Apa Itu Vexanium Resource Exchange (REX)

REX adalah kependekan dari resource exchange, merupakan sebuah marketplace dari “network resource” di blockchain Vexanium.

Dengan adanya Rex, pengguna Dapp bisa mendapatkan resource yang dengan biaya lebih rendah, sedangkan bagi token holder bisa mendapatkan passive income berupa biaya sewa resource dengan risiko rendah.

 

Kenapa Ada Rex ? 

Di blockchain Vexanium, transaksi dilakukan dengan gratis (no fee), berbeda dengan Ethereum yang mengenakan network fee (kadangkala bisa sangat tinggi). Di Vexanium fee transaksi gratis namun untuk menghindari spam di network, user yang ingin bertransaksi harus melakukan staking token untuk mendapatkan network resource yaitu CPU dan net. Semakin sering bertransaksi, maka harus men-stake token Vex lebih banyak..

Di Vexanium banyak token holder yang tidak menggunakan CPU dan Netnya, namun di sisi lain banyak juga pengguna Dapp dan developer Dapp yang sering menggunakan CPU dan Net, di mana kadangkala pengguna dan developer Dapp ini tidak memiliki banyak token yang distake sehingga resource jaringan (CPU dan Net) yang dimiliki rendah mengakibatkan speed menjalankan Dapp mereka jadi rendah.

Sedangkan di sisi user atau developer Dapp, dengan adanya REX, user bisa meminjam resource (CPU dan Net) dari REX dengan biaya jauh lebih kecil daripada harus membeli dan menstaking VEX.

Dari sisi token holder, REX adalah opportunity untuk mendapatkan Vex tambahan, ketika token holder meminjamkan (lend) Vex Anda di REX, token holder akan mendapatkan REX token.

Dengan berjalannya waktu, fee akan terakumulasi di Rex pool yang berasal dari peminjaman/penyewaan CPU dan net, premium name bid dan pembelian ram, nilai dari rex token akan meningkat dan menghasilkan Vex bagi token holder di akhir masa penyewaan.

Rex memungkinkan Dapp developer dan pengguna dapp untuk menyewa resource (CPU dan Net) dengan biaya lebih murah dibandingkan harus memiliki vex. Hal ini akan meningkatkan adopsi dari Dapp Vexanium.

Supaya token holder bisa mulai melakukan lending / meminjamkan resource, maka token holder harus menempatkan vex nya dan ke rex, dan akan mendapatkan rex token, dengan rasio 1:1. Token holder juga harus melakukan staking dan melakukan voting kepada salah 1 Block Producer.

Anda bisa melakukan voting dengan menuju tab vote, lalu melakukan vote langsung atau memberikan vote Anda kepada proxy yang akan melakukan vote untuk Anda (interface Rex akan kami sampaikan di sini jika sudah siap).

 

4 Hari Waktu Proses

Anda bisa  meminjamkan berapapun vex Anda di rex, tetapi Anda harus menunggu setidaknya 4 hari untuk loan Anda diproses sebelum Anda bisa menarik vex Anda, semakin panjang Anda hold vex Anda, semakin panjang durasi Anda bisa mendapatkan token rex. Setelah periode 4 hari Anda bisa merequest untuk meng-unlend (menarik) vex Anda, atau sebagian dari vex Anda, lalu Anda akan mendapatkan jumlah yang Anda tarik ditambah bunga.

Anda perlu memperhatikan bahwa jika ada peminjaman jangka panjang yang dilakukan, Anda tidak bisa menarik dana Anda sampai dananya available, yang bisa memakan waktu hingga 30 hari. Situasi ini yang biasanya disebut likuiditas sedang terbatas.

 

Passive income dan risk free leasing di Rex

REX memungkinkan token holder untuk melakukan penyewaan network resource (CPU dan Network), sifat penyewaan ini kadang disebut “risk free leasing” of network resource (CPU dan net)  karena setelah jangka waktu penyewaan selesai, token holder akan mendapatkan 100% Vexnya kembali ditambah interest.

Jika Anda memiliki (hold) Vex namun tidak menempatkannya di Rex, bisa dibilang seperti punya rumah, tetapi tidak ditempati, tidak juga disewakan ke orang lain. Sebaliknya, meminjamkan (lending) Vex Anda di rex, seperti halnya menyewakan rumah Anda ke orang lain dan bisa memberikan passive income bagi Anda.

Jumlah return yang didapat oleh token holder akan tergantung dari demand terhadap network resource Vexanium yang juga di dalamnya termasuk ram fee,  name bid dan ram trading. Hal ini mirip dengan sebuah perusahaan go public membagikan dividendnya.

Rextoken valuenya tidak bisa turun karena berisi akumulasi dari pendapatan yang disebut di atas.

Dengan meminjamkan (lend) Vex Anda di rex, Anda sebagai token holder tetap memiliki hak voting governance Vex Anda.

Rextoken bersifat non-transferrable dan non-tradable yang merepresentasikan aktifitas ekonomi di dalam pool Rex dan hanya bisa dipertukarkan dengan si empunya pemilik token (account holder)..

 

Related articles

Alibaba Bermitra Dengan Perusahaan Software Raksasa Di China Untuk Mempromosikan Pengembangan Blockchain

E-commerce terbesar di China, Alibaba telah menandatangani kerjasama dengan Aerospace Information Co yang merupakan developer dan penyedia software. Perjanjian ini sendiri meliputi kerjasama strategis untuk komputasi cloud, blockchain dan pengembangan layanan teknologi lainnya seperti yang dilaporkan oleh Securities Daily, publikasi finansial China pada 21 Maret. Kedua pihak telah sepakat untuk mengambil keuntungan dari teknologi mereka […]

Vexanium Gelar Konferensi untuk Mengedukasi Mahasiswa di Jakarta Mengenai Teknologi Blockchain

JAKARTA (29 Oktober 2019) – Vexanium Foundation akan berkerjasama dengan Nodes Community untuk menggelar konferensi blockchain yang bernama Nodes Blockchain Summit pada tanggal 18 November 2019. Acara privat (hanya untuk undangan) yang akan diadakan di Pique Nique, Jakarta Barat ini bertujuan untuk memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat umum mengenai manfaat teknologi blockchain di masa depan. […]

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *