Richard Byworth Digifinex: Decentralized Finance Bisa Berkembang 10 X di 2021

Richard Byworth, CEO di Digifinex, baru-baru ini diwawancarai oleh Forkast dan memberikan prediksi di 2021, Decentralized Finance (DeFi) bisa berkembang sampai 10x lipat di tahun 2021. Digifinex masuk ke berbagai berita pada Oktober dengan menjadi perusahaan yang terdaftar pertama kali di Nasdaq dengan pertukaran cryptocurrency.

Pengembangan Terbesar di 2020

  • Digifinex listing di Nasdaq pada Oktober 2020. “Merupakan pengalaman yang luar biasa bagi kami untuk berada di depan banyak investor dan berbicara mengenai pendekatan yang sangat berbeda yang dimiliki Digifinex untuk membuat ekosistem aset digital yang penuh. Saya berpikir bahwa kinerja saham akan terus berlanjut hingga tahun depan bersamaan dengan kinerja industri secara keseluruhan.”
  • Bereksperimen di decentralized finance (DeFi): “Kami telah melihat beberapa proyek yang jelas sangat tidak kredibel namun kami juga melihat beberapa kemajuan di industri dan teknologi dan hal ini merupakan hal yang bagus karena kami juga melihat ada beberapa use case yang terjadi di industri meskipun ada banyak resiko yang diambil dan orang-orang ada yang juga kehilangan dana. Tapi setidaknya ada cara baik untuk membuat Ethereum menjadi jaringan yang lebih dapat digunakan pada tingkat protokol.
  • Maturity Bitcoin: Perkembangan logis dari adopsi Bitcoin dengan stimulus bank sentral baik fiskal maupun moneter telah menjadi sesuatu yang jelas sangat baik bagi industri. Semakin tinggi harga Bitcoin maka semakin tinggi keamanan yang akan dimiliki oleh jaringan dan semakin banyak juga adopsi secara keseluruhan.
  • China mempelopori inisiatif CBDC. “China akan terus maju dan melakukan peluncuran dengan begitu cepat, dan juga akan benar-bena menginspirasi banyak orang untuk masuk ke industri tersebut dengan lebih cepat.”

Prediksi blockchain, crypto, Decentralized Finance di 2021:

  • Kemajuan lebih lanjut dari CBDC:

Jepang: “Kita akan melihat Jepang sebagai pesaing ekonomi untuk China dalam industri perdagangan, maju sangat cepat dan ingin secara efektif berkompetisi secara efektif dan memastikan bahwa mereka tidak akan tertinggal. Kami telah melihat banyaknya konsultasi yang terjadi dengan mitra kami di Jepang, dengan Bank of Japan secara langsung terkait dengan ini. Dan sepertinya hal tersebut akan dipercepat saat ini.”

AS: “Saya pikir Federal Reserve sedang menunggu waktu mereka. Saya tidak merasa mereka akan terburu-terburu akan hal ini. Namun tentu saja mereka tetap mengawasi apa yang terjadi di China dan bagaimana cara hegemoni dolar saat iniĀ  berada di atas ekonomi global, bagaimana hal itu mungkin atau tidak mungkin terpengaruh oleh yuan digital China.

  • Layanan kustodian untuk institusi: “Kustodian pihak ketiga akan menjadi persyaratan nyata bagi institusi yang ingin masuk ke industri Bitcoin dan juga secara luas ke aset digital. Institusi-institusi ini tidak dapat menyimpan kustodi atas bitcoin mereka sendiri. Mereka tidak dapat menyimpan Bitcoin mereka di wallet cryptocurrency seperti Ledger dan Trezor. Mereka juga tidak dapat menyimpannya di exchange. Jadi mereka membutuhkan kustodian pihak ketiga untuk menyimpan Bitcoin tersebut.”
  • Exchange Traded Fund Bitcoin (ETF): “Ada banyak pemain kredibel yang jelas mencoba mendorong ETF Bitcoin dalam waktu yang lama. Produk tersebut saat ini berada dalam jumlah yang terbatas di pasaran. Memiliki ETF yang tepat di industri akan jauh lebih baik bagi investor yang mencari cara ekuitas untuk mengakses kelas aset tersebut.”

Baca juga : Pinjaman Kredit dengan Jaminan Kripto

  • Kegiatan pinjam meminjam atau lending borrowing meningkat hingga 10 kali lipat karena crypto: “Kami melihat bahwa kegiatan pinjam meminjam meningkat hingga 10 kali lipat di tahun ini dari aset sejumlah 1 triliun dolar ke aset sejumlah 10 triliun dolar sudah dipinjamkan di industri ini. Saya pikir dengan pertumbuhan Bitcoin dan cryptocurrency lainnya di 2021, kita akan melihat nominal tersebut meningkat hingga 10 kali lipat lagi. Hal inilah yang Anda butuhkan untuk mengembangkan asset class – Anda perlu untuk meminjam aset ini sehingga Anda dapat menjualnya atau menyediakan mereka sebagai pembiayaan untuk orang lain atau apapun itu. Begitulah cara kami melihat industri ini akan terus berkembang dan tumbuh.”

 

Baca juga artikel terkait :

Mengenal governance token di ekosistem decentralized finance

Kenapa ekosistem blockchain Indonesia membutuhkan local player ?