Bank of England Menerbitkan Paper Tentang Central Bank Digital Currency (CBDC)

Bank sentral Inggris baru-baru ini secara resmi menerbitkan makalah diskusi tentang mata uang digital atau CBDC.

“Kami tertarik pada CBDC karena ini adalah periode perubahan uang dan pembayaran yang signifikan,” kata Bank of England.

Mark Carney, Gubernur Bank of England, mengatakan jika CBDC akan diperkenalkan, perlu dirancang “sangat hati-hati”.

Bank of England, bank sentral Inggris, hari ini secara resmi menerbitkan makalah diskusi tentang mata uang digital.

Makalah 57 halaman ini menguraikan “model ilustrasi” dari mata uang digital bank sentral (CBDC), yang dirancang untuk store of value dan memungkinkan pembayaran oleh rumah tangga dan bisnis.

“Kami tertarik pada CBDC karena ini adalah periode perubahan uang dan pembayaran yang signifikan,” kata Bank of England. “Penggunaan uang kertas sebagai bentuk uang yang paling mudah diakses menurun, dan penggunaan uang yang dikeluarkan secara privat terus meningkat, dengan perubahan teknologi yang mendorong inovasi.”

Baca juga : Kenapa Decentralized Finance (DeFi) perlu dikembangkan di Indonesia ?

CBDC dapat menghadirkan sejumlah peluang, menurut bank sentral, termasuk lanskap pembayaran yang “lebih tangguh” dan “building block” untuk cross-border payments yang lebih baik di masa depan.

Tetapi itu juga akan memperkenalkan tantangan dan risiko, seperti dampak pada kebijakan moneter dan stabilitas keuangan.

“Jika saldo deposito yang signifikan dipindahkan dari bank ke CBDC, mungkin ada implikasi untuk neraca Bank Inggris dan bank komersial,” bank sentral menjelaskan. “Ini dapat mempengaruhi jumlah kredit yang diberikan oleh bank kepada ekonomi yang lebih luas , dan pada gilirannya, bagaimana Bank menerapkan kebijakan moneter dan mendukung stabilitas keuangan. ”

mata uang digital

Khususnya, Bank Inggris mengakui bahwa CBDC akan menjadi “sebuah inovasi dalam bentuk uang yang disediakan untuk publik dan infrastruktur pembayaran tempat pembayaran dapat dilakukan.”

Sementara bank sentral belum membuat keputusan apakah akan memperkenalkan CBDC, katanya jika itu akan mengeluarkan mata uang digital, “itu akan didenominasikan dalam pound sterling, sehingga £ 10 dari CBDC akan selalu bernilai sama dengan £ 10 uang kertas. ”

“Setiap CBDC akan diperkenalkan bersamaan daripada menggantikan uang tunai dan deposito bank komersial,” simpulnya.

Mark Carney, Gubernur Bank of England, mengatakan jika CBDC akan diperkenalkan, itu harus dirancang “sangat hati-hati”.

“Kita perlu mempertimbangkan pertanyaan-pertanyaan dengan hati-hati dan dalam waktu yang tepat, makalah ini dimaksudkan sebagai dasar untuk penelitian dan dialog lebih lanjut antara Bank dan industri pembayaran, penyedia teknologi, pengguna pembayaran, lembaga keuangan, akademisi, bank sentral lain, dan otoritas publik. Saya mendorong siapa pun yang tertarik pada fundamental ini.” masalah untuk menanggapi Bank tentang potensi manfaat, risiko, dan kepraktisan CBDC. ”

Awal tahun ini, Bank Inggris juga membentuk grup dengan lima bank sentral lainnya Bank Kanada, Bank Jepang, Bank Sentral Eropa, Sveriges Riksbank (Swedia) dan Bank Nasional Swiss, untuk mengeksplorasi kasus penggunaan potensial. untuk CBDC.

Makalah diskusi terbuka untuk umum untuk komentar sampai 12 Juni 2020

 

Informasi lainnya tentang CBDC

Berbagai Inisiatif Bank Sentral Asia Tenggara Dalam Teknologi Blockchain

Related articles

Ekonom Tiongkok Mengatakan 2020 Adalah Tipping Point untuk Blockchain

Ekonom Cina mengatakan tanda-tanda menunjukkan tahun 2020 adalah tahun yang penting untuk mengintegrasikan blockchain dalam semua industri. Kontes entri akselerator blockchain Tencent diadakan baru-baru ini di Shenzhen Cina. Temanya bertema “industri blockchain dan konstruksi bersama ekologis”. Menurut berita lokal pada 2 Juli, Profesor Zhu Jiaming, mantan ekonom Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Presiden Riset […]

rupiah digital

IMF memprediksi Bank Sentral Akan Mengeluarkan Mata Uang Digital

  Dana Moneter Internasional (IMF) percaya bahwa bank sentral dapat menerbitkan mata uang digital di masa depan, menurut laporan oleh IMF tentang Fintech pada 27 Juni. Menurut makalah lengkap, IMF dan Bank Dunia melakukan survei pada fintech yang meminta jawaban dari lembaga keuangan di semua negara anggota, dan telah mendapatkan respon positif dari 96 negara. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *