Tidak Seperti Litecoin, Bitcoin Halving Akan Memiliki Dampak Signifikan Pada Harga

Analis Cryptocurrency @ 100trillionUSD menunjukkan bahwa halving Bitcoin tidak akan memiliki efek yang cukup signifikan pada harganya dikarenakan Litecoin tidak berdampak signifikan terhadap harga merupakan pendapat yang salah. 100TrillionUSD mengatakan bahwa tidak seperti Bitcoin, harga Litecoin tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan rasio stock-to-flow, yang membuat halvingnya kurang relevan dengan harganya.

Baca juga : Apa itu Bitcoin

Halving  Litecoin Memiliki Pengaruh Yang Sangat Kecil Pada Harganya

Dengan proses halving Bitcoin secara perlahan, banyak analis dan pakar cryptocurrency menyuarakan pendapat mereka tentang bagaimana peristiwa kuadrenial (4 tahun sekali) ini akan mempengaruhi harga cryptocurrency terbesar di dunia. Sementara sebagian besar ahli Bitcoin percaya bahwa berkurangnya setengah pasokan (=bitcoin halving) hanya akan meningkatkan permintaan karena kelangkaan koin, ada arus skeptis yang kuat yang mengklaim proses halving akan merusak pertumbuhannya.

 

pengaruh halving pada harga litecoin
Litecoin halving 5 Agustus 2019

 

Contohlah Litecoin digunakan untuk menggambarkan hal ini. Karena koin mengalami penurunan harga kedua pada 5 Agustus dan setelahnya harga tidak berubah, banyak yang mengatakan bahwa setengahnya Bitcoin sendiri juga akan memiliki efek yang sangat kecil pada harganya.

Namun, analis cryptocurrency Twitter terkemuka PlanB mengklaim logika ini cacat dan menawarkan perbandingan yang menarik antara Bitcoin dan Litecoin untuk menunjukkan bahwa membagi dua BTC akan memiliki hasil yang sangat berbeda.

Analis menunjukkan bahwa tidak seperti Bitcoin, harga Litecoin tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan rasio stock-to-flow. Stock-to-flow adalah jumlah total dari suatu komoditas yang disimpan dalam persediaan, dan dibagi dengan jumlah yang diproduksi setiap tahunnya.

 

Stock-to-flow Ratio menunjukkan masa depan yang suram untuk Litecoin

Ketika berbicara tentang cryptocurrency, stock-to-flow dihitung ketika jumlah total koin yang beredar dibagi dengan jumlah koin yang dibuat dalam satu bulan, dan kemudian dibagi dengan 12. Nilai tersebut digunakan untuk menghitung berapa tahun yang dibutuhkan untuk menghasilkan semua koin yang saat ini beredar, dengan jumlah Stock to Flow Ratio yang lebih tinggi menunjukkan kelangkaan yang lebih tinggi.

Menurut serangkaian tweet dari PlanB, Bitcoin memiliki rasio stock-to-flow yang kuat. Terlepas dari itu, Bitcoin juga memiliki hubungan yang kuat dengan stock to flow value yang diprediksi. Analis mengatakan bahwa model stock-to-flow dari tahun 2012 masih “bekerja dengan baik” dan akan berlanjut untuk beberapa tahun mendatang.

kapan halving bitcoin - 1

Litecoin, di sisi lain, tampaknya tidak memiliki hubungan dengan rasio stock-to-flow.

Sementara dia mengatakan bahwa Ia tidak yakin mengapa hal ini terjadi dengan Litecoin, dan beberapa teori muncul selama diskusi Twitter. PlanB mengatakan bahwa kurangnya network effect seperti on / off ramp, futures, opsi, dan likuiditas dapat menjadi apa yang menyebabkan nilai Litecoin tetap stabil bahkan setelah rewardnya berkurang setengahnya (halving).

litecoin

Hal lain mengatakan bahwa pengurangan block reward dikombinasikan dengan harga yang lebih rendah saat sebelum halving akan menyebabkan penambang Litecoin pergi secara massal. Kurangnya keuntungan dapat mengakibatkan penggunaan jaringan yang menurun, dan satu-satunya pendukung yang tersisa adalah para hodlr yang tidak menyebabkan fluktuasi harga besar-besaran.

halving bitcoin

Apa pun masalahnya, banyak anggota komunitas kripto tampaknya kehilangan kepercayaan mereka pada Litecoin. Sementara proses halving litecoin mungkin tidak mempengaruhi harga, Litecoin akan mengalami kesulitan dengan melindungi diri dari kurangnya dukungan di industri.

sumber : cryptoslate

 

Info Lainnya Tentang Bitcoin

Apa Itu Stock To Flow Ratio Bitcoin

 

Investasi Bitcoin : Kenapa Kita Harus Melihat Bitcoin Sebagai Aset Logaritmik ?

 

Related articles

JPMorgan Luncurkan Koin Sendiri untuk Tingkatkan Kecepatan Transaksi

JPMorgan, bank terbesar ke-6 di dunia (dengan total aset sebesar $2,533.60 B) akan meluncurkan koin kriptonya sendiri yang bernama JPM Coin. Koin ini akan dipergunakan sebagai sarana untuk mempercepat dan meingkatkan efisiensi bertransaksi antara klien JPMorgan (B2B). Salah satu hal yang cukup menarik dari peluncuran ini adalah pada tahun 2017 Jamie Dimon (CEO JPMorgan) mengeluarkan sebuah […]

7 Cara China Mengangkat Blockchain: Apa Artinya Untuk Bitcoin

China sedang booming dengan blockchain. Cryptocurrency mendapat dorongan, dan begitu juga saham yang terkait dengan blockchain. Apa yang terjadi pada tahap berikutnya? Cina beramai-ramai mulai mengikuti semua hal mengenai blockchain. Sejak Kamis, ketika Presiden Tiongkok Xi Jinping menyampaikan dukungannya atas teknologi Digital ledger, Cina telah melihat banyak inovasi baru, sentimen positif dan lonjakan lintas cryptocurrency […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *