Dapps Incentive Program Vexanium Menarik Perhatian Developers Aplikasi Blockchain asal Indonesia

by: Khansa Olivia

Di tahun 2019, Vexanium berhasil meluncurkan mainnet mereka sendiri yang memungkinkan para developers blockchain untuk membuat kontrak pintar (smart contracts) dan Dapps (Aplikasi Terdesentralisasi / decentralized applications) menggunakan blockchain Vexanium. Vexanium menggunakan salah satu teknologi blockchain paling terdepan saat ini. Dengan algoritma konsensus Delegated Proof of Stake (DPoS), Vexanium menyediakan teknologi blockchain untuk pengembangan Dapps yang memiliki skalabilitas tanpa batas, memiliki kinerja yang canggih, tidak memerlukan adanya perizinan akses, dan bebas biaya transaksi.

Berangkat dari hal tersebut, Vexanium kemudian membuat suatu program untuk para developers yang tertarik untuk membuat Dapps di blockchain Vexanium. Program bertajuk Dapps Incentive Program 2019 ini bertujuan untuk mendorong dan mengapresiasi para developers yang telah membuat smart contracts dan dapps (decentralized applications) di mainnet Vexanium, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat luas mengenai fungsi dan keuntungan dari penggunaan blockchain Vexanium. Semua developers di seluruh dunia dapat berpartisipasi dalam program ini.

Vexanium baru saja menyelesaikan Dapps Incentive Program 2019 fase pertama di bulan Desember lalu. Fase pertama ini berlangsung dari 13 November sampai dengan 31 Desember 2019. Vexanium memberikan insentif untuk setiap Dapps yang dibuat dan dikembangkan di blockchain Vexanium. Total insentif Dapps untuk fase pertama ini adalah 2.000.000 VEX. Setiap Dapps yang dibuat dan diajukan akan dinilai oleh tim teknis Vexanium dan akan diberikan sejumlah insentif sesuai dengan kategori kelas yang telah ditentukan. Berikut jumlah insentif yang didapatkan sesuai kelas:

Kelas A: 500.000 VEX

Kelas B: 250.000 VEX

Kelas C: 100.000 VEX

Kelas D: 20.000 VEX

Kelas E: 10.000 VEX

Kelas F: 5.000 VEX

 

Bagaimana cara untuk mengikuti Dapps Incentive Program 2019?

  1. Kunjungi Vexanium Developer Portal (http://dev.vexanium.com/) untuk mendapatkan informasi mengenai blockchain Vexanium.
  2. Unduh Vexanium Contract Development Toolkit (vex.cdt) untuk menggunakan blockchain Vexanium di https://github.com/vexanium
  3. Dapps yang telah dibuat harus sudah aktif dan bisa dijalankan, kemudian didaftarkan melalui form di website Vexanium.
  4. Dapps yang sudah direview dan dinilai akan mendapatkan insentif sesuai kelas mereka.

 

Penilaian berdasarkan dari kualitas, efektivitas dan aksesibilitas dari Dapps tersebut. Dapps Incentive Program 2019 ini bisa dibilang berhasil menarik minat anak bangsa untuk membuat dapps di Vexanium. Karena untuk di fase pertamanya, peraih penilaian tertinggi jatuh kepada Trusti, dapps yang dibuat oleh developer asal Yogyakarta, Damos Hanggara.

Sebelumnya, Damos menggunakan blockchain Ethereum untuk Trusti, tetapi kini ia memutuskan untuk berpindah ke Vexanium dikarenakan skalabilitasnya. Vexanium memiliki kecepatan dua ribu transaksi per detik, yang tentunya jauh lebih efisien dibandingkan Ethereum yang hanya memiliki kecepatan 15 transaksi per detik. Trusti sendiri adalah web platform di mana penggunanya dapat mencatat dan memverifikasi keabsahan suatu file digital. Hal ini lah yang membuat Trusti membutuhkan skalabilitas yang lebih tinggi.

Dengan menggunakan teknologi blockchain Vexanium, data akan menjadi lebih efisien dan aman. Karena sifat data hash adalah unik, maka apabila isi file berubah, data hash-nya juga akan berubah. Setiap data yang diunggah ke Trusti dan diverifikasi akan menjadi unik dari data lainnya.

Cara kerja Trusti masih sama ketika masih menggunakan Ethereum sampai dengan sekarang menggunakan Vexanium. Bedanya, Trusti akan merilis fitur baru seperti update dan transfer aset dan tak menutup kemungkinan untuk menambah fitur lainnya, di mana penggguna dapat mengunduh sertifikat digital dalam bentuk PDF, dilengkapi dengan thumbnail file aslinya. (Sitepu, V. 2020. para.5 & 7)

 

 

Source:

Sitepu, V. (2020, January 15). Platform Trusti Buatan Pemuda Yogya Ini Akhirnya Pilih Blockchain Vexanium. Retrieved from https://blockchainmedia.id/platform-trusti-buatan-pemuda-yogya-ini-akhirnya-pilih-blockchain-vexanium/

 

Related articles

3 Negara Mengatakan kepada IMF Ingin Mengangkat Isu Obligasi Bitcoin

Pemerintah dari setidaknya tiga negara telah mengakui dengan formal terhadap minat mereka dalam menerbitkan obligasi Bitcoin yang berdaulat untuk meningkatkan modal.   Asia Times awalnya melaporkan tren 17 April yang merujuk kepada pernyataan baru-baru ini di Pertemuan Musim Semi antara Bank Dunia (World Bank) dan Dana Moneter Internasional (IMF), yang diadakan di Washington DC.   […]

strategi blockchain

India Mempublikasikan Roadmap & Strategi Blockchain Nasional

Think Tank kebijakan dari pemerintah India, NITI Aayog, baru saja merelease strategi blockchain nasional India dalam draft paper berjudul “Blockchain — The India Strategy” yang menerangkan use cases dari blockchain di India bersama dengan kesimpulan dan pengalaman dari berbagai pilot projects. Baca Juga : Mengenal Vexanium, Public Blockchain Platform Indonesia NITI Aayog didirikan dengan tujuan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *