Cold Wallet Terbaik untuk Menyimpan Cryptocurrency

Hai Digitalis!

Jika anda sudah berkecimpung di dunia blockchain atau cryptocurrency, pasti anda pernah mendengar istilah hot wallet dan cold wallet. Hot wallet dan cold wallet merupakan 2 jenis dompet digital untuk menyimpan cryptocurrency atau aset digital anda.

Hot wallet merupakan jenis dompet digital yang sifatnya digital, jadi cryptocurrency anda akan di simpan dalam bentuk digital yang tidak membutuhkan medium berbentuk fisik, sementara cold wallet merupakan jenis dompet digital yang memiliki bentuk perangkat fisik.

Kedua dompet digital ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, artikel ini akan sedikit membahas kelebihan dan kekurangan cold wallet.

Salah satu manfaat terbesar yang diberikan cold wallet adalah Anda dapat membawa aset digital anda ke mana pun Anda pergi. Hal ini memungkinkan tingkat keamanan yang lebih besar dibandingkan dengan hot wallet, sehingga memungkinkan adanya kenyamanan dan keleluasaan saat mentransfer atau sekadar membawanya.

Sementara itu, kelemahan dari cold wallet adalah harga perangkat cold wallet yang cenderung mahal. Harga umum untuk cold wallet adalah sekitar $ 100 USD – tergantung pada seberapa canggih dan variatif jenis crypto yang bisa ditampung dalam perangkat tersebut.

Berikut adalah 3 cold wallet yang bisa anda pertimbangkan:

1. Trezor

Trezor merupakan cold wallet pertama yang pernah dibuat. Sejak diluncurkan pada tahun 2013, Trezor dinilai sebagai salah satu perangkat fisik yang paling aman untuk menyimpan aset digital.

Trezor memiliki ukuran yang cukup kecil dengan bentuk yang minimalis, sehingga membuatnya mudah untuk dibawa-bawa. Perusahaan pembuat Trezor terus memperbarui perangkat keras mereka untuk menjaga tingkat keamanan perangkat ini sebaik mungkin.

Trezor dijual seharga $99 USD. Semua hal dipertimbangkan, ini jelas merupakan rasio harga dan kualitas yang sesuai.

2. Ledger Nano S

Ledger Nano S dinilai sebagai pesaing utama Trezor, perangkat ini adalah alternatif yang bagus bagi siapa pun yang ingin meningkatkan cara penyimpanan kripto mereka.

Salah satu pujian utama yang diterima Ledger adalah kemiripannya dengan Trezor dalam segi fungsionalitas, namun memiliki harga yang jauh lebih murah.

Ledger Nano S saat ini dijual sekitar $80 USD. Namun, dengan harga tersebut Ledger Nano S sudah bisa disandingkan dengan kompetitor utamanya, yaitu Trezor.

3. KeepKey

KeepKey memiliki reputasi sebagai cold wallet yang paling modis dibandingkan dengan cold wallet lainnya. Walaupun KeepKey masih berusia sangat muda, namun KeepKey sudah memiliki banyak penggemar dan pengguna yang mempercayakan aset digitalnya kepada KeepKey.

KeepKey dijual dengan harga $ 129 USD. Dengan harga yang lebih mahal dibandingkan 2 sebelumnya, KeepKey menawarkan beberapa fungsi dan fitur tambahan yang tidak dimiliki Trezor dan Ledger.

Konklusi

Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk menentukan cold wallet yang sesuai dengan anda. Jika Anda memutuskan untuk membeli cold wallet, jangan ragu untuk melakukan riset lebih lanjut di internet sebelumnya, mungkin Anda akan menemukan cold wallet lain yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Related articles

Block Community Medan : Memahami Perkembangan Blockchain di Indonesia

Blockchain lahir sebagai salah satu sistem yang mulai banyak diperbincangkan karena memiliki karakteristik teknologi desentralisasi. Perkembangannya pun makin dirasakan oleh beragam kalangan di Indonesia karena mempermudah bisnis hingga kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu demi memperkaya pemahaman tentang Blockchain, Block Community mempertemukan pakar dalam bidang Aset Kripto dengan para pecinta Blockchain dan Aset Kripto untuk berkumpul, […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *