkan Ether membutuhkan banyak oracle yang melaporkan harga Ether untuk mengetahui kapan loannya undercollaterized sehingga akan dilakukan likuidasi. Oracle ini dipilih dan dikompensasi oleh token holder Maker.

Proses yang sama juga berlaku untuk trustless lending platform peer to peer seperti ETHlend (sekarang Aave) dan Dharma.

Prediction markets:

Prediction market seperti Augur, Gnosis yang bersifat meleverage knowledge of the crowd juga membutuhkan oracle untuk mensupply data.

Itu adalah pengertian dan beberapa manfaat dari decentralized oracle. di mana Chainlink adalah salah satu project oracle yang paling hot di 2020 ini.

Informasi lainnya tentang blockchain

Mengenal Stablecoin Sebagai Salah Satu jenis Cryptocurrency

 

Manfaat Teknologi Blockchain Untuk Mengurangi “Kontrol Data Sebagai Liability”

Related articles

apa itu blockchain

Belajar Blockchain – Mengenal Teknologi Blockchain Sebagai P2P Decentralized Network

Blockchain adalah rantai /chain dari block data yang disimpan di ribuan komputer atau server (disebut juga peer to peer) yang terdistribusi di banyak area geografis, data yang dicopy di masing-masing komputer tersebut adalah buku besar yang lengkap dan menyimpan data transaksi debit dan kredit dari aset digital. Buku besar ini bisa juga dilihat sebagai statement […]

VGTC 2020

VGTC 2020 Tingkatkan Literasi Blockchain Ratusan Mahasiswa Yogyakarta

JAKARTA (2 Maret 2020) – Rangkaian acara Vexanium Goes to Campus 2020 (VGTC 2020) edisi Yogyakarta pada 24 Februari hingga 28 Februari 2020 lalu telah selesai. Peserta yang hadir dalam acara yang bertemakan “Industrial Revolution 4.0” ini berhasil mencapai total 460 peserta, yang terdiri dari 21 mahasiswa Universitas Gadjah Mada, 85 mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *