Bank USA kini Bisa Memberikan Jasa Kustodian Crypto

jasa kustodian crypto

Bank-bank nasional dan asosiasi tabungan federal sekarang dapat menawarkan layanan penjagaan crypto kepada pelanggan setelah persetujuan dari regulator di negara tersebut.

OCC menyetujui Kustodian Crypto bagi Bank Federal USA

Menurut surat yang dikeluarkan oleh Office of the Comptroller of the Currency (OCC) pada hari Rabu, bank-bank Federal AS sekarang dapat menawarkan layanan penitipan atau kustodian crypto. Keputusan ini menindaklanjuti permintaan bulan lalu oleh OCC untuk masukan publik tentang masalah ini.

Sebagai bagian dari surat itu, OCC menjelaskan alasan untuk keputusannya mencatat bahwa pemilik crypto menginginkan penyimpanan yang aman dari token mereka dari lembaga yang diakui seperti bank. OCC juga berpendapat bahwa bank yang menawarkan penyimpanan kripto dapat bermanfaat bagi pelaku pasar seperti penasihat investasi yang memerlukan pengawasan aset pihak ketiga secara hukum.

Untuk OCC, keputusan untuk mengizinkan jasa kustodian dari  bank mengikuti secara alami dari keterlibatan mereka yang sudah lama dalam melindungi aset fisik. Langkah ini juga menunjukkan arah baru OCC mengenai crypto di bawah kepemimpinan Brian Brooks, sebelumnya bergabung di Coinbase.

Mengomentari pentingnya keputusan OCC, Brooks, Acting Comptroller of the Currency mengatakan:

“Dari safe deposit hingga brankas virtual, kami harus memastikan bank dapat memenuhi kebutuhan layanan keuangan pelanggan mereka hari ini. Pendapat ini mengklarifikasi bahwa bank dapat terus memuaskan kebutuhan pelanggan mereka untuk menjaga aset mereka yang paling berharga, yang hari ini bagi puluhan juta orang Amerika termasuk mata uang kripto. ”

 

Sebagai bagian dari persetujuan yang diberikan kepada bank, OCC menyatakan bahwa mereka harus memisahkan aset pelanggan dari kepemilikan crypto mereka sendiri. Regulator perbankan juga memerintahkan bank-bank yang ingin memberikan layanan tersebut untuk mematuhi standar keamanan tertinggi.

OCC juga mengungkapkan bahwa persetujuannya memang membatasi bank untuk jenis tahanan crypto tertentu. Dengan demikian, lembaga keuangan dapat menyimpan copy private key pelanggan mereka atau menahan aset virtual itu sendiri di fasilitas cold storage yang aman.

Memperluas Cryptocurrency Custody

Sebelum pengumuman hari ini dari OCC, beberapa bank pemerintah sudah menyediakan layanan penitipan crypto. Dengan bank nasional di USA ikut terlibat, opsi untuk penyimpanan cryptocurrency aman akan meningkat.

Dalam beberapa waktu terakhir, perusahaan seperti Fidelity Investments juga telah meluncurkan crypto custody plans. Exchange besar seperti Coinbase dan Bakkt juga memiliki platform kustodian crypto mereka sendiri.

Penyimpanan yang kuat untuk cryptocurrency selalu diidentifikasi sebagai persyaratan utama untuk adopsi institusional. Beberapa perusahaan bahkan mengembangkan teknologi yang akan memungkinkan perdagangan yang efisien dan bisa melakukan staking langsung dari cold wallet

 

Berita lainnya tentang blockchain dan crypto :

US FDA Mempertimbangkan Blockchain untuk Keamanan Pangan

Jepang Kini Serius Mempertimbangkan Mata Uang Digital

 

Related articles

data new active address ethereum

Ethereum Mengalahkan Bitcoin Dalam New Active Addresses Sejak Awal Tahun 2020

Data Ethereum menunjukkan jumlah alamat aktifnya (new active address) meledak hampir 150% sejak awal tahun dan besar-besaran mengungguli Bitcoin meskipun telah naik 50% YTD. Ethereum Mengungguli BTC Di Alamat Aktif Baru Menurut data yang disediakan oleh perusahaan pemantauan blockchain Messari, jumlah alamat aktif Ethereum tahun ini yang up to date telah melonjak sebesar 145%. Terlihat […]

AToken x Vexanium Webinar: Blockchain Technology For ‘New Normal’ Financial Industry

Seperti yang kita ketahui, pandemi Covid-19 telah merubah tatanan masyarakat tak hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia. Pembatasan kegiatan di publik dan sosialisasi secara fisik antar satu individu dengan yang lain pun diberlakukan selama pandemi ini berlangsung. Banyak kerugian pun dirasakan di beberapa sektor industri di dunia dikarenakan oleh situasi yang semakin tak menentu […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *