Bagaimana Cara Projek Berbasis Blockchain Ethereum Menghadapi Bear Market

developer ICO ethereum

ethereum-3660218_640

Di November 2018, mayoritas harga cryptocurrency mengalami kejatuhan 60-90%, Ethereum sendiri yang banyak digunakan developer blockchain untuk menjadi platform Initial Coin Offering jatuh hingga 80%, sempat lama stabil di angka 7 juta, kini per Desember 2018 di kisaran 1,5 juta.

Baca juga : Apa itu Ethereum ? Panduan Lengkap Ethereum

Itu artinya, jika Anda sebagai developer blockchain yang melakukan ICO dan menerima pendanaan public dalam bentuk ETH, dan Anda tidak segera mengkonversinya ke fiat, maka Anda bisa terkena efek dari bear market – angka pendanaan Anda juga bisa jatuh hingga 80% !

Bagaimana cara menghadapi hal seperti ini di mana tidak ada satupun dari kita yang bisa menebak harga pasar ETH karena kita bukan dukun ?

 

Cara menghadapi bear market selalu berbeda antara secara personal dan secara perusahaan. Sebagai perusahaan yang dibangun dengan blockchain Ethereum, anda harus menanyakan dua pertanyaan kepada perusahaan anda, yaitu :

  1. Kapan perusahaan anda akan mendapatkan sebuah pendapatan utama untuk dapat menjadi perusahaan dengan income yg sustain?
  2. Mata uang mana yg akan lebih banyak menguras pengeluaran anda? Apakah fiat atau ether?

Jika perusahaan anda sulit menjadi perusahaan yang memiliki cash flow yang positif untuk beberapa tahun ke depan, karena perusahaan tersebut lebih mengejar perkembangan / growth daripada mencari income cepat (walaupun sebenarnya biasanya start up lebih mementingkan positif income cash flow), maka kuncinya ada pada pengeluarannya (expense),  mata uang apa yang digunakan untuk pengeluaran-pengeluaran tersebut ? Fiat atau Ethereum (crypto) ?

Jika pengeluaran perusahaan blockchain Anda lebih banyak di fiat (untuk gaji karyawan, partnership dan lain sebagainya), maka salah satu saran yang perlu Anda pertimbangkan adalah Anda harus melakukan 50-50 split antara ether (atau crypto lainnya) dengan fiat.

Caranya adalah ketika anda menyelesaikan Initial Coin Offering (ICO), segera jual 50% Ether yang anda dapatkan dari ICO tersebut. Dengan melakukan hal tersebut anda telah setidaknya mengubah 50% aset Anda menjadi non-volatile untuk menyelamatkannya dari pasar yg sulit diprediksi

Jika harga ether sedang menurun, jangan segera membeli ether dengan fiat, karena itu hanya akan membuat aset non-volatile anda berubah menjadi aset volatile.

Jika harga naik, maka hal tersebut adalah bonus untuk perusahaan. Sebagai perusahaan, anda harus sangat hati-hati dan menggunakan strategi yang bijak dalam mengolah keuangan anda.

Dengan menerapkan hal ini, perusahaan anda mungkin masih bisa akan bertahan sampai 5 tahun ke depan walaupun harga ether tetap berada di harga yg rendah karena anda telah menyelamatkannya di awal perusahaan tersebut ingin berjalan.

Namun, saran di atas bisa saja berbeda jika melihatnya untuk konteks individu dan bukan sebagai perusahaan blockchain yang baru ICO.

Jika sebagai individu, pertanyaannya adalah darimana anda mendapatkan pendapatan? Bisakah anda menahan aset anda selama 5 tahun dan tidak menyentuhnya sama sekali? Jika ya, maka anda bisa melakukan investasi secara agresif. Berinvestasi terus dan membeli crypto ketika pasar sedang turun dan harga crypto relatif murah.

Jadi apakah perusahaan anda sudah menerapkan metode ini? Atau perusahaan anda memiliki metode lain untuk menghadapi bear market?

Related articles

Apa itu ICO (Initial Coin Offering)?

Jika anda sudah biasa berurusan dengan investasi, saham, IPO dan sejenisnya, tentu pasti anda pernah mendengar istilah yang dinamakan ICO atau Initial Coin Offering. Singkatan ini awalnya diperkenalkan setelah munculnya sebuah teknologi revolusioner abad ini, yaitu teknologi blockchain. Untuk mengetahui apa itu ICO, maka kita harus mengetahui dulu dasar-dasar teknologi yang berada dibalik ICO, yaitu teknologi blockchain, […]

pemrograman blockchain

Mengenal Bahasa Pemograman Blockchain yang paling umum

Saat ini dunia sedang gencar mengembangkan teknologi blockchain dan tentu Anda ingin tahu lebih banyak mengenai blockchain, Maka dari itu Artikel kali ini akan membahas mengenai bahasa pemrograman blockchain. Enam bahasa yang tercantum di bawah adalah beberapa tool yang paling hot di dunia pengembangan blockchain. Baca Juga : 7 Alasan Kenapa Programmer Perlu Belajar Teknologi […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *