Craig Wright Dapatkan Hak Cipta Whitepaper dan Kode Original Bitcoin

Pada 20 Mei 2019 yang lalu, Craig Wright mendapatkan hak cipta buku putih (whitepaper) dan kode original pemrograman bitcoin. Setelah mengaku sebagai pencipta dari bitcoin dengan nama samaran Satoshi Nakamoto sejak tahun 2015, Wright terus berupaya membuktikan klaim dan pernyataannya tersebut, salah satunya adalah dengan mendaftarkan dirinya untuk mendapatkan hak cipta dari bitcoin.

Berdasarkan situs resmi kantor Hak Cipta Amerika Serikat, klaim Wright telah didaftarkan pada 20 Mei. Kantor Hak Cipta memberi Wright dua hak cipta, yang pertama adalah untuk buku putih berjudul “Bitcoin: Sistem Uang Elektronik Peer-to-Peer,” dan yang lainnya untuk “Bitcoin,” kode original cryptocurrency.

“Secara hukum, sekarang Wright ditetapkan sebagai pencipta Bitcoin setelah kecewa melihat desain Bitcoin aslinya diganggu oleh kelompok pengembang protokol lainnya, pertama oleh Bitcoin Core (BTC) pada 2017 lalu dan kemudian oleh pengembang Bitcoin Cash (BCH) pada 2018,” disampaikan oleh situs berita Wright-simpatik CoinGeek.

Namun, hal ini belum membuktikan secara utuh dan pasti bahwa Wright adalah Satoshi Nakamoto yang asli. Hal ini dikarenakan Jerry Brito, direktur eksekutif di CoinCentral, mengatakan bahwa siapa pun dapat mendaftarkan hak cipta ke kantor Hak Cipta Amerika Serikat. Orang yang mau mendaftarkan hak cipta hanya perlu mengisi formulir pengajuan hak cipta dan kantor Hak Cipta tersebut tidak akan menyelidiki validitas klaim yang diajukan.

Selain semua orang bisa mendaftarkan hak cipta dengan mudah, konsekuensi yang didapatkan oleh seseorang yang melakukan pelaporan palsu sangatlah kecil. Denda yang akan dikenakan untuk pelaporan palsu adalah sebesar $2500 atau sekitar Rp 36.000.000 dan selama ini belum pernah ada pelaporan yang dianggap palsu oleh kantor Hak Cipta Amerika Serikat.

Klaim hak cipta dari Wright ini membuat nilai Bitcoin Satoshi Vision (BSV) naik hingga 90% lebih di pasar perdagangan cryptocurrency, menurut Coinmarketcap. Hal ini menyebabkan kapitalisasi BSV menjadi sebesar $2 miliar dan berhasil melewati nilai Monero dan Tron.

 

Baca juga informasi lainnya tentang Bitcoin :

 

Cara Trading Bitcoin & Crypto – Hal Hal Penting Yang Perlu Anda Tahu

 

Apa Itu Bitcoin dan Cryptocurrency ? Berikut Quote dari Para Ahli

Related articles

blockchain bank dunia

Melalui Blockchain World Bank Mengumpulkan $33 Juta Untuk Obligasi Kangaroo

Bank Dunia atau World Bank mengumumkan pada 16 Agustus 2019 bahwa mereka sudah mengumpulkan tambahan dana atau melakukan fundraising sebesar $ 50 juta (lebih dari $ 33 juta) untuk kepentingan Kangaroo Bond yang jatuh tempo pada Agustus 2020, melalui teknologi blockchain. Bank dunia mengklaim bahwa ini merupakan inovasi pertama yang telah dibuat, dialokasikan, ditransfer dan […]

CEO Binance, Changpeng Zhao telah Mempertimbangkan Keputusan untuk Mencabut BSV

Pendiri sekaligus CEO utama dari cryptocurrency exchange, Binace, Changpeng Zhao memperingatkan bahwa dia akan menghapuskan Bitcoin Satoshi Vision (BSV) jika –sang penemu Altcoin –Craig Wright tidak bertindak akan tweet yang dipostnya pada 11 April.   Komunitas memberikan reaksi terhadap peringatan Zhao dengan cara meminta berbagai exchange untuk menghilangkan BSV juga melalui hashtag #DelistBSV. Tweet tersebut […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *