Manfaat Blockchain Untuk Indonesia

blockchain di Indonesia

Bitcoin, mata uang digital yang banyak dikenal orang adalah salah satu pemanfaatan teknologi blockchain yang pertama. Baca : Apa itu Bitcoin

Blockchain sebagai “teknologi database” akan memiliki pengaruh ke banyak industri di Indonesia, terutama yang selama ini menggunakan database, misalnya industri finansial dan public sector.

Untuk Anda yang belum mengerti blockchain, berikut ini sedikit penjelasan tentang blockchain :

Blockchain diprediksi akan memiliki dampak besar untuk dunia, berikut ini saya sedikit ilustrasikan.

Mungkin Anda yang pernah berurusan dengan akuntansi pernah mendengar istilah “double entry accounting”

Jika Anda pernah tahu apa sih efek “double entry accounting” bagi dunia dan revolusi industri, sebelum adanya sistem akuntansi double entry dan setelah double entry ditemukan, memiliki perbedaan luar biasa.

“Double entry accounting” memungkinkan dibuatnya “perusahaan” dan double entry bisa disebut awal kelahiran kapitalisme. Sebelum adanya double entry accounting, yang disebut era single entry accounting, banyak jenis transaksi yang tidak bisa dicatat karena sistem akuntansi saat itu yang sangat sederhana.

Sedangkan di double entry accounting, transaksi dicatat dalam dua tahap : jurnal dan buku besar, dan dua sisi : debit dan kredit.

Apa hubungannya dengan teknologi blockchain ?

Dengan double entry accounting, masih ada kemungkinan terjadinya bribe / sogokan baik itu kepada akuntan atau auditor, jejak transaksi masih bisa dihilangkan sehingga jurnal dan buku besar masih bisa balance.

Menggunakan teknologi blockchain, kelemahan ini berkurang atau bahkan hilang, karena setiap transaksi juga dicatat ke dalam blockchain dan tidak bisa diedit / dihapus (immutable).

kegunaan blockchain untuk indonesia

Apakah dengan adanya blockchain akan muncul perusahaan jenis baru ? kita tunggu saja 5-15 tahun ke depan !

Sekarang mari kita bahas beberapa kegunaan blockchain untuk Indonesia.

 

Baca juga : Vexanium, public blockchain terbesar Indonesia

 

Blockchain untuk pelabuhan Indonesia

Pelabuhan atau port adalah suatu area luar biasa di mana uang dalam jumlah besar berputar, bayangkan 80% dari barang yang kita konsumsi dan pakai sehari-hari melewati pelabuhan.

Pelabuhan juga adalah tempat di mana banyak entitas yang saling bersaing (misal.perusahaan logistik, kargo, distributor, eksportir, importir) tetapi juga harus saling bersinergi di suatu pelabuhan.

Dalam proses pengiriman barang di pelabuhan biasanya melibatkan pemindah tanganan dokumen hinga ratusan kali melewati berbagai pihak, dengan teknologi blockchain, dokumen yang dipindah tangankan ini bisa diblockchainkan sehingga proses administrasi pelabuhan bisa dijalankan dengan cepat dan rendah biaya.

 

Blockchain untuk voting

Blockchain sebagai tipe database yang tidak bisa dihapus atau diedit isinya merupakan teknologi yang ideal untuk use case seperti voting yang merupakan tipe data yang seharusnya tidak dihapus atau diedit isinya.

Karakter desentralisasi dari blockchain di mana data dicopy di banyak tempat juga mensupport security dari data voting karena tidak mudah bagi hacker untuk mengubah isi data di semua nodes.

Beberapa negara sedang mempelajari penggunaan blockchain untuk evoting seperti Sierra Leone, Estonia dan negara bagian Utah di US.

 

 

Blockchain untuk properti

Properti biasanya adalah industri yang menghadapi kesulitan likuiditas karena tipe produk yang dijual membutuhkan komitmen besar baik dalam bentuk dana ataupun waktu dari customer. Untuk membeli sebuah properti, customer perlu menyiapkan dana hingga ratusan juta, perputaran produk yang lama ini sering mengakibatkan kesulitan likuiditas di sisi developer properti.

Dengan teknologi blockchain akan memungkinkan dilakukannya fractional ownership atau kepemilikan dalam bentuk token yang merepresentasikan unit di property sehingga secara drastis meningkatkan likuiditas pasar properti atau aset lain yang sebelumnya kurang likuid.

 

Blockchain untuk menghilangkan middlemen / makelar

Dengan karakter teknologi blockchain di mana data disimpan di banyak nodes / miner / blockproducer, yang mana nodes ini juga berfungsi sebagai verifikator transaksi dan dalam beberapa hal ikut mengambil beberapa keputusan strategis, mengakibatkan berkurangnya daya tawar dari centralized company non blockchain.

blockchain - indonesia

Dengan teknologi blockchain yang mengubah makelar menjadi “makelar jenis baru” diperkirakan fee makelar yang tanpa blockchain ada di kisaran 20-30% bisa menjadi kurang dari 5%. “Makelar” ini contohnya adalah marketplace yang saat ini menjamur di Indonesia.

 

Blockchain untuk sektor layanan publik Indonesia

Sektor layanan public adalah suatu sektor yang memiliki data dengan karakteristik datanya jarang berubah, atau tidak bisa diedit. Misalnya

Data pajak Anda dari 5 tahun lalu sampai sekarang kan bukan data yang bisa seenaknya diedit ?

Data kelulusan mahasiswa yang dibawah supervisi Dikti / Departemen pendidikan juga bukan untuk diedit, tetapi untuk diakses para employer

Data paten / Hak atas Kekayaan Intelektual juga memiliki karakter yang sama.

Beberapa penerapan blockchain di public sector menurut Mckinsey seperti di bawah ini (Blockchain beyond the hype).

manfaat teknologi blockchain di indonesia

Menurut penelitian Conceptualizing Blockchains : Characteristics & Application menyebutkan bahwa kegunaan blockchain untuk goverment atau public sector cocok untuk diterapkan dengan public blockchain.

 

indonesia public blockchain

Blockchain untuk dunia keuangan di Indonesia

Dunia keuangan / finansial adalah sektor industri yang bisa jadi paling terdisrupsi oleh adanya teknologi blockchain, konsep desentralisasi dan smart contract.

Karakter blockchain yang tidak bisa diubah / didelete, data dicopy di banyak tempat, ternyata sangat cocok penggunaannya di dunia finansial karena memungkinkan dilahirkannya mata uang yang native (lahir di) dunia digital dan memecahkan permasalahan mata uang digital sebelumnya yaitu double spending, alias masalah uang digital yang bisa dicopy berapa kalipun banyaknya seperti halnya file MP3 atau video.

Berikut ini adalah blockchain opportunity di industri keuangan menurut Mckinsey :

Blockchain di bidang finansial atau keuangan Indonesia

 

Masih banyak fungsi blockchain lainnya yang bermanfaat untuk Indonesia.

  • Banyak pelaku digital advertising membutuhkan transparansi lebih terkait spending budgetnya ke berbagai media online. Hal ini bisa dibangun di atas blockchain & smart contract untuk meningkatkan transparansi digital advertising
  • Indonesia sebagai negara di garis khatulistiwa sebenarnya bisa memanfaatkan panel surya untuk melakukan jual dan beli listrik, di mana proses jual beli ini bisa ditingkatkan lewat teknologi blockchain.
  • Dan masih banyak lainnya.

 

Baca Juga Informasi Teknologi Blockchain Lainnya

7 Alasan Kenapa Programmer Perlu Belajar Blockchain

 

 

Related articles

dapps

DApps: Masa Depan Atau Hanya Tren Sesaat?

  Pada umumnya ketika para pengguna mengunduh aplikasi maka mereka hanya akan klik tombol ‘Unduh’, menunggu proses mengunduh hingga selesai dan klik tombol ‘Saya Setuju’ pada syarat dan ketentuan berlaku yang diberikan. Meskipun terlihat sepele namun ternyata tanpa disadari, para pengguna menyatakan setuju untuk membagikan data pribadi berupa lokasi atau kontak telepon pada perusahaan yang […]

apa itu blockchain

Belajar Blockchain – Mengenal Teknologi Blockchain Sebagai P2P Decentralized Network

Blockchain adalah rantai /chain dari block data yang disimpan di ribuan komputer atau server (disebut juga peer to peer) yang terdistribusi di banyak area geografis, data yang dicopy di masing-masing komputer tersebut adalah buku besar yang lengkap dan menyimpan data transaksi debit dan kredit dari aset digital. Buku besar ini bisa juga dilihat sebagai statement […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *