Blockchain dan Crypto Indonesia

Apa Itu NFT dan Crypto Art? Berikut Adalah Panduannya

Apa Itu NFT ? Anda mungkin sudah melihat adanya pembicaraan mengenai NFT akhir-akhir ini. Apakah Anda harus peduli pada NFT? Jawaban sederhananya, iya. NFT bukan hanya sekedar tren sesaat, sama seperti iTunes dan streaming platform yang mendigitalisasi pengalaman mendengarkan musik, NFT juga mendigitalisasi dunia seni dan barang-barang yang dikoleksi.

Definisi NFT

NFT merupakan singkatan dari Non-Fungible Tokens yang berarti bahwa token tidak dapat dibuat ulang atau digantikan. Fungible sendiri berarti dapat digantikan, non-fungible jadi berarti tidak dapat digantikan dimana menjadikan NFT sesuatu yang unik.

Contoh dari fungible: Dolar dan koin dapat ditukar satu sama lain dan memiliki nilai yang sama. Dengan kata lain, 1 dolar dari mata uang negara lain dapat ditukar dengan dolar yang lain karena mereka memiliki nilai yang sama.

Contoh dari non-fungible: Bayangkan ada 2 mobil yang sama. Meskipun mereka merupakan 2 mobil yang sama namun mereka tidak dapat ditukar dengan nilai yang sama karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi seperti berapa umur mobil hingga apakah mobil masih dalam kondisi baik atau tidak.

Terdapat beberapa tipe NFT yang berada di definisi utamanya namun 2 kategori terbesar adalah digital art dan digital collectibles.

NFT menggunakan teknologi blockchain yang digunakan juga oleh cryptocurrency dan menjadikan aset digital dapat dilacak dan diverifikasi, pada beberapa kasus, aset tersebut menjadi langka. Ini merupakan hal yang belum ada sebelumnya dan itulah yang memungkinkan adanya digital art dan digital collectibles. NFT yang sebenarnya adalah token digital yang merujuk pada foto atau video. Ada beberapa use case lainnya tapi use case ini merupakan hal yang paling umum dilakukan.

Marketplace NFT

NFT dijual terutama melalui marketplace yang aman. Marketplace yang paling menonjol saat ini adalah:

Terdapat banyak platform open source lainnya dimana siapapun dapat menciptakan NFT mereka tanpa kurasi atau persetujuan.

Selain itu terdapat juga beberapa tipe peluncuran yang perlu dipahami:

Di awal bulan Januari, ada beberapa NFT yang diluncurkan oleh musisi atau berkolaborasi dengan musisi dimana hal ini tentu memberitahu seberapa banyak NFT akan mempengaruhi industri.

Berikut adalah beberapa hal yang membuktikan bahwa NFT dapat mempengaruhi industri.

RAC memegang rekor penjualan single termahal sebanyak $26.185 di SuperRare

RAC merupakan musisi mapan dan telah memenangkan penghargaan Grammy di antara penghargaan lainnya. Ia berkolaborasi di animasi video dengan Andres Reisinger yang menampilkan sound bite eksklusif RAC yang berjudul “Elephant Dreams”. Pada Oktober 2020, hal tersebut terjual seharga $26.185 via SuperRare.  Saat ini, single tersebut merupakan NFT termahal di industri musik hingga saat ini.

3LAU sudah melakukan beberapa perilisan yang berbeda dimana hal ini berarti membuka pintu bagi musisi ke industri yang baru ini. Ia menghasilkan penjualan lebih dari 1 juta dolar dalam jangka waktu 8 bulan melalui beberapa seri perilisan yang berbeda. 3LAU sendiri sudah menjadi pendukung besar bagi industri blockchain atau teknologi crypto. Ia bahkan meluncurkan festival musiknya sendiri yang didukung oleh blockchain Stellar. Untuk usahanya, ia bekerjasama dengan seniman digital yang sudah dikenal publik yaitu Slime Sunday untuk sebagian single nya dan sudah ada 2 single yang diluncurkan sejauh ini. Mereka juga sudah bekerjasama dengan beberapa marketplace besar seperti Nifty Gateway, SuperRare, Blockparty, Makers Place dan Flamingo Dao.

Untuk single terakhirnya, Ia menampilkan single terbarunya yaitu ‘Everything’ yang bekerjasama dengan Nifty Gateway.  Untuk menerima NFT dari single ini, pembeli juga menerima representasi fisik dari lagu tersebut dalam bentuk soundblock. 3LAU menghasilkan lebih dari $252.000 dari single ini.

deadmau5 sudah menampilkan 3 single sejauh ini dan sudah menghasilkan penjualan sebanyak $500.000.

Sebagai salah satu nama yang populer di dance music dan menjadi early adopter di teknologi ini, cukup masuk akal mengapa Ia mulai masuk ke industri ini. Ia meluncurkan NFT pertamanya di December 2020 ketika ia menjual 1-of-1 video audio-reactive via SuperRare yang terjual dengan nominal $49.777 secara instan menjadi salah satu NFT termahal hingga hari ini. Ia kemudian segera menindaklanjutinya dengan perusahaan digital collectible miliknya yang bernama RAREZ dan dalam single pertamanya yang diluncurkannya bersama dengan  WAX, ia menjual 6000 paket awal dari barang digital collectible acak yang nilainya bervariasi dan menghasilkan penjualan sebanyak $96.490.

Ia juga bekerjasama dengan Mad Dog Jones,  seniman yang telah memiliki nama di industri. Mereka bekerjasama dengan deadmau5 menawarkan original music dan Mad Dog memberikan gaya khasnya yang memasukkan beberapa kepala mau5 ke dalam karya seni tersebut. Kolaborasi ini dilakukan dengan Nifty Gateway dan menghasilkan lebih dari $340.000.

Paket Deadmau5 Rarez bukan digital art namun merupakan digital collectibles, mirip namun berbeda dalam beberapa hal.

Two Feet bekerjasama dengan digital artist FEWOCIOUS yang berumur 18 tahun dan menghasilkan 1.05 juta dolar di single pertama mereka.

Penyanyi/produser Two Feet berkolaborasi dengan  FEWOCIOUS, seniman yang sukses besar di komunitas NFT. Drop ini diluncurkan ketika bekerjasama dengan Illumino Art – agency NFT yang menghubungkan musisi dengan seniman visual yang memiliki cita rasa tinggi. Dengan menggunakan musik dan gambar Two Feet serta seni dari FEWO, meeka menciptakan 4 piece collection.

Siapapun yang membeli “CryptoCaster” yang merupakan NFT limited edition seharga $999 akan diikutsertakan dalam undian untuk memenangkan 1-of-1 gitar fisik (model persis yang digunakan oleh Two Feet) yang dilukis oleh FEWOCIOUS. Respon yang didapatkan sangat membludak. Pada saat itu, mereka memecahkan rekor NFT terkait single music terbesar hingga saat ini mencapai 1.1 juta dolar hanya dalam jangka waktu penjualan 24 jam.

Gramatik baru saja memecahkan rekor lagi minggu lalu untuk musisi solo yang menghasilkan 1.5 juta dolar dalam jangka waktu 5 menit saja.

Meskipun ini merupakan penjualan NFT drop pertamanya, Gramatik sendiri telah cukup memiliki nama di industri crypto. Selain kerap berbicara di sosial media mengenai cryptocurrency, ia juga kerap menghasilkan karya yang berhubungan dengan cryptocurrency. Pada tahun 2016, Ia meluncurkan lagu yang berjudul Satoshi Nakamoto yang merupakan nama dari pencipta Bitcoin. Pada 2017, ia meluncurkan token crypto nya sendiri. Kemudian di 2019, ia meluncurkan lagu yang berjudul Vitalik Buterin yang merupakan nama dari pencipta platform Ethereum, mata uang crypto populer kedua di industri.

Untuk NFT drop nya, ia meluncurkan lagu yang bertema crypto dalam bentuk NFT bersamaan dengan visual serta merilis 2 lagu eksklusif baru melalui 2 NFT lainnya. Ia juga telah membangun kredibilitas crypto selama bertahun-tahun dengan memiliki fanbase kolektor yang mungkin bisa menjadi faktor pendorong untuk perilisan drop yang sangat sukses.

Meskipun salah satu fokus karya ini adalah untuk menunjukkan bagaimana musisi menggunakan NFT saat ini,  ada banyak sekali contoh yang dari kreator non-musik yang sebagian besar memiliki riwayat bekerja dengan musisi di masa lalu.

Beeple berhasil mendapatkan 3.5 juta dolar dalam waktu 24 jam setelah perilisan terakhir.

Salah satu digital artist yang terpopuler di industri, Beeple membalikkan dunia NFT pada Desember 2020 dimana ia menyertakan produk fisik disamping pembelian NFT digital sehingga user yang membeli tidak hanya menerima bahwa aset digitalnya aman tersimpan tapi juga peti fisik yang mencakup layar digital kecil untuk menampilkan animasi visual. Ini juga termasuk sertifikat dari keaslian dan sample dari rambutnya. Hal ini dapat dibilang mengubah industri secara keseluruhan. Selain seni sebagai karya yang hebat, munculnya seni fisik juga dianggap sebagai salah satu faktor utama yang mendukung kesuksesan NFT.

 

Mad Dog Jones telah menjadi drop yang paling sukses hingga saat ini dengan pemasukan hingga 3.9 juta dolar.

Mad Dog Jones, digital artist yang bekerjasama dengan seniman lain seperti Run the Jewels dan deadmau5, baru-baru ini memiliki pendapat drop tertinggi hingga saat ini  dimana 3.9 juta dolar dihasilkan dalam waktu 24 jam. Kombinasi hype seputar Nifty Gateway dan Mad Dog membuat kolektor mengumpulkan NFT sebagai kunci untuk memecahkan teka-teki yang membuat perilisan drop terbarunya Crash+Burn sukses besar.

Justin Roiland menjual lukisannya senilai lebih dari 1 juta dolar.

Kita melihat adanya pembuat konten dari acara populer seperti Rick & Morty yang juga terlibat di NFT. Desainer utama Justin Roiland merilis koleksi gambar asli termasuk salah satu yang paling terkenal dari The Simpsons berjudul “The Smintons”. Dia menghasikan lebih dari 1 juta dolar dalam kemitraan dengan Nifty Gateway.

Exit mobile version