CEO Agoric Menjelaskan Bagaimana Agoric Bisa Mengimprove Smart Contract dengan Java Script

Dean Tribble, Chief Executive Officer dari Agoric, naik ke panggung di acara Cosmoverse untuk membagikan wawasannya tentang evolusi pengembangan perangkat lunak. Fokus dari presentasinya adalah dampak signifikan dari JavaScript dan prospek menarik dengan diperkenalkannya kontrak pintar (smart contracts) dalam dunia modern.

Agoric adalah platform kontrak pintar berbasis blockchain. Ini memungkinkan pengembang untuk membangun, mendeploy, dan mengoperasikan aplikasi terdesentralisasi (Dapps), token non-fungible (NFT), dan pasar keuangan terdesentralisasi (DeFi) menggunakan JavaScript, bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan.

Agoric menyediakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi para pengembang untuk membuat Dapps, NFT, dan pasar DeFi yang canggih tanpa perlu memulai dari awal. Model pemrograman Agoric memungkinkan penciptaan perpustakaan standar kriptoekonomi dengan komposabilitas yang sama yang akan mendorong pertumbuhan ekosistem Node.js, React.js, dan ekosistem JavaScript lainnya.

JavaScript adalah bahasa pemrograman komputer yang dinamis yang ringan dan paling umum digunakan sebagai bagian dari halaman web, memungkinkan skrip sisi klien (client-side scripts) untuk berinteraksi dengan pengguna dan membuat halaman yang dinamis. Ini adalah bahasa skrip yang memungkinkan penciptaan dan pengendalian konten yang diperbarui secara dinamis, multimedia, dan fitur interaktif pada halaman web.

 

JavaScript pada tahun 1980-an

Dean memulai presentasinya dengan melacak akar visi mereka, yang bermula pada tahun 1980-an ketika jaringan mulai tersedia secara luas. Visi tersebut berkaitan dengan penciptaan perangkat lunak yang memungkinkan orang asing untuk bekerja sama dengan menegakkan syarat-syarat perjanjian yang mereka buat.

Konsep ini mendapatkan perhatian selama bertahun-tahun, mengarah pada produksi smart contract pertama pada tahun ’80-an dan upaya kolaboratif dengan Nick Szabo pada tahun ’90-an. Perjalanan ini berlanjut pada tahun 2000 dengan keterlibatan mereka dalam komite standar JavaScript dan pada tahun 2018 ketika mereka mendirikan Agoric untuk membangun platform untuk visi ini.

Mengapa Agoric

Menurut Dean, platform Agoric lebih dari sekadar kumpulan kontrak; ini adalah ekosistem dinamis dengan berbagai elemen seperti AMM, protokol peminjaman, dan penjualan tiket. Fokusnya adalah memungkinkan kerja sama di antara orang asing dalam ekonomi lebih luas, menciptakan peluang berlimpah bagi para pengembang.

Dean menekankan awal perjalanan Agoric dengan platform smart contract yang dapat diprogram, umum. Dibangun di atas Cosmos SDK dan Comet, ini memungkinkan pengembang menulis smart contract dalam JavaScript, memanfaatkan kerangka kerja komponen modern yang mirip dengan React atau Vue. Platform ini memfasilitasi interoperabilitas dengan aset di beberapa rantai, menjadikannya berbeda dari blockchain lainnya.

Bagi pengembang JavaScript, platform Agoric menawarkan lingkungan yang akrab. Dean menyoroti tujuan menarik perhatian pengembang JavaScript web3 dan web2, mencatat nilai unik yang dibawa Agoric dalam hal kepemilikan aset, transfer, dan kerja sama.

Eksekusi yang bersifat deterministik, dan sistem data

Dean juga mendalami aspek teknis, menyebut fitur-fitur seperti eksekusi yang bersifat deterministik, restart titik kontrol, dan penyimpanan data. Dia juga memperkenalkan kerangka kerja Zoe, yang menyediakan lingkungan untuk membangun komponen yang dapat digunakan kembali, mirip dengan Node Package Manager untuk JavaScript.

Node Package Manager adalah manajer paket yang digunakan dengan bahasa pemrograman JavaScript, terutama digunakan dengan lingkungan runtime Node.js. Ini dipelihara oleh npm, Inc. dan disertakan sebagai fitur yang direkomendasikan dalam installer Node.js.

NPM memungkinkan pengembang untuk dengan mudah mengelola dan menginstal paket atau modul untuk proyek Node.js mereka. Ini ditulis sepenuhnya dalam JavaScript dan dikembangkan oleh Isaac Z. Schlueter, dan awalnya dirilis pada Januari 2010.

Dean juga mengungkapkan integrasi ekonomi Agoric, kemitraan dengan layanan penitipan, platform perdagangan, dan jembatan yang menghubungkan berbagai jaringan blockchain. Presentasi ini menyoroti berbagai aplikasi yang dibangun di Agoric, termasuk Crable untuk peminjaman NFT, dan Calypso untuk perdagangan antar rantai.

Masa depan Saat Agoric bergerak dari fase peluncuran ke tahap penskalaan, dia menyebutkan bahwa fokusnya juga akan pada IST (Inter Stable Token), token stabil yang merupakan bagian intrinsik dari tokenomika Agoric.