Bank Sentral Kanada Serius Merancang Central Bank Digital Currency

bank sentral kanada CDBC

Setelah bertahun-tahun melalui banyak penelitian, Bank of Canada bersiap untuk merancang mata uang digital bank sentral (CDBC) sendiri.

Mengungkap rencananya dalam job posting 11 Juni, bank sentral mengatakan itu “menciptakan kembali bank sentral” dan secara radikal memikirkan kembali sifat uang tunai Kanada.

Baca juga : Tokenisasi dan pengetahuan dasar smart contract

“Bank Kanada memulai program yang memiliki signifikansi sosial besar untuk merancang sistem kontinjensi untuk CBDC, yang dapat dianggap sebagai uang kertas, tetapi dalam bentuk digital.” tulis bank tersebut.

 

Permintaan CoinDesk untuk berkomentar tidak dikembalikan pada saat pers.

Namun, postingan pekerjaan mengatakan banyak tentang peran baru Manajer Proyek CBDC seperti halnya tentang proyek itu sendiri, membahas secara rinci beberapa fitur dari uang kertas digital.

Menurut job posting ini, CBDC Kanada harus melindungi privasi pengguna (meskipun tidak setinggi uang tunai), tetap dapat diakses oleh mereka yang tidak memiliki rekening bank atau ponsel, dapat bekerja ketika listrik padam dan menyaingi uang kertas dalam keamanan mereka, sehingga dapat mendapatkan kepercayaan di antara masyarakat penghasil uang tunai.

Lebih lanjut, bank menginginkan CBDC-nya untuk hidup dengan arsitektur masa hidup yang berpotensi multi-dekade yang dapat tumbuh seiring dengan tujuan kebijakan.

Namun, rincian teknis lainnya masih belum ditentukan. Bank tidak menyatakan teknologi apa yang dijalankan CBDC-nya, apakah itu akan mengikuti model berbasis-token atau berbasis-akun, atau bagaimana ia bisa menciptakan mata uang digital.

Rincian itu akan terbentuk selama masa tiga tahun manajer proyek. Selama waktu itu, bank juga ingin membangun “sistem percontohan CBDC.”

Langkah ini membuat Kanada sebagai pesaing serius dalam perlombaan untuk mengembangkan CBDC. Banyak negara telah mulai mempertimbangkan masalah mata uang digital nasional dan beberapa, termasuk Cina, tampaknya berada di ambang mengeluarkan mereka sendiri. Tetapi hanya segelintir yang mengaktualisasikan temuan mereka sejauh yang dilakukan Bank Kanada sekarang.

Untuk lebih jelasnya, bank belum berkomitmen untuk mengeluarkan CBDC dulu. Pejabat meremehkan kebutuhan untuk satu Februari baru-baru ini, dengan alasan tidak ada “kasus yang menarik” untuk CBDC Kanada kecuali jika mata uang digital pribadi seperti Libra lepas landas.

“Sementara Bank meningkatkan perencanaan kontingensi untuk kemungkinan ini, tidak ada kasus yang mendesak saat ini untuk mengeluarkan CBDC,” kata juru bicara Bank of Canada kepada CoinDesk setelah publikasi artikel ini. “Sementara penggunaan uang tunai di titik-titik penjualan mungkin telah menurun selama pandemi, kami belum melihat perubahan material dalam permintaan uang kertas.”

 

Informasi lainnya tentang CBDC :

Kenapa Indonesia Membutuhkan Rupiah Digital

 

Apa Bedanya DeFi (Decentralized Finance) dengan CeFi (Centralized Finance) ?

 

Related articles

Kenapa Indonesia Membutuhkan Rupiah Digital

Kebanyakan perilaku dari pemerintahan yang kita lihat sekarang adalah pemerintah banyak meng-outsource implementasi berbagai aktivitas kepada sektor swasta, misalnya untuk sektor finansial kepada bank, lalu pemerintah melakukan enforcement regulasi dan kebijakan, yang mana dilakukan secara manual dan memakan waktu. Tetapi ketika pemerintah menempatkan rupiah di dalam blockchain, maka rupiah ini bisa menjadi mata uang yang […]

russia blockchain

Bank Investasi Terbesar Rusia : Yang Tidak Berurusan Dengan Blockchain Hari Ini, Akan Berakhir di Zaman Batu Dalam 20 – 30 tahun

Berdasarkan video yang dirilis pada akhir Desember 2019 oleh Vicenews, Rusia secara serius mempertimbangkan blockchain secara sedemikian rupa sehingga kepala Bank Investasi Terbesar Rusia, Sergey Gorkov, telah berinvestasi pada orang yang kita kenal, Vitalik Buterin.   Mereka yang tidak berurusan dengan Blockchain hari ini, akan berakhir di Zaman Batu dalam 20-30 tahun. – Sergey Gorkov […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *