Christine Lagarde Mengundang Publik Berkomentar Tentang Euro CBDC

gambar kucing sedan makan

Pada thread Twitter di hari Minggu, 1 November, Christine Lagarde, mantan Managing Director IMF dan Presiden dari European Central Bank saat ini, mengundang komentar publik tentang potensi CBDC di zone euro. Di dalam video yang terdapat di thread tersebut, Lagarde mengatakan bahwa hal tersebut masih dalam tahap review dan konsiderasi namun ECB baru saja meluncurkan public consultation sehingga konsumen dapat dengan leluasa mengekspresikan preferensi mereka dan memberitahu apakah mereka nyaman menggunakan digital euro dengan cara yang sama ketika mereka menggunakan koin Euro ataupun cek Euro karena dalam kedua ornamen tersebut konsumen sudah mengetahui yang tersebut merupakan uang yang disediakan oleh bank sentral dan dapat mereka andalkan.

Komentar tentang kemungkinan CBDC merupakan bagian dari rangkaian refleksi yang lebih besar tentang apa yang digambarkan Lagarde sebagai “tahun yang sulit”. Salah satu topik yang didiskusikan adalah dampak dari virus Corona dan bagaimana ECB meresponnya, pentingnya memeriksa bagaimana kebijakan bank dapat mengatasi perubahan iklim dan bagaimana cryptocurrency menjadi pilihan yang lebih baik bagi penduduk Eropa dengan gaya hidup yang lebih modern.

Lagarde juga menambahkan bahwa sejak penduduk Eropa yang beralih ke cara digital meningkat secara signifikan dalam hal mengeluarkan, menyimpan dan menginvestasikan uang mereka maka ECB perlu bersiap-siap untuk menerbitkan euro digital jika dibutuhkan.

Dalam interview sebelumnya, Lagarde bersama Reuters, disebutkan bahwa ECB sudah memiliki roadmap untuk lebih serius mempelajari CBDC di 2021. Selain itu, bank sentral di seluruh dunia sedang mengambil langkah-langkah eksplorasi secara berhati-hati untuk menerbitkan CBDC. Thread twitter tersebut juga memiliki link yang menghubungkan pembaca ke survey form dimana para pemimpin perbankan mengundang para penduduk Eropa untuk membagikan pendapat mereka.

 

Berita lainnya tentang mata uang digital bank sentral

Kenapa Indonesia Membutuhkan Rupiah Digital

 

Sidang Senat Melihat Dolar Digital sebagai Alat Supremasi Ekonomi

 

Related articles

berita blockchain cbdc

Strategy Blockchain Jerman Untuk Menghancurkan Proyek Private Stablecoin

Dalam upaya untuk membuat hal yang mustahil bagi perusahaan swasta untuk membuat cryptocurrency mereka sendiri, pemerintah Jerman telah menerapkan blockchain strategy yang komprehensif menurut laporan dari Reuters pada 18 September 2019 Pendekatan ini bertujuan untuk menegakkan kedaulatan bangsa dan melindungi konsumen dari risiko yang terkait dengan teknologi baru.   Tidak Ada Tempat untuk Libra di […]

Kenapa Indonesia Membutuhkan Rupiah Digital

Kebanyakan perilaku dari pemerintahan yang kita lihat sekarang adalah pemerintah banyak meng-outsource implementasi berbagai aktivitas kepada sektor swasta, misalnya untuk sektor finansial kepada bank, lalu pemerintah melakukan enforcement regulasi dan kebijakan, yang mana dilakukan secara manual dan memakan waktu. Tetapi ketika pemerintah menempatkan rupiah di dalam blockchain, maka rupiah ini bisa menjadi mata uang yang […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *