Cara Mendapatkan Passive Income dengan Menambang Koin Vexanium (VEX)

cara-menjadi-bp-vexanium

Halo Sobat… Sudahkah Anda memiliki passive income? Passive income atau penghasilan pasif merupakan pendapatan yang bisa didapatkan seseorang atas kegiatan ekonomi yang dia lakukan tanpa perlu berperan aktif dalam kegiatan tersebut. Pendapatan pasif adalah pendapatan yang bisa dihasilkan seseorang bahkan pada saat orang tersebut sedang tertidur.

Penghasilan pasif sendiri bisa bersumber dari banyak hal. Seperti Anda bisa menyewakan properti untuk mendapat penghasilan berupa uang sewa bulanan atau harian, investasi untuk mendapatkan dividen saham, pendapatan dari iklan blog atau Youtube dan masih banyak jenis dan macamnya. Namun di tengah era perkembangan teknologi yang pesat ini ada penghasilan pasif yang mulai digemari dan dicari-cari generasi milenial, apa itu?

Menambang Koin Vexanium(VEX).

 

Apa Itu Vexanium?

Vexanium adalah public blockchain generasi terbaru yang dirancang untuk aplikasi terdesentralisasi,  Vexanium membuat blockchain dapat diimplementasikan untuk meningkatkan berbagai jenis industri. Blockchain Vexanium memiliki cryptocurrency sendiri yang bernama koin VEX. Saat ini koin kripto VEX sudah terdapat di beberapa crypto exchange dalam negeri maupun luar negeri seperti Indodax, Digitalexchange.id, Bit-z, Probit, dsb. \

Baca juga: Vexanium, Public Blockchain & Crypto Terbaik Indonesia

menambang-koin-vexanium

Keunggulan Vexanium

  • Blockchain vexanium sendiri merupakan blockchain generasi ke-3. Arsitektur blockchain Vexanium memiliki potensi skalabilitas hingga jutaan transaksi per detik (TPS) dimana saat ini transfer speed vexanium minimal adalah 2000 TPS
  • Vexanium memiliki fitur smart contract  yang mendukung Dapp yang sangat mudah untuk dicoding karena menggunakan bahasa C++, jadi nanti akan banyak unit bisnis baik digital maupun non digital membuat koin kripto VEX  berbasis protokol Vexanium.
  • Vexanium menghilangkan biaya per-transaksi. Struktur kepemilikan Vexanium menghilangkan biaya transaksi gas fee seperti public blockchain generasi sebelumnya. Pengembang atau developer-developer proyek blockchain diizinkan untuk menggunakan sumber daya (resources) secara proporsional dengan kepemilikan mereka sendiri (sumber daya/resources model fee). 
  • Koin kripto VEX menggunakan metode PoS atau lebih dikenal dengan konsensus DPoS (Delegate Proof Of Stake), metode tersebut memiliki kelebihan metode PoS dan memiliki kelebihan lain yakni Nodes-Nodes (Top 21 Block Producer) yang mampu memverifikasi tiap transaksi yang terjadi, serta mampu mengatur dan mengarahkan jalannya aturan di Jaringan Blockchain Vexanium, Top 21 Block Producer (BP) berfungsi seperti Miner di metode PoW, perbedaanya saat melakukan aktivitas miner di blockchain Vexanium tidak perlu menyelesaikan perhitungan matematika yang cukup sulit dan kompleks seperti pada metode PoW oleh karena itulah menambang koin kripto VEX tidaklah membutuhkan peralatan hardware yang mutakhir, serta karena miner di Vexanium sangat sedikit itulah yang membuat transaksi di vexanium bisa sangat cepat terverifikasi.
  • Memiliki Mekanisme pembagian Reward atau hasil menambang yang cukup baik.

 

Bagaimana Cara Menambang Koin Vexanium (Mining)?

Ada dua cara yang saat ini masih kerap dilakukan agar koin kripto bisa terus bertambah, yaitu dengan metode PoW (Proof of Work) dan PoS (Proof of Stake). Singkat kata Metode  PoW mengharuskan kita memiliki perangkat yang mutakhir yang mana harganya bisa dibilang tidaklah murah, harga perangkat tersebut bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta IDR untuk membeli perangkat ASIC, atau GPU, perangkat tersebut juga membutuhkan daya listrik yang sangat besar untuk menambang koin kripto lain seperti  BTC dan BCH. Sedangkan untuk alternatif kedua bisa menggunakan metode PoS yang juga menjanjikan penambahan koin. 

Perbedaannya adalah metode PoS menciptakan lingkungan yang lebih hemat energi, tidak membutuhkan daya listrik yang sangat besar, dan tidak perlu membeli perangkat mahal yang mutakhir seperti penambangan PoW, dalam metode PoS menambang koin dilakukan dengan cara menanam koin kripto VEX atau memberikan Vote kita di platform yang telah disediakan Core Developer Vexanium.

Menambang koin kripto VEX umumnya disebut menanam (stake) dan aktivitas menambang ini dilakukan di dalam perangkat lunak Vex Wallet Mobile (Android OS) yang dapat diunduh di Play Store dan Vex Wallet PC (Windows OS) yang dapat diunduh di website http://vexanium.com/#download, berikut tahapan-tahapan menambang koin kripto VEX / Staking :

  1. Download Vex Wallet Mobile dan Vex Wallet PC, lalu Install di Smartphone dan PC/Laptop.
  2. Buat akun Vexanium di Vex Wallet Mobile, setelah berhasil membuat akun di Vex Wallet Mobile, importkan Private Key nya di Vex Wallet PC.
  3. Transfer koin kripto VEX Anda ke akun yang telah berhasil dibuat.
  4. Stake koin kripto VEX Anda menggunakan Vex Wallet PC karena dengan perangkat lunak ini bisa menstake dari nominal kecil  hingga jutaan koin kripto VEX, alokasikan sebagian kecil koin kripto VEX Anda untuk stake CPU, NET dan RAM agar layanan aplikasi kita di blockchain Vexanium lebih lancar, cepat, dan stabil.
  5. Setelah stake CPU, NET dan RAM lalu pilih menu Dapp dan pilih Dapp “Vexplorer”.
  6. Pelajari Top 21 Block Producer yang paling baik dan menguntungkan sebelum di Vote.
  7. Setelah menemukan Top 21 BP yang sesuai, kemudian klik menu Vote di halaman web Vote, tuliskan username akun Vex kita dan tuliskan Nama salah satu Top 21 BP yang akan di Vote.
  8. Tunggu hingga waktunya salah satu Top 21 BP yang kita Vote menerima Reward koin kripto VEX dalam kurun waktu 1×24 Jam.
  9. Salah satu Top 21 BP akan membagikan reward koin kripto VEX sesuai dengan jumlah  koin kripto VEX yang kita jaminkan atau kita Vote kan. nanti akan kita bahas Simulasi keuntungan dari menambang koin kripto VEX juga ya.
  10. Apabila masih ada yang belum paham soal tahapan-tahapan diatas bisa dibaca kembali di halaman FAQ Vexanium : https://club.vexanium.com/post/5deefef1887eed6b04d13afe 

 

Apa itu Block Producer?

Block producer adalah sebuah Decentralized Entitas (organisasi) biasanya terdiri dari Konsorsium (Konsor), Perusahaan, Organisasi-organisasi, atau Komunitas yang dipilih melalui sistem e-voting, Tugas BP ini akan menghasilkan blok-blok baru di Protocol blockchain Vexanium serta memverifikasi berbagai transaksi yang terjadi pada blockchain Vexanium, BP merupakan entitas yang menjaga, mengarahkan dan bertanggung jawab pada konsensus Vexanium.

Apa itu Top 21 Block Producer?

Merupakan Block producer (BP) yang Aktif menciptakan block baru dan memverifikasi setiap transaksi di Blockchain Vexanium yang berjumlah 21, Namun ada juga BP Standby diluar Top 21 BP Aktif yang jumlahnya bahkan bisa diatas 100-200 BP, untuk Top 21 BP aktif ini berjalan melalui mekanisme sistem e-voting terus menerus tanpa berhenti selama blockchain Vexanium berjalan, dan anggota BP aktif bisa berganti-ganti otomatis setiap detiknya tergantung dari jumlah vote yang didapat.

Top 21 BP aktif memiliki mekanisme pembagian hadiah menambang yang adil. Sistem pembagian hadiah menambang VEX sedikit berbeda dari yang lain, sistem ini mirip seperti koin kripto EOS namun berbeda dengan pembagian hadiah menambang pada metode PoW dan PoS(konvensional). Saat hadiah menambang di berikan kepada Top 21 BP, Blockchain Vexanium tidak memiliki mekanisme pembayaran langsung seperti seperti pada metode PoW atau PoS (konvensional).  Namun sebagai gantinya, Blockchain Vexanium memiliki mekanisme pembagian hadiah menambang yang dikenal dengan istilah inflasi koin built-in, dimana secara keseluruhan  pasokan koin meningkat sebesar 5% tiap tahun, 5% ini akan dibagi menjadi dua jenis, Hadiah menambang sebesar 2% dan 3%, (3% masuk ke sistem proposal pekerja + 2% masuk ke pembagian hadiah menambang untuk Top 21 BP). 

Untuk yang 2% ini terdiri dari 1,25% (Hadiah Block atau dikenal dengan BPay) dan 1,75% (Hadiah Vote atau dikenal dengan V.Pay), Apa yang Terjadi dengan yang 3%? Seperti yang mungkin telah Anda perhatikan, sebagian besar hadiah menambang 3% telah disimpan untuk “sistem proposal pekerja.”Apa sebenarnya artinya itu? Perhatikan ini sebentar. Akan ada 50.000.000 VEX yang akan memasuki pasar sebagai akibat dari inflasi di tahun pertama itu sendiri.

Dari jumlah tersebut, sekitar 20.000.000 VEX untuk hadiah menambang, dan yang 30.000.000  VEX akan disimpan untuk sistem proposal pekerja, yang pada penilaian saat ini sekitar 1,2 Milyar IDR. Itu jumlah uang yang luar biasa! Tidak ada salahnya untuk mengetahui dengan pasti bagaimana Vexanium berencana untuk melakukan dengan uang sebanyak itu. Namun ternyata, Anda dapat melakukan hampir semua hal yang Anda inginkan pada Ekosistem BP Vexanium, Komunitas Vexanium yang tergabung dalam Top 21 BP dapat memberikan suara tentang bagaimana mereka ingin dana itu dipergunakan sebagaimana mestinya

Berikut adalah beberapa ide yang beredar di Komunitas Vexanium. Sebagian besar dana akan digunakan untuk penelitian dan pengembangan di blockchain Vexanium, tetapi ada juga proposal untuk menyimpan beberapa koin kripto VEX  untuk tujuan amal dan bantuan. Plus, ada juga kemungkinan VEX memperkenalkan mekanisme pembakaran koin kripto VEX(Burning coin)  yang dapat digunakan untuk menjaga “pasokan || rasio permintaan ” yang berlebih di pasar.

Keuntungan yang Diperoleh jika Menjadi Top 21 Block Producer Vexanium

Seperti yang sudah sempat disinggung di atas tentang mekanisme pembagian hadiah menambang koin kripto VEX, dengan menjadi Top 21 BP Vexanium, maka akan berbagai benefit, dan juga berpotensi mendapatkan passive income dari seluruh ekosistem blockchain Vexanium. Berikut daftar benefitnya :

Passive Income sebagai Miner

“BP (block producers) akan mendapatkan hadiah blok dalam bentuk koin VEX yang dihasilkan oleh token melalui inflasi 5% pertahun (2% BP + 3% Sistem Proposal Pekerja).”

Dari kalimat di atas, seharusnya sudah jelas, 5% per tahun atau setara dengan 50.000.000 VEX pertahun, atau sekitar estimasi 55.000 VEX / hari akan dibagikan kepada Top 21 BP aktif dari Pool VEXCORE , saat ini 2% hadiah menambang dibagikan ke Top 21 BP aktif , Untuk 3% Sistem Proposal Pekerja bisa jadi akan di-burn atau digunakan hal lain yang sama bermanfaatnya, semua tergantung dari keputusan Top 21 BP aktif.

Passive Income dari Seluruh Ekosistem Blockchain Vexanium

Ini sebenarnya yang sangat menarik pada ekosistem Top 21 BP aktif itu bisa menentukan arah dan kebijakan Vexanium, jadi ada potensi passive income lain di ekosistem blockchain Vexanium yang lebih menjanjikan, mari kita bahas satu persatu.

a. Biaya Trading RAM

Saat ini dari blockchain Vexanium tercatat total fee dari trading RAM mencapai 394.552 VEX di Pool VEX.RAMFEE, jika sebagian besar Top 21 BP menyetujui bahwa fee trading RAM bisa sebagai pendapatan B.P maka fee trading RAM ini bisa menjadi salah satu sumber penghasilan BP yang sangat potensial juga

b. Biaya Pembelian RAM dari Biding Name(Premium dan Non Premium)

Saat ini dari blockchain Vexanium tercatat total fee dari trading RAM mencapai 176.221 VEX di Pool VEX.NAMES, jika sebagian besar Top 21 BP menyetujui bahwa fee Pembelian RAM dari Biding Name bisa sebagai pendapatan B.P maka fee trading RAM ini bisa menjadi salah satu sumber penghasilan BP yang sangat potensial juga.

c. Biaya Pembelian RAM dari Testing dan pembuatan Dapp-Dapp baru

Sebetulnya angka pendapatan ini sudah dijelaskan di Biaya Trading RAM, pendapatan ini hanya menambahkan varian sumber pemasukan saja di Pool VEX.RAMFEE.

Syarat dan Bagaimana Cara menjadi BP?

Syarat untuk Mendaftar menjadi Kandidat Block Producer (Top 21 BP aktif)

  • Minimal memiliki VEX sejumlah > 5.000.000 VEX, yang akan digunakan untuk memberikan Vote pada BP yang baru mendaftar tersebut agar dapat masuk ke dalam daftar Top 21 BP aktif, semua proses E-Voting seluruhnya menggunakan koin kripto VEX yang di stake kan.
  • Memiliki beberapa Server VPS yang running 1 x 24 jam, dengan OS Linux Ubuntu versi 18.04.3 LTS.
  • Website yang memberikan wawasan soal gambaran BP tersebut.

Berikut Tahapan-Tahapan untuk Menjadi BP (menjalankan BP di Blockchain Vexanium).

    1. Login ke server pakai SSH.
    2. Download vex1. 7.4bin_ubuntu18.zip, dengan perintah:
      wget https://vexanium.com/files/vex1.7.4bin_ubuntu18.zip
    3. Kemudian dilanjutkan dengan perintah :
      unzip vex1.7.4bin_ubuntu18.zip
    4. Bikin wallet dalam server dengan perintah:
      ./cleos wallet create –to-console
    5. Import wallet vex ke console, dengan perintah :
      ./cleos wallet import –private-keyBP 5Jxxxxxxxxxxxx
    6. Daftar akun Vex Anda jadi BP, dengan perintah :
      ./cleos –url http://209.97.162.124:8080 system regproducer akunvexAnda VEXpublickeyAnda  situswebAnda
    7. Jalankan Nodes, dengan perintah:
      sudo nohup ./nodeos –max-irreversible-block-age -1 –contracts-console –genesis-json ./genesis.json –blocks-dir ./data/blocks –data-dir ./data –chain-state-db-size-mb 1024 –http-server-address 127.0.0.1:80 –p2p-listen-endpoint 0.0.0.0:8090 –max-clients 5 –p2p-max-nodes-per-host 5 –enable-stale-production –producer-name namaBPagan –signature-provider=VEXpublickeyagan=KEY:5Jprivatekeyagan –plugin eosio::http_plugin –plugin eosio::chain_api_plugin –plugin eosio::producer_plugin –p2p-peer-address 209.97.162.124:8091 39.105.124.20:8092 > nodeos.log 2>&1 &
    8. Cek nodenya Sudah jalan atau belum, dengan perintah :
      tail -f nodeos.log
    9. Kemudian lakukan klaim hadiah menambang setiap 1×24 jam, klaim hadiah dapat dilakukan secara manual atau otomatis menggunakan perintah schedule di Linux Ubuntu, untuk klaim secara manual dapat dilakukan dengan perintah dibawah ini:
      /cleos  –url  http://209.97.162.124:8080  system claimrewards  namaBPAnda

 

Simulasi Keuntungan (ROI) dari Menambang Koin Vexanium

Tadi sudah saya singgung bahwa perhitungan Simulasi keuntungan atau ROI (Return Of Investment) koin kripto VEX akan kita bahas lebih dalam, ROI biasanya dinyatakan dalam bentuk persentase, namun periode penghitungan ROI cenderung tidak diatur dengan ketat. Kebanyakan investor (Holder) biasanya berpatokan pada periode bulanan / tahunan dalam hal penghitungan ROI untuk memudahkan.

Secara umum, rumus penghitungan ROI koin kripto VEX adalah jumlah Total penjualan aset VEX dikurangi biaya investasi, lalu hasilnya dibagi lagi dengan biaya investasi, lalu hasilnya dikali seratus persen. Hasil penjualan koin kripto VEX ini bisa dihitung dari penjualan dalam periode bulanan / tahunan, untuk memudahkan. Jika diilustrasikan, rumusnya adalah sebagai berikut:

Investor A mengeluarkan investasi sebesar 40.000.000 Rupiah (1.000.000 VEX) dan memberikan vote di salah satu 1 BP peringkat tengah yakni BP Vexamania, rate harga 1 koin kripto VEX saat ini adalah 40 Rupiah.  Penghasilan / Reward harian yang diterima Investor A dari BP Vexamania adalah rata-rata sebesar 310 VEX/hari , maka investasi dalam sebulan mencapai 1.009.300 VEX/Bulan atau 1.111.600 VEX/Tahun, maka ROI-nya adalah:

🡪ROI 1 Bulan = (1.009.3001.000.000) / 1.000.000 x 100% = 0.93 x 100% = 0,0093%.

🡪Konversi ke Rupiah = (40.372.00040.000.000 ) / 40.000.000 = 0.93 x 100% = 0,0093%. #Note : harga 1 VEX = 40 Rupiah

🡪ROI 1 Tahun = (1.111.6001.000.000) / 1.000.000 x 100% = 11,16 x 100% = 0,1116%.

🡪Konversi ke Rupiah = (44.464.00040.000.000 ) / 40.000.000 = 11,16 x 100% = 0,1116%. #Note : harga 1 VEX = 40 Rupiah.

Sekarang kita coba bandingkan jika dengan modal yang sama kita vote BP lain dengan peringkat yang lebih tinggi seperti BP Honest Mining, apakah BP dengan peringkat yang lebih tinggi dari BP Vexamania akan menjanjikan ROI yang lebih besar? Simak penjelasan berikut, kita masih akan menggunakan rumus, harga dan modal yang sama, yang berbeda adalah hanya di pendapatan reward hariannya saja. 

Modal Investor A adalah 1.000.000 VEX  dan Investor A melakukan  Penghasilan / Reward harian yang diterima Investor A adalah rata-rata sebesar 156 VEX/hari , maka investasi dalam sebulan mencapai 1.004.690 VEX / Bulan atau 1.055.665 VEX/Tahun, maka ROI-nya adalah:

🡪ROI 1 Bulan = (1.004.6901.000.000) / 1.000.000 x 100% = 0.47 x 100% = 0,00469%.

🡪Konversi ke Rupiah = (40.187.00040.000.000 ) / 40.000.000 = 0.47 x 100% = 0,00469%. #Note : harga 1 VEX = 40 Rupiah

🡪ROI 1 Tahun = (1.055.6651.000.000) / 1.000.000 x 100% = 5,56 x 100% = 0,0556%.

🡪Konversi ke Rupiah = (42.226.60040.000.000 ) / 40.000.000 = 5,56 x 100% = 0,0556%. #Note : harga 1 VEX = 40 Rupiah

Jika dibandingkan menambang koin kripto VEX di BP satu dengan BP lainnya memberikan rata-rata reward harian dan ROI yang berbeda-beda, karena tiap BP dengan BP yang lain memiliki strategi dan cara masing-masing untuk dapat meningkatkan rata-rata reward hariannya, dan rata-rata reward harian juga bisa berubah-ubah sewaktu-waktu, bergantung pada ranking Top 21 BP dan banyaknya jumlah Vote yang dimiliki oleh masing-masing BP, serta jumlah orang atau entitas yang tergabung dalam Top 21 BP tersebut, oleh karena itu Investor haruslah jeli dan melakukan penelitian dan pengecekan beberapa aspek pada masing-masing BP sebelum memberikan Votenya. 

Bagaimana? Apakah Sobat tertarik untuk menjadi BP Vexanium (menambang koin Vexanium) dan mendapatkan pendapatan pasif setiap harinya? Semoga beruntung!

Related articles

Cara Menjadi Blockchain Programmer

Hai Digitalis! Apakah anda ingin menjadi blockchain programmer? Maka anda sudah di jalur yang tepat untuk selangkah lebih maju untuk belajar mengenai sebuah teknologi yang digadang-gadang sebagai teknologi 4.0 ini. Seseorang yang membangun projek menggunakan teknologi blockchain disebut sebagai blockchain developer. Sementara seseorang yang memanfaatkan teknologi blockchain untuk membuat sebuah ekosistem program disebut dengan blockchain […]

harga bitcoin dan kripto

Model Valuasi Kripto yang Tidak Tepat Bisa Membahayakan Industri

  Michael Casey, salah satu pendiri Network Effects Media, penasihat senior untuk Digital Currency Initiative MIT, dan orang dalam industri crypto lama, mengatakan akhir pekan lalu saat wawancara dengan Cheddar bahwa melakukan valuasi aset digital menempatkan seluruh industri kripto dalam bahaya. Baca Juga : Berbagai Cara Melakukan Valuasi atau Penilaian Aset Kripto Menurutnya, model valuasi […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *