Apa Itu Stock To Flow Ratio Bitcoin

stock to flow ratio bitcoin

Foto di atas sangat penting untuk menjawab kenapa banyak orang mempercayai Bitcoin akan bisa menggantikan emas sebagai sarana penyimpanan nilai (store of value) sampai beberapa dekade ke depan.

Stock to Flow Ratio

Apa itu stock to flow ratio dan kenapa penting ? stock to flow ratio dari suatu komoditas adalah jumlah aset yang disimpan (reserves) dibagi dengan jumlah yang diproduksi setiap tahun.

Semakin tinggi stock to flow ratio maka inflasi terhadap aset tersebut akan terus menurun setiap tahunnya. Komoditas dengan stock to flow ratio tinggi banyak dipilih karena kelangkaannya (scarcity).

Emas

Pasar emas diperkirakan senilai $7.8 Trillion yang mengejutkan, hanya 10–15% dari nilai tersebut datang dari perhiasan, electronik, dental dan industri lain yang secara praktis membutuhkan emas.

Sisa dari nilai tersebut secara akrual datang dari sejarah panjang spekulasi dan narasi yang dibangun berdasarkan prinsip bahwa emas itu langka dan memiliki value dengan permintaan tinggi. Emas dilihat sebagai komoditas yang dihargai karena memiliki stock-flow ratio tinggi dan membuatnya menjadi global reserve currency yang banyak dipegang oleh korporasi, negara dan bank.

Bitcoin

Hari ini, Bitcoin memiliki stock to flow ratio yang lebih rendah daripada emas, di sinilah kesempatan hadir. Software Bitcoin memiliki komponen inti di dalam protokolnya dalam bentuk event halving Bitcoin.

Halving event Bitcoin adalah event yang terjadi setiap 210,000 block atau secara kasar setiap 4 tahun di mana block reward yang diberikan kepada miner akan dikurangi. Misalnya tahun 2009 block reward adalah 50 BTC dan sekarang (Juni 2019) adalah 12,5 BTC di mana halvening berikutnya adalah 25 Mei 2020 di mana rewardnya akan diturunkan menjadi 6,25 BTC.

Gagasan bahwa Bitcoin adalah aset pertama yang benar-benar dapat diverifikasi, tidak dapat disangkal, adalah konsep yang sangat kuat. Tanpa kebijakan moneternya yang kuat dan bersifat non-inflasi, usaha Bitcoin akan sia-sia untuk mendisrupsi emas dan bahkan mengakrualkan nilai dari awalnya.

Dalam beberapa dekade ke depan kita akan melihat Stock to Flow ratio Bitcoin meningkat dengan signifikan, ditambah masuknya talenta baru ke industri crypto yang membangun infrastruktur (kustodian, ETF, futures) yang dibutuhkan supaya institusi finansial bisa masuk dengan nyaman dan meregulasi aset kripto dengan baik. Beberapa tahun ke depan akan sangat menarik untuk kita semua.

Total terdapat 21 juta Bitcoin dengan sirkulasi saat ini sebesar 17,838,000 dengan harga di kisaran 150 juta.

Sumber : Bitcoin stock to flow ratio

 

Baca juga informasi lainnya tentang Bitcoin :

Related articles

survey Bitcoin

Mengenal Tiga Jenis Token Cryptocurrency Yang Dikeluarkan Perusahaan Blockchain

  Mengingat ada lebih dari 2.000 cryptocurrency di pasar saat ini, rata-rata investor blockchain menghadapi kebingungan dengan banyaknya pilihan. Walaupun terlihat banyak pilihan, tetapi hampir semua cryptocurrency jatuh ke dalam salah satu dari tiga kategori token: currency, utility, atau investment. Setiap kelompok memerlukan aturan dan peraturan yang berbeda untuk memastikan penerbitan dan pertukaran mereka di […]

performa IEO Juli 2019

Tips Startup Crypto di Era Initial Exchange Offering (IEO)

Daftar Isi Apa yang dapat dilakukan para startup di era initial exchange offering (IEO) ?Bagaimana IEO mengubah pasar?IEO meningkatkan jumlah investor dan pedagang di bursa cryptoIEO mempengaruhi harga BitcoinIEO membantu developer project menciptakan produk yang lebih baikApakah IEO tiba-tiba menjadi kenyataan baru?Bagaimana cara startup menggunakan IEO untuk menarik investasi?Tetapi bagaimana jika Binance tidak memilih proyek […]

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *