Berita Blockchain & Kripto Minggu Ini (Minggu Ke 2 Januari)

berita blockchain minggu ini

Halo, Digitalis ! Berikut ini berita kripto & blockchain seminggu terakhir !

 

1. Pembelian saham Apple, Tesla, Facebook, dan Netflix melalui security tokens    

berita blockchain minggu ini
Source: modernconsensus.com

Kripto memiliki masa yang cemerlang pada akhir 2017 dan kembali menurun pada tahun 2018. Bitcoin yang merupakan kripto terbesar menyentuh USD 20.000 pada akhir 2017 dan menutup tahun 2018 di angka  USD 4.000 namun tentu saja penurunan ini juga diikuti oleh kripto lainnya seperti Ethereum dan Ripple. Melihat hal ini analisis dan eksekutif di industri ingin mengembangkan inovasi baru di dunia blockchain seperti menempatkan sekuritas (saham dan obligasi) di dunia blockchain dimana token tersebut akan berfungsi sebagai security token. Pada hari Senin, 14 Januari 2019, DX. Exchange sebuah perusahaan crypto yang berbasis di Estonia meluncurkan trading platform dimana para investor dapat langsung membeli saham dari beberapa perusahaan terkenal yang berada di bawah Nasdaq seperti Apple, Tesla, Facebook dan Netflix. Pembelian ini dilakukan secara tidak langsung melalui security tokens.

 

2. Parity Technology memenangkan 5 juta dolar dari Ethereum Foundation

berita blockchain minggu ini
Source: bitcoinexchangeguide.com

Dana ini akan digunakan untuk mendanai bisnis mereka yang bertujuan untuk mengembangkan jaringan blockchain Ethereum seperti pengembangan pada Casper ( Proof-of-stake untuk peningkatan protokol), audit, hingga pengembangan infrastruktur.  Parity Technology sendiri merupakan startup yang berfokus di infrastruktur blockchain dengan digawangi oleh Jutta Steiner (sebelumnya merupakan Security Chief dari Ethereum Foundation). Parity sebelumya juga sudah meluncurkan beberapa tools seperti Substrate yang bertujuan untuk membuat jaringan blockchain yang customized bagi setiap aplikasi yang terdesentralisasi.

 

 3. Harga Ethereum (ETH) naik terbanyak sehari menjelang hard fork Constantinople

berita blockchain minggu ini
Source: bitcoinexchangeguide.com

Ketidakstabilan harga Ethereum (ETH) di chart kripto menarik banyak perhatian para investor kripto. Salah satu penyebab dari ketidakstabilan harga ini dikarenakan pertarungan antara ETH dan XRP untuk menduduki posisi nomor 2 di chart kripto. ETH dapat dikatakan cukup tertolong di pertarungan ini karena kenaikan harga yang baru-baru saja terjadi membuat harga ETH naik diantara 10 peringkat kripto lainnya. Pada minggu ketiga Januari, harga Ethereum meningkat sebanyak 8,82% dengan jumlah total ETH yang beredar di pasaran adalah 13.491.000 USD. Beberapa pihak berspekulasi bahwa kenaikan harga ini dapat dikaitkan dengan hard fork Constantinople yang akan terjadi beberapa hari lagi. Hard fork ini pada dasarnya merupakan implementasi Ethereum Improvement Protocols. Protocol ini sendiri berjumlah 5 masing-masing dengan nama EIP 145, EIP 1014, EIP 1052, EIP 1283, EIP 1234.

 

4. XRP Classic (XRPC): Munculnya koin baru di Twitter dan beberapa ranking website untuk kripto seperti CoinMarketCap.

berita blockchain minggu ini
Source: happycoin.club

Komunitas XRP merupakan komunitas kuat yang terdiri dari investor kripto yang setia. Mereka pun ramai-ramai melaporkan XRP Classic yang diduga merupakan plagiat dari XRP dan diduga juga sebuah penipuan jika dilihat dari whitepaper nya yang terkesan tidak profesional, misi yang tidak jelas dan kesalahan dalam simbol yang digunakan. Koin baru ini memiliki logo yang sama dengan XRP namun berwarna orange dan disebut dengan XRP Classic. CoinMarketCap yang merupakan website ranking untuk kripto terpopuler pun turut memasukkan koin ini dalam daftar koinnya. Namun, MarketCap dan supply dari koin ini belum diumumkan namun sudah dapat diperjualbelikan dengan harga $0.000001. Koin ini juga menggunakan jaringan ERC20. Selain masuk di CoinMarketCap, XRPC turut masuk dalam CoinGecko yang juga merupakan website ranking untuk kripto. Bahkan CoinGecko juga menyebutkan bahwa XRPC dapat diperdagangkan di 3 exChange berikut: Mercatox dengan pair XRPC/USDT, EtherFlyer dengan pair XRPC/ETH dan Token Store dengan pair XRPC/ETH. Sejauh ini total trading volume dari XRPC sendiri berjumlah $198,52.

 

 

Related articles

hash rate bitcoin

Bitcoin Computing Power Mencetak Sejarah Melampaui Tahun 2017

Bitcoin telah mencatat sejarah lain dengan computing power (kekuatan komputasi) mencapai 8x lebih tinggi dari pada 2017 ketika Bitcoin mencapai harga tertinggi sepanjang masa. Akibatnya hash rate juga telah mencapai titik tertinggi sepanjang masa sehingga membuat jaringan lebih kuat dari sebelumnya. Menurut data dari Blockchain.com, tingkat hash mencapai tinggi 79 TH / s pada tanggal […]

tweet bank of england

Polling Bank Of England Menunjukkan Orang Lebih Menginginkan Kripto Daripada Uang Cash

Bank of England atau Bank Sentral Inggris pada tanggal 18 Desember mempost polling di Twitter untuk menanyakan orang-orang menginginkan hadiah apa untuk natal ? Jawaban terbanyak adalah “digital currency” yang memenangkan polling sebanyak 75% Di urutan ke dua adalah cash dengan 18% Lalu bank transfer dengan 5% Lalu gift voucher 2% If you receive money […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *