Cara Menjual NFT Art / Karya Seni NFT

Industri Web3, blockchain dan NFT sedang booming dikalangan masyarakat. Tidak hanya menjual karya seni atau musik saja. Dokumen, meme, bahkan gif juga laku di NFT. Berdasarkan laporan, penjualan NFT naik drastis pada tahun 2021. Tepatnya di kuartal ketiga tahun itu, naik menjadi $10,7 miliar.

Menggunakan NFT untuk penghasil uang sebenarnya sederhana, namun sulit. Berinvestasi dalam bentuk seni di NFT adalah salah satu caranya. Tetapi, biasanya untuk berinvestasi dalam bentuk seni tersebut membutuhkan modal awal. Contohnya jika anda menginginkan blue chip. Meski demikian, blue chip bisa kembali dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Baca juga : Regulasi NFT di Indonesia

Pilihan lain jika ingin mendapatkan uang di NFT, yaitu menjual hasil karya seni sendiri. Namun perlu diingat, jika anda ingin mendapatkan uang disini. Buatlah konten yang tepat, hingga segi pemasaran yang perlu diperhatikan.

Hal itu akan membuat anda besar di NFT. Jika anda saat ini belum mengerti bagaimana caranya, kami akan beri tahu bocorannya! Meski bocoran ini tidak akan menjamin anda sukses di NFT, namun bisa dijadikan sebagai panduan untuk menjual seni di NFT.

Tahap Pertama dalam Menjual Karya di NFT: Ciptakan Ide yang Lebih Bagus

Dalam NFT, persaingan ketat berlaku untuk menjual hasil karya sebanyak-banyaknya. Setiap hari, banyak konten yang dijual di NFT. Jika anda tidak membawakan konten baru dan unik, kemungkinan besar karya anda tidak akan terjual. Sebagai bocoran pertama, ada beberapa kategori yang muncul paling atas dan paling laku. Berikut juga dijelaskan mengapa kategori tersebut bisa menjadi teratas.

Kategori Seni

Seni merupakan salah satu kategori yang berada di paling atas pada NFT. Tidak hanya paling populer dan banyak beragam konten dari kategori ini, seni juga yang paling mahal. Jika anda mencoba untuk menjual karya dari kategori seni, rencanakan membuat konten yang menarik dan memukau. Perlu diketahui, hampir seluruh artis papan atas dunia melakukan hal itu di NFT.

Salah satu artis terkenal di NFT yang membuat konten kontroversial, Beeple. Dirinya sering kali membuat konten yang mengganggu, bahkan tak jarang menyertakan tokoh politik. Contoh lain dari topik yang diangkatnya dalam NFT adalah komersialisme. Bahkan dirinya pernah menyinggung soal “kehidupan modern yang terobsesi dengan teknologi”.

stefany zefanya NFT

Dari kontennya tersebut, memunculkan banyak minat dan komentar. Tidak hanya dari kalangan pemilik NFT saja, namun di luar itu, mereka ikut berkomentar. Memang tidak akan mudah mengikuti seniman yang paling terkenal di NFT itu. Namun anda bisa mencobanya.

Menjual karya seni di NFT dengan makna, akan lebih mudah. Contohnya, artis FEWOCiOUS, yang berusia 18 tahun, dan merupakan anak dari Christie. Dirinya menjual karyanya dengan menggambarkannya sebagai “cermin ke dalam hatinya”. Namun ada satu karya yang paling terkenal.

Konten itu menggambarkan asuhan yang berperan sebagai transgender didalam rumah tangga yang kasar. Konten itu bahkan mampu menarik hati sanubari yang melihatnya. Ada kelebihan lain dalam kontennya itu, yaitu menampilkan karikatur layaknya mimpi dan hidup. Tidak hanya itu, penggunaan warna yang menarik dan suguhan kisah yang menyayat hati, digadang-gadang mampu memikat hati kolektor dan komunitas seni. Jika anda memiliki cerita dengan makna serupa, bisa mencoba untuk menjualnya di NFT.

Kategori NFT Collectibles

Kategori ini dijual pada NFT layaknya kacang goreng. Ya, kacang goreng, banyak jumlahnya. Kategori ini juga merupakan favorit dalam NFT. Barang koleksi yang dimaksud bisa jadi force, Cool Cats, hingga Bored Ape Yacht Club (BAYC). Barang koleksi ini bisa diartikan sebagai barang terbatas, layaknya baju dari para desainer. Atau bisa disamakan dengan kartu perdagangan dengan edisi terbatas.

Semakin langka barang koleksi, maka harganya semakin tinggi. Begitu pula dari segi asal dan sertifikat yang dimiliki barang koleksi itu. Faktor itu membuat harganya semakin naik. Sebenarnya, komunitas NFT sudah melihat adanya peningkatan besar dalam kategori barang koleksi. Namun ternyata digunakan hanya untuk gambar profil saja. Koleksi yang mereka tampilkan hanya sebagai sarana untuk menyombongkan diri.

Barang koleksi lainnya yang bisa diperjualbelikan: memiliki koleksi sebanyak 10.000, ini pada umumnya. Dengan begitu, hal ini akan memungkinkan suatu komunitas tumbuh dengan sederhana. Misalkan saja, dengan 0,05ETH per potong, anda bisa mendapatkan uang dari 10 proyek yang direncanakan.

Kategori NFT Musik

Musik merupakan salah satu kategori yang diperjualbelikan dalam NFT. Bahkan beberapa selebriti membuat musik sebagai NFT. Sebagai contoh musisi yang membuat musik untuk NFT: Snoop Dogg, Steve Aoki, DJ 3LAU, dan Kanada Grimes. Satu yang membuat tercengang banyak orang.

3lau NFT

Salah satu band rock dari Amerika, King of Leon merilis seluruh album sebagai NFT. Namun ada kemungkinan bahwa dalam pertumbuhan musik di NFT akan terjadi lepas landas di masa depan. Anda perlu mencoba, siapa tahu anda adalah pionir.

Kategori File

Dalam dunia NFT, langit adalah batasan untuk orang menginvestasikan karyanya. Itu artinya, setiap orang berhak menggunakan NFT untuk menjual informasi. Sebagai contoh, sebuah proyek Loot NFT (untuk petualang). Proyek itu terdiri dari “tas” virtual, yang didalamnya terdapat peralatan petualangan virtual yang berbeda. Peralatan itu kemudian menjadi hit, karena menyerahkan kepada masyarakat untuk memutuskan kegunaannya.

File dokumen yang valid dijual dalam NFT antara lain tulisan, buku, bahkan puisi. Contoh kasusnya adalah sebuah tulisan puisi karya Instapoet Arch Hades, dijual dengan harga $70.000.

Kasus lainnya, seorang artis sekaligus penulis bernama Tim Boucher, menjual sebuah buku di NFT. Namun ada yang menyita perhatian, sebuah source code untuk World Wide Web dijual dengan harga $5,4 juta, meskipun dengan kesalahan pemformatan. Di balik itu, ada sebuah fakta mengejutkan. Dokumen digital dari pemenang hadiah Nobel, meraup lebih dari $50.000.

Perlu diingat, bahwa NFT tidak hanya menjual barang digital saja. Namun NFT bisa mewakili hal-hal fisik lainnya. Sebagai contoh, Beeple dengan FEWECiOUS menawarkan salinan fisik karya seni mereka dalam NFT. Yang terkenal, Damien Hirst mengharuskan anda untuk membakar NFT-nya, sebelum anda menerima salinan fisik. Namun ada juga beberapa NFT mode, hadir bersama dengan potongan fisiknya.

Sebuah Tips Menarik untuk Menarik Audiens Kripto

Anda perlu melakukan brainstorming ideas untuk menjual karya seni maupun koleksi anda di NFT. Perhatikan juga hal-hal yang mampu menarik dan menarik audiens kripto.

Simbol dan juga karakter yang terkenal dikalangan komunitas kripto adalah pertaruhan yang baik, bagus, dan aman bagi karya anda. Seperti halnya artis Beeple yang menggunakan simbol Bitcoin pada NFT-nya. Yang termasuk kategori terfavorit lainnya antara lain Anime, Apes, dan Anjing Shiba Inu. Untuk contohnya berupa Waifusion, The Doge Pound, dan Bored Ape Yacht Club.

Daya tarik lain dari NFT di dunia kripto antara lain pergerakan. Dalam hal ini, seseorang akan lebih mudah menjual animasi serta benda bergerak di NFT. Sebagai contoh, XCOPY menjual kategori ini untuk mendapatkan keuntungan. Dalam kontennya sering kali menggunakan warna neon serta efek berkedip.

Contoh lainnya ada proyek dari seseorang bernama Dead Freaks. Menampilkan sesosok vampir dan manusia serigala dengan menggunakan warna-warna yang cerah. Meskipun intensitas penjualan dari pengguna masih rendah dalam kategori ini, namun menjadi hit besar dalam industri NFT. Mungkin anda akan mendapatkan keuntungan dengan menjual gambar bergerak melalui NFT ini!

Akhir-akhir ini, komunitas kripto menyukai meme! Seorang seniman jalanan dari Australia, Lushsux menjadi seniman dengan pendapatan kotor tertinggi di NFT. Hal itu dikarenakan “strategi trolling” dan meme provokatif. Selain itu, pusat NFT yang berada disekeliling meme populer, seperti Rare Pepes, Disaster Girl, Sad Doge, dan Disapproving Kid terjual dengan harga yang lumayan. Apakah anda memiliki meme di lengan? Atau selera humor yang tidak kalah tertandingi? Anda bisa mencoba menjualnya di NFT.

Koleksi NFT Terlaris yang Memiliki Kegunaan

Pada dasarnya, NFT merupakan wadah untuk berinvestasi dan penggunanya tentu ingin mendapatkan manfaat. Umur yang panjang serta kegunaan suatu proyek akan membuat atau justru menghancurkan koleksi pengguna. Untuk itu, hampir seluruh koleksi teratas NFT mengikutsertakan manfaat bagi keanggotaan.

Sebagai contoh BAYC, yang menawarkan kepada anggota untuk bisa mengakses bathroom – sebuah kolaborasi papan graviti dimana pemegangnya bisa melukis apapun yang diinginkan. Contoh lain dari fasilitas yang memberikan manfaat di NFT adalah sebidang tanah di Sandbox, kasino perahu sungai di Decentraland, serta beberapa airdrop NFT.

Demikian pula dengan kegunaan adalah kata kunci pendiri VeeFriends, yaitu Gary Vee. Pemegang tertentu akan mendapatkan akses eksklusif ke Gary, sedangkan fasilitas lainnya banyak gratis di NFT. Ada suatu proyek StonerCats, yang memungkinkan bagi pemegang dapat menonton serial animasi dewasa yang dibintangi Ashton Kutcher, Mila Kunis, serta Jane Fonda.

Pada koleksi teratas NFT, CyberKongz menawarkan token governance. Pada dasarnya, token governance memberikan hak suara kepada pemegang untuk mengembangkan proyek di masa yang akan datang.

NFT dengan Utility In Real Life (IRL)

Kegunaan di NFT tidak hanya sebatas fasilitas virtual, namun banyak proyek yang menawarkan kegunaan di dunia nyata. Sebagai contoh, BAYC yang tahun ini telah merampungkan Ape Fest tahunan untuk kali pertama, lengkap dengan merchandise drop dan juga pesta yacht. Sementara itu, Wealthy Penguin Island Club memberikan akses kepada anggotanya untuk dapat menuju ke kehidupan pulau yang nyata dan hubungan digital nomad.

Namun, pengalaman bukanlah kegunaan yang paling penting yang dapat anda tawarkan. Misalnya, WiV Tech yang menghubungkan NFT ke botol anggur. Paling baru, hal ini mendorong mereka meluncurkan perusahaan Bored Wine, dimana anggota BAYC akan mendapatkan kesempatan untuk berinvestasi dalam botol anggur berkualitas di dunia nyata. Demikian dengan Metacask dan Barrel Fi, keduanya merilis NFT yang mewakili botol Whiskey! Yang terakhir, bahkan menawarkan hak suara kepada pemegang pada penuaan bourbon.

Akhirnya, sebuah perusahaan real estate, yaitu Hypomo, meluncurkan platform yang menghubungkan NFT dengan real estate di kehidupan nyata! Sebelumnya ini sudah dicoba oleh seseorang di Jerman pada tahun lalu, namun tidak berhasil. Namun, kemungkinan anda akan berhasil menjadi orang pertama yang menjual rumah di NFT!

Jangan Meniru CrypoPunk 

Melihat semua koleksi menarik dengan berbagai manfaat memungkinkan anda atau orang lain berpikir: mengapa tidak memilik koleksi NFT teratas, membuat perubahan, dan menjualnya dengan mengganti nama baru? Anda perlu memikirkan lagi! Anda bukan orang pertama yang memikirkan hal itu. Bahkan sangat banyak peniru koleksi, termasuk didalamnya: SolPunks, SolApes, Metal Clad Punks, dan banyak lagi!

Faktanya, koleksi seperti ‘Fast Food Punks’ dan ‘Bored Mummy Waking Up’ memiliki tag “Bored” dan “Punk” yang cukup familiar. Angka menunjukkan dengan jelas bahwa koleksi ini tidak menampilkan karya sebaik yang asli. Sementara untuk CryptoPunks menempati posisi kedua dalam daftar koleksi teratas berdasarkan jumlah penjualan sepanjang masa.

Bahkan FastFood Punks tidak masuk dalam daftar 500 koleksi teratas di DappRadar (data diambil pada saat informasi ini ditulis). Sementara BAYC telah mengumpulkan sebanyak 206,4 ribu ETH dalam volume perdagangan OpenSea. Sedangkan ‘Bored Mummy Waking Up’ hanya berhasil mengumpulkan 3,3 ribu ETH.

Mungkin dapat diakui, menjadi peniru masih mendapatkan keuntungan. Namun perlu diingat: kunci utamanya hanya perlu memunculkan ide unik di NFT, bukan merupakan tiruan dari koleksi teratas yang sudah ada. Jika anda berpikir bahwa pembeli tidak dapat melihat itu penipuan, namun anda hanya membodohi diri sendiri.

Gunakan Hal-hal ini dan NFT Anda akan Menjadi Investasi yang Solid

Seni di NFT anda yang indah tidak bisa terjual, itu bukanlah menjadi suatu masalah. Rahasia untuk sukses? Yaitu menghargai pelanggan anda adalah yang paling penting. Ada beberapa hal yang perlu anda lakukan, untuk memastikan bahwa pembeli melihat NFT anda sebagai investasi yang aman dan menjanjikan.

Langkah pertama, self-doxxing, akan menambah kredibilitas proyek anda. Sementara beberapa orang di NFT lebih memilih untuk anonim, namun hal itu tidak terlalu menarik. Sebagai contoh, lihat apa yang terjadi pada Raccoon Secret Society! Memberi informasi kepada pembeli tentang nama dan latar belakang profesional anda, dapat dengan jelas meningkatkan profit penjualan.

Selanjutnya, hal yang penting adalah situs web menarik dan repsonsif serta dikemas dengan berbagai informasi. Pastikan pada FAQ web anda, menjawab semua pertanyaan yang kemungkinan muncul dari pembeli.

Kemudian, dukung itu semua dengan Roadmap yang super solid. Penjelasan sederhananya, roadmap adalah rencana untuk masa depan, yaitu sesuatu yang dicari oleh para investor. Sebagai gambaran, BAYC memiliki roadmap yang sangat baik, dan sekarang sedang mengerjakan yang kedua.

Yang terakhir, pertimbangkan kekuatan yang akan anda berikan untuk komunitas anda. Mungkin saja anda akan memulai DAO. Ada pilihan bagus lainnya, yaitu dengan melibatkan audiens anda dan mentransfer presentase keuntungan ke dompet komunitas. Selain itu, anda juga dapat menawarkan sebagian dari penjualan atau hak suara kepada pemegang yang aktif.

Sebuah contoh yang bagus adalah koleksi NFT dari The Humanoids. Mereka sudah memberikan dan mendedikasikan sebanyak 15 ETH ke dompet komunitas mereka. Selain itu, CryptoDads juga memiliki roadmap yang sangat baik, juga dompet komunitas khusus. Pada dompet komunitas khusus milik CryptoDads, seluruh dana dikuasai oleh masyarakat.

Sebisa Mungkin Tidak Mengabaikan Promosi

Bayangkan jika anda memiliki NFT yang sempurna, situs web, kegunaan, dan bahkan roadmap. Sebelum anda memulai menjual NFT, anda harus melakukan promosi. Sebenarnya, ada beberapa macam metode untuk melakukan promosi. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mempromosikan NFT anda seperti layaknya seseorang yang sudah profesional:

Anggap Sosial Media Adalah Teman Anda

Memiliki akun media sosial sangat penting untuk segala bisnis apapun. Untuk itu, NFT anda harus memiliki media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest, dan yang lainnya.

Dan jangan lupa, tautkan semua profil media sosial di situs web anda, jika anda ingin semua audiens memperhatikan kepunyaan anda. Selain itu, anda perlu bergabung dengan grup khusus NFT di media sosial. Hal ini akan meningkatkan keterlibatan anda dalam komunitas secara besar-besaran. Bahkan anda mungkin mendapatkan teman baru!

Perlu anda ketahui, kebanyakan komunitas NFT banyak muncul di Discord, Twitter, Clubhouse, dan juga Telegram. Tidak seperti di Clubhouse, sosial media Twitter menyediakan space berbicara secara real-time kepada anggota komunitas.

Sering terjadi, para influencer dan artis NFT mengadakan sesi yang dapat diikuti oleh anda atau anggota komunitas yang lain. Bahkan dalam sesi itu, anda dan yang lainnya dapat meminta untuk ikut berbicara! Hal ini adalah cara yang sangat bagus untuk ikut mempromosikan koleksi anda kepada orang lain.

Temukan Orang atau Pers dengan Pengaruh yang Lebih dari pada Anda

Mintalah seseorang untuk mengulas anda! Ada banyak artis, influencer, bahkan blogger kripto di NFT yang ramah dan melakukan dengan senang hati untuk mempromosikan koleksi anda dengan bayaran atau imbalan apapun. Bayangkan seorang Paris Hilton atau Elijah Wood dengan meriah mempromosikan NFT anda! Begitulah kiranya anda menjual NFT dengan melibatkan sosial media.

Cara lain yang dapat anda lakukan adalah menyewa discord dan reddit shillers. Jangan pikirkan siapa yang akan anda pekerjakan. Karena ada Dm yang tidak diminta, tidak disukai, dan bahkan banyak yang bosan dengan shill culture yang tidak berhenti.

Tanpa biaya pengeluaran, anda juga memungkinkan mendapatkan pers yang gratis. Karena banyak perusahaan media kripto yang menyambut siaran pers.

Hal itu memungkinkan mereka menjalankan cerita anda secara gratis! Di NFTevening, menerima banyak berita seperti itu. Disana anda selalu dapat mencoba keberuntungan dengan mengirimkan kepada mereka. Selain itu, pastikan untuk tidak lupa menambahkan acara ke kalender NFTevening – gratis lho!

Merasa Sedikit Curang? Kami tidak akan Memberi Tahu (Kemungkinan)

Untuk yang terakhir, atau mungkin merupakan metode yang paling tidak etis: adalah pemasaran gerilya. Sangat mudah bagi seseorang untuk mengirim NFT ke doxxed wallet dan menjadi terkenal.

Transparansi pada blockchain dapat diartikan bahwa semua orang dapat melihat NFT anda, sehingga promosi gratis akan anda dapatkan dengannya. Namun, metode NFT ini tidak lagi muncul dalam OpenSea. Ditambah, Vitalik Buterin yang terkenal itu menentangnya, sehingga kami tidak merekomendasikannya.

Sebelum Anda Menjual NFT: Begini Cara Minting Bekerja

Sekarang, yang perlu anda lakukan adalah memilih metode pencetakan. Sebagian besar proyek mengadakan pre-sale untuk pendukung awal sebelum pencetakan uang publik.

Jadi, bagaimana seharusnya anda memastikan distribusi yang adil dan mencegah hal itu tidak berakhir dengan beberapa crypto whales? Disini ada beberapa metode.

Tiket NFT Mint dan Whitelist

Hal pertama, ada tiket mint. Tiket mint adalah NFT yang terpisah atau bisa juga disebut tiket digital. Hal ini memungkinkan pemiliknya melakukan penjualan. Tiket ini dibuat, biasanya dengan persediaan yang pendek atau sedikit.

Semua itu bertujuan agar jumlah orang yang memiliki akses ke penjualan dibatasi. Ditambah, ini mengejutkan transaksi, yang memiliki arti tidak ada kenaikan gas fee seperti beberapa peluncuran lainnya, yaitu Stoner Cats.

Metode selanjutnya adalah dengan membuat whitelist. Sehingga hanya butuh beberapa orang terpilih yang dapat mengakses ke pre-sale. Jika anda memutuskan untuk memilih whitelist, anda perlu membuat kriteria untuk memilih siapa yang akan membuatnya. Namun beberapa proyek memberikan secara acak kepada pengikut yang menyukai dan membagikan kiriman.

Ada metode lainnya, yaitu dengan meminta anggota komunitas untuk naik ke level 4 pada Discord server mereka. Sebenarnya, metode ini dapat menjadi bagus karena memaksa calon pembeli anda untuk berinteraksi satu sama lain. Ditambah lagi, hal itu akan membuat komunitas anda menjadi lebih aktf.

Beberapa yang lain, seperti Metaverse tidak memiliki whitelist atau pre-sale. Bahkan salah satu yang lain, Neo Tokyo Identities misalnya, sama sekali tidak mengadakan pre-sale. Faktanya, hanya orang-orang yang berada di whitelist yang diizinkan untuk pencetakan. Ditambah lagi, untuk masuk ke whitelist, orang-orang harus memecahkan teka-teki dan rahasia.

Reveal atau Tidak ?

Anda dapat menyatakan sebelum peluncuran, untuk memberi tahu orang-orang tentang apa yang akan mereka beli. Namun, hal ini tentu beresiko. Beberapa proyek dapat menjadi contohnya, seperti The Iconics dan Raccoon Secret Society, yang menggunakan pernyataan untuk menjebak para pembeli ke dalam rugpull.

Contoh yang lain, seperti Metaverse, yang menampilkan karya akhir mengecewakan bahkan terlalu mirip. Meskipun menciptakan buzz, akhir-akhir ini orang-orang lebih waspada terhadap pernyataan sebelum mereka menjual.

Setelah perencaan untuk pencetakan anda selesai dan sudah dibersihkan, kini saatnya untuk anda membuat NFT. Hal yang perlu dilakukan kali ini adalah menyiapkan beberapa cryptocurrency dan dompet kripto yang bisa terhubung ke pasar NFT pilihan anda.

Setelahnya, anda dapat mengunggah file dengan memberikan detail seperti nama, deskripsi, properti, dan yang lainnya. Untuk mendapatkan tampilan yang lebih mendalam dalam membuat NFT, anda dapat melihat panduan terperinci kami, tentang cara membuat seni di NFT.

Dalam Menjual NFT, Selalu Memilih Marketplace yang Tepat

Sekarang ini, sudah banyak marketplace terbentuk namun masing-masing memiliki kegunaan tertentu. Misalnya NFT musik, terutama tindakan yang sudah ditandatangani, memiliki angka penjualan lebih tinggi pada pasar yang berfokus pada musik, seperti Katalog dan Async Music. Kemudian ada OneOf, dimana itu adalah pilihan pertama artis yang memiliki banyak pengikut.

Demikian dengan pasar yang dikurasikan, seperti SuperRare atau Foundation adalah yang terbaik dari 1/1 karya seni. Sementara artis pertama yang membanggakan seperti Hackatao dan FEWOCiOUS, pembawa acara terakhir yang bekerja oleh Shawna X, Nicolas Sassoon, dan Pussy Riot. Sebenarnya, pasar seperti ini juga bagus untuk seniman berbakat yang belum terkenal. Seperti FEWOCiOUS yang meneteskan karir untuk pertama kali melalui SuperRare!

Di sisi lain, ada karya selebritas atau bintang yang mainstream paling laku terjual di Nifty Gateway. Beberapa artis lainnya yang telah menjatuhkan NFT nya di paltform antara lain Paris Hilton, Steve Aoki, Eminem, dan Calvin Harris. Jika anda sudah memiliki pengikut, coba pertimbangkan untuk meninggalkan pekerjaan anda disana!

Cara Menjual NFT di Marketplace: Tahap Demi Tahap

Setelah anda membuat NFT, maka itu akan muncul sebagai profil NFT anda. Jika anda menggunakan Rarible, anda bisa mencetaknya pada saat membuat NFT itu sendiri. Jika anda tidak menggunakan Rarible, berikut adalah langkah-langkah untuk menjual karya seni dan koleksi NFT anda di OpenSea (prosesnya akan berbeda dari satu marketplace ke marketplace lainnya).

  • Pertama, pilih NFT yang akan anda jual dari profil anda sendiri. Kemudian klik “jual” dibagian kanan atas.
  • Pada halaman daftar yang terbuka, anda dapat memilih jenis penjualan dari koleksi anda dan harganya. Anda dapat menjualnya dengan harga yang sudah ditetapkan atau dengan cara lelang. Anda juga dapat memesannya untuk pembeli tertentu.
  • Kemudian pilih durasi penjualan koleksi anda.
  • Jika ini merupakan penjualan pertama anda, anda harus menginisialisasi dompet anda.
  • Konfirmasi penjualan anda. NFT pertama anda telah siap dijual!

Setelah Berhasil Menjual NFT, Bagaimana Caranya Menjaga agar Komunitas Bisa Tetap Hidup?

Ini belum berakhir setelah anda mendaftarkan diri di NFT. Untuk mendapatkan nilai tambah pada NFT anda, hal yang harus dilakukan adalah terus menerus melakukan promosi. Agar komunitas terus berjalan.

Salah satu caranya untuk membuat komunitas tetap berjalan adalah dengan berkolaborasi. Kolaborasi dilakukan dengan koleksi lain, hal ini untuk menciptakan pengalaman yang unik. Sebagai contoh, Galaxy Fight Club telah bermitra dengan Cyberkongz, Iiuvium, Animetas, Wicked Craniums, dan masih banyak lagi.

Hal itu dilakukan supaya memungkinkan pemain menggunakan karakter lain guna bertarung dalam game. Anda juga dapat melakukan koleksi silang. Sebagai contoh artis NFT Sabet yang telah merilis NFT yang ber-cross-over dengan BAYC.

Misalnya Gary Vee telah mengambil pendekatan unik yaitu program pre-launch (PLP). Pada program ini, Gary Vee memberikan akses proyek baru ke pengikut media sosialnya serta pemegang VF, dengan imbalan sebesar 555 token. Token ini kemudian akan dikirimkan ke pemegang VF.

Bermitra di Luar Industri NFT

Kemitraan yang akan anda bangun tidak hanya sebatas dengan perusahaan NFT saja. Misalnya, Wicked Craniums telah melakukan kolaborasi dengan Skullcandy untuk membuat 25 headphone edisi terbatas untuk pemegang cranium.

Di sisi lain, anda bisa bermitra dengan berbagai organisasi amal, yang kini semakin disukai komunitas tersebut. Contohnya, Craniums yang merilis koleksi baru dengan SandclockOrg untuk kegiatan amal.

Di sisi lain, anda dapat melisensikan karakter lain yang sudah terkenal untuk merilis NFT. Yang kemungkinan besar akan menarik lebih banyan perhatian pembeli. Contohnya adalah koleksi Disney VeVe serta paket Doctor Who NFT. Namun, tentu anda harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak untuk dapat melisensikan koleksi tersebut.

Kesimpulannya, ada banyak cara untuk membuat dan menjual karya seni, barang koleksi, dan lainnya di NFT. Namun, suksesnya pemilik NFT tergantung dari apa yang dirinya buat dan bagaimana cara memasarkannya. Selain itu, karena pasar semakin hari semakin tumbuh, maka penggerak awal yang akan mendapatkan keuntungan lebih banyak. Sehingga, bersiaplah untuk berpikir dan persiapkan diri untuk menjual di NFT!

 

Informasi lainnya tentang NFT

Cara Membaca Smart Contract Ethereum Sebelum Membeli NFT

 

Tools & Strategi Jual Beli NFT di Opensea : Analytics, Automation, Sniping