Bagaimana New Digital Currency Tiongkok Dapat Memfasilitasi Penggunaan Yuan di Seluruh Dunia

CEO Circle Jeremy Allaire baru-baru ini memberikan pendapat terkait People’s Bank of China (PBoC) yang mengeluarkan cryptocurrency sendiri dapat menjadi dorongan besar bagi yuan. Bahkan, itu bisa meningkatkan status global dari Yuan. Pemerintah Cina telah memposisikan yuan sebagai alternatif yang kuat untuk dolar AS. Dengan cryptocurrency sendiri yang akan segera dirilis, Cina dapat me-leverage CBDCnya (Central Bank Digital Currency) untuk memberikan Yuan visibilitas besar yang tidak pernah dimilikinya.

Ini adalah argumen yang dikemukakan oleh Allaire, yang mengatakan kepada Squawk Box CNBC:

“Saya melihat ini benar-benar memenuhi beberapa tujuan. Tapi, saya pikir peluang yang lebih besar adalah cara bagi yuan Tiongkok untuk didistribusikan secara global. “Singkatnya, cryptocurrency China bisa menjadi fasilitator bagi yuan untuk digunakan dalam transaksi sehari-hari di seluruh dunia. Dengan cara ini, ini berfungsi sebagai “dasar untuk internalisasi yuan,”

Namun, Cina akan kesulitan untuk menemukan cara untuk menggantikan dominasi dolar dalam waktu dekat. Dengan sekitar 58% dari semua cadangan devisa disimpan dalam dolar dan 40% dari utang dunia dalam dolar, berarti saat ini USD merajai sebagai mata uang dunia.

Baca juga : Apa saja negara yang mengkaji Central Bank Digital Currency (CBDC)

 

Namun, ini semua tentang aksi yang dilakukan oleh corporate, seperti yang ditunjukkan allaire. SWIFT dan sistem perbankan Barat selalu mempromosikan Dollar dan apapun tindakan untuk menggantikan USD. Namun, dengan munculnya mata uang kripto milik Cina, gamenya sedang berubah dan China sedang membangun infrastruktur keuangan baru yang diinspirasi crypto yang akan menyaingi sistem Barat ini. Kita dapat mengantisipasi titik geopolitis ini dalam dekade mendatang.

Untuk saat ini, Cina mendapat manfaat luar biasa dari menjadi nilai mata uang dengan value dibawah dollar. Ini secara efektif berarti bahwa ia masih dapat berfungsi sebagai eksportir bagi dunia. Namun, dengan meningkatnya aspirasi politik di panggung global, negara itu akan segera menemukan dirinya beralih ke ekonomi konsumen. Pertempuran antara yuan dan dolar akan dimainkan pada waktunya, dan Anda pasti dapat mengharapkan cryptocurrency akan memainkan peran utama.

sumber : beincrypto.com

 

Informasi lain tentang Mata Uang Bank Sentral :

Tether (USDT) Digital Akan Meluncurkan Yuan Sebelum PBOC

 

Apa itu Dominasi Bitcoin?

 

Related articles

Luncurkan Testnet Jumat Ini, Vexanium Selangkah Lebih Dekat Untuk Kembangkan Ekosistem Blockchain Di Indonesia

Perkembangan teknologi di Indonesia memang selalu berkembang dari masa ke masa. Hal ini menjadikan blockchain sebagai teknologi yang tak bisa dihindari. Blockchain sendiri terutama cryptocurrency merupakan teknologi yang sudah mulai booming beberapa tahun belakangan ini. Vexanium, perusahaan blockchain asal Indonesia yang bernaung di bawah PT Wujudkan Mimpi Indonesia memiliki mimpi supaya Indonesia menjadi salah satu […]

BIS Blockchain CBDC

The Bank for International Settlement (BIS) Mulai Melirik Mata Uang Digital

The Bank for International Settlement yang berfungsi sebagai bank untuk bank sentral telah mengeluarkan laporan tentang mata uang digital bank sentral (CBDC) hari ini. The Bank mengklaim bahwa mereka mengalami pertumbuhan di ekonomi digital ini tapi alasan yang mendasari pertumbuhan mereka berbeda dari negara lainnya. Laporan tersebut menyampaikan bahwa CBDC pada umumnya berasal dari negara-negara […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *