Menanggapi Lonjakan DApps Decentralized Finance di Kalangan Professional Trader

decentralized finance

Mengapa hampir seperlima dari pasokan Dai terkunci di Compound?

Keuangan yang terdesentralisasi atau decentralized finance bisa disebut baru dimulai, tetapi hal ini tidak luput dari perhatian pro traders. Peningkatan pesat Compound Finance menunjukkan bahwa aplikasi pinjaman telah menjadi titik fokus untuk strategi trading yang canggih, yang mengeksploitasi peluang arbitrase pada DeFi dApps di seluruh ekosistem Ethereum.

Seperti yang ditunjukkan grafik di bawah ini, lebih dari 11.600 unique adress telah berinteraksi dengan Compound tahun ini. Itu jauh lebih besar daripada aplikasi DeFi lainnya, termasuk protokol maker yang hanya memiliki 3.300 new address. Dapat di lihat berdasarkan angka-angka dibawah ini, aplikasi DeFi berbasis Ethereum. Compound saat ini memiliki market share sampai 65% dari seluruh decentralized finance Ethereum.

Unique address merepresentasikan tujuan sebagai blockchain paymen . Sebagian besar adalah single user, yang biasanya menghasilkan address baru untuk setiap transaksi. Ini adalah indikasi kuat dari popularitas decentralized apps, semakin banyak wallet yang berinteraksi dengan sebuah aplikasi yang spesifik, akan semakin populer bagi pengguna Ethereum.

Baca juga : Apa itu Decentralized Apps ?

Compound protocol membuat setiap orang bisa meminjam atau mendapatkan bunga dari aset berbasis Ethereum, seperti Ether atau Dai – tanpa perlu percaya dengan pihak lainnya. Pemberi pinjaman memberikan supply aset ke liquidity pool, yang dipinjamkan ke peminjam / borrower – suku bunga dihitung secara algoritmik berdasarkan penawaran dan permintaan. Protokol dapat diakses melalui berbagai interface, termasuk Coinbase dan Huobi wallet.

 

Siapa yang benar-benar menggunakan DeFi dApps?

Maker masih merupakan salah satu tujuan paling populer untuk cryptoassets. Ether senilai $ 292 juta saat ini dimiliki sebagai jaminan dalam protokol ini, yang berarti Maker menyumbang lebih dari setengah dari semua nilai yang dikunci dalam DeFi dApps. Aset sebesar $ 115,5 juta disimpan dalam Compound Smart Contracts, pada saat penulisan.

Dengan masa depan Altcoin masih tidak pasti, banyak pemegang ETH telah membuat CDP Maker (Collateraized Debt Position – artinya meminjam USD yang nilainya tetap dengan jaminan Ether yang harganya sering turun) untuk merealisasikan nilai kepemilikan mereka sementara pada akhirnya tetap memegang kendali Ether mereka. Tetapi pemegang kontrak membayar biaya stabilitas sampai mereka me-redeem jaminan Ethernya, jadi meminjamkan DAI ke liquidity pool dari compound bisa memurunkan overhead dari holder jangka panjang.

Tapi seperti grafik TokenAnalyst di atas, beberapa pengguna menggunakan DeFi untuk strategi trading yang canggih.

Ini termasuk arbitrase antara aplikasi desentralized yang berbeda, dan mengeksploitasi perbedaan harga antara cDai dan cUSDC, yang dikeluarkan kepada pemberi pinjaman compound sebagai bunga. Tujuan onchain paling populer untuk peminjam Dai skala besar adalah exchange dYdX, yang mengatakan use case utama dari meminjam Dai adalah : trading dengan margin,”

Segera setelah Compound diupgrade ke versi 2, akan ada kenaikan jumlah Dai yang ditahan di Compound, dari terendah triwulanan 995.000 pada 25 Juli, sekarang ada lebih dari 16 juta Dai di compund : hampir seperlima dari semua Dai yang beredar.

Data dari TokenAnalyst menunjukkan bahwa jumlah wallet yang berinteraksi dengan Compound meningkat dari 1195 pada peluncuran Versi Dua, menjadi lebih dari 6.700 pada bulan Agustus. Sejak itu, angka tersebut telah turun kembali ke 2.750, menurut beberapa konsolidasi di antara pemegang token yang lebih besar.

Hal yang sama berlaku untuk Ether. Meskipun penurunan tajam selama akhir pekan, jumlah ETH yang disimpan di Compound telah lebih dari empat kali lipat sejak akhir Juli.

Peningkatan tajam dalam deposito Compound menunjukkan lonjakan penggunaan untuk aplikasi DeFi, tetapi kasus penggunaan terbesar adalah trading dan arbitrase. Keuangan Terdesentralisasi mungkin masih merupakan industri yang baru lahir, tetapi jumlahnya berbicara sendiri.

sumber : cryptobriefing

 

Info lainnya tentang crypto :

Apa itu Dominasi Bitcoin?

Kesalahpahaman Terbesar Mengenai Bitcoin

 

Related articles

Craig Wright Dapatkan Hak Cipta Whitepaper dan Kode Original Bitcoin

Pada 20 Mei 2019 yang lalu, Craig Wright mendapatkan hak cipta buku putih (whitepaper) dan kode original pemrograman bitcoin. Setelah mengaku sebagai pencipta dari bitcoin dengan nama samaran Satoshi Nakamoto sejak tahun 2015, Wright terus berupaya membuktikan klaim dan pernyataannya tersebut, salah satunya adalah dengan mendaftarkan dirinya untuk mendapatkan hak cipta dari bitcoin. Berdasarkan situs resmi […]

mata uang digital bank sentral

Apa Saja Negara Yang Mengkaji Central Bank Digital Currency (CBDC) ?

Mata uang digital China sedang ditunggu-tunggu. Apakah Iran atau AS yang akan menjadi negara selanjutnya meluncurkan digital currency? Dan mengapa ekonomi dunia yang paling kuat berada di tengah-tengah? China akan memberikan dukungan terhadap digital currency yang dikeluarkan oleh bank sentral China. Namun, meskipun hal ini mungkin menjadi yang pertama dari ekonomi utama yang meluncurkan crypto […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *