Apa Itu Stock To Flow Ratio Bitcoin

stock to flow ratio bitcoin

Foto di atas sangat penting untuk menjawab kenapa banyak orang mempercayai Bitcoin akan bisa menggantikan emas sebagai sarana penyimpanan nilai (store of value) sampai beberapa dekade ke depan.

Stock to Flow Ratio

Apa itu stock to flow ratio dan kenapa penting ? stock to flow ratio dari suatu komoditas adalah jumlah aset yang disimpan (reserves) dibagi dengan jumlah yang diproduksi setiap tahun.

Semakin tinggi stock to flow ratio maka inflasi terhadap aset tersebut akan terus menurun setiap tahunnya. Komoditas dengan stock to flow ratio tinggi banyak dipilih karena kelangkaannya (scarcity).

Emas

Pasar emas diperkirakan senilai $7.8 Trillion yang mengejutkan, hanya 10–15% dari nilai tersebut datang dari perhiasan, electronik, dental dan industri lain yang secara praktis membutuhkan emas.

Sisa dari nilai tersebut secara akrual datang dari sejarah panjang spekulasi dan narasi yang dibangun berdasarkan prinsip bahwa emas itu langka dan memiliki value dengan permintaan tinggi. Emas dilihat sebagai komoditas yang dihargai karena memiliki stock-flow ratio tinggi dan membuatnya menjadi global reserve currency yang banyak dipegang oleh korporasi, negara dan bank.

Bitcoin

Hari ini, Bitcoin memiliki stock to flow ratio yang lebih rendah daripada emas, di sinilah kesempatan hadir. Software Bitcoin memiliki komponen inti di dalam protokolnya dalam bentuk event halving Bitcoin.

Halving event Bitcoin adalah event yang terjadi setiap 210,000 block atau secara kasar setiap 4 tahun di mana block reward yang diberikan kepada miner akan dikurangi. Misalnya tahun 2009 block reward adalah 50 BTC dan sekarang (Juni 2019) adalah 12,5 BTC di mana halvening berikutnya adalah 25 Mei 2020 di mana rewardnya akan diturunkan menjadi 6,25 BTC.

Gagasan bahwa Bitcoin adalah aset pertama yang benar-benar dapat diverifikasi, tidak dapat disangkal, adalah konsep yang sangat kuat. Tanpa kebijakan moneternya yang kuat dan bersifat non-inflasi, usaha Bitcoin akan sia-sia untuk mendisrupsi emas dan bahkan mengakrualkan nilai dari awalnya.

Dalam beberapa dekade ke depan kita akan melihat Stock to Flow ratio Bitcoin meningkat dengan signifikan, ditambah masuknya talenta baru ke industri crypto yang membangun infrastruktur (kustodian, ETF, futures) yang dibutuhkan supaya institusi finansial bisa masuk dengan nyaman dan meregulasi aset kripto dengan baik. Beberapa tahun ke depan akan sangat menarik untuk kita semua.

Total terdapat 21 juta Bitcoin dengan sirkulasi saat ini sebesar 17,838,000 dengan harga di kisaran 150 juta.

Sumber : Bitcoin stock to flow ratio

 

Related articles

Vexanium Webinar 24 April 2020 bersama Ngampooz dan Nodes Community

Vexanium Webinar 24 April 2020 bersama Ngampooz dan Nodes Community

Tak dapat dimungkri bahwa pandemi Virus Korona yang kini sedang berlangsung telah melumpuhkan beberapa sektor industri di Indonesia. Berbagai kalangan masyarakatpun terkena dampaknya, tak terkecuali para pelajar. Media pembelajaran yang biasanya dilakukan melalui kelas tatap muka langsung kini harus ditiadakan dan diganti dengan kelas berbasis online dan webinar. Melihat pergeseran cara belajar ini, Vexanium tak […]

Apa itu ICO (Initial Coin Offering)?

Jika anda sudah biasa berurusan dengan investasi, saham, IPO dan sejenisnya, tentu pasti anda pernah mendengar istilah yang dinamakan ICO atau Initial Coin Offering. Singkatan ini awalnya diperkenalkan setelah munculnya sebuah teknologi revolusioner abad ini, yaitu teknologi blockchain. Untuk mengetahui apa itu ICO, maka kita harus mengetahui dulu dasar-dasar teknologi yang berada dibalik ICO, yaitu teknologi blockchain, […]