Mengenal VynDAO : DeFi (Decentralized Finance) Indonesia

Menjaminkan crypto

Vyndao adalah DeFi loan dan juga stablecoin di mana user bisa menjaminkan cryptonya untuk mendapatkan pinjaman berupa USDV (USD Vex) , USDV sendiri adalah crypto backed stablecoin (dibacked oleh crypto) yang di peg nilainya ke nilai USD.

Saat ini crypto yang bisa dijaminkan adalah Vexanium. Namun ke depannya jenis jaminan akan terus ditambahkan.

 

DeFi Indonesia

Untuk apa menjaminkan crypto Anda ?

Biasanya user menyimpan crypto dalam walletnya dengan harapan harga crypto yang dipegangnya akan naik. Ini adalah situasi di mana aset crypto tersebut kurang produktif karena hanya diam saja di wallet. Ada juga situasi di mana seorang holder menempatkan uang dapurnya (alias bukan uang dingin) di dalam crypto currency yang berarti ia memiliki kebutuhan cash mendesak yang harus dipenuhi.

Dengan menjaminkan crypto Anda di DeFi loan seperti VynDAO di Indonesia, atau di luar negeri ada MakerDAO yang sudah sangat dikenal, Anda bisa mendapatkan uang cash yang bisa Anda gunakan untuk membiayai kehidupan Anda sehari-hari.

Saat Anda menjaminkan (di VynDAO disebut dengan “pledge”) token Anda, Anda akan menerima USDV yang bisa Anda pertukarkan ke IDR dan bisa Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

VynDAO sendiri mengambil inspirasi dari MakerDAO yang adalah salah satu project stablecoin dan DeFi loan terbesar di dunia.

 

Governance Token, apa itu ?

Ke depannya VynDAO bisa memiliki VYN token yang merupakan token governance di Vyndao.

Governance token sebenarnya adalah pusat keramaian dunia crypto di tahun 2020, sejak COMP di launch di bulan Juni 2020 dalam skema yield farming / liquidity mining, yang kemudian diikuti oleh banyak startup Decentralized Finance lainnya dengan meluncurkan skema yield farming.

Governance token memberikan user sebuah stake atau hak voting dalam manajemen platform DeFi. Misalnya dalam usulan proposal program baru, atau penyediaan jenis jaminan baru, penentuan tingkat bunga dan berbagai parameter sistem lainnya.

 

Istilah-istilah di Vyndao

  • Decentralized stable coin : Dengan menjaminkan crypto Anda di VynDAO Anda akan mendapatkan cryto-backed stablecoin atau decentralized stablecoin yang dipeg ke USD yaitu USDV. “Decentralized” berarti tidak di manage oleh institusi terpusat, karena sifat jaminannya yang adalah cryptocurrency yang bersifat decentralized.
  • DAO adalah Decentralized Autonomous Organization yang berarti jenis organisasi yang bisa berjalan sendiri (dengan smart contract) tanpa adanya central authority yang melakukan pengambilan semua keputusan.
  • Pledge adalah menu tempat Anda menjaminkan atau menggadaikan Vex Anda
  • “Generate” adalah menu tempat Anda menghasilkan USDV dari Vex yang Anda jaminkan / gadaikan (pledge). Vex yang Anda gadaikan harus lebih besar 130% dari nilai USDV yang bisa Anda hasilkan. hal ini disebut dengan collateralization ratio, yang berarti Anda bisa menghasilkan sekitar 77% stablecoin dari jaminan Anda
  • Liquidation fee berarti fee yang dibayarkan oleh user saat keluar dari posisinya. Fee liquidation adalah sebesar 15% yang dipotong di awal.
  • Payback berarti pelunasan pinjaman Anda.

 

Itu adalah beberapa pengantar tentang Vyndao yang sekarang sudah bisa Anda tes di https://alphatest.vyndao.com/ , silahkan mengetestnya dengan jumlah-jumlah kecil.

 

Informasi lainnya tentang DeFi

Memahami Disrupsi Dari Decentralized Finance (DeFi)

Memahami Pinjaman Kredit Dengan Jaminan Crypto

 

Related articles

apa itu decentralized finance

Menanggapi Lonjakan DApps Decentralized Finance di Kalangan Professional Trader

Mengapa hampir seperlima dari pasokan Dai terkunci di Compound? Keuangan yang terdesentralisasi atau decentralized finance bisa disebut baru dimulai, tetapi hal ini tidak luput dari perhatian pro traders. Peningkatan pesat Compound Finance menunjukkan bahwa aplikasi pinjaman telah menjadi titik fokus untuk strategi trading yang canggih, yang mengeksploitasi peluang arbitrase pada DeFi dApps di seluruh ekosistem […]

decentralized-finance

Memahami Disrupsi Dari Decentralized Finance (DeFi)

  Decentralized Finance atau DeFi adalah layanan finansial yang dilakukan di atas blockchain, antara lain borrow & lending, insurance, money market, decentralized exchange dan lain sebagainya. Di bulan Juli 2020, DeFi (Decentralize Finance) banyak menjadi pembicaraan karena beberapa sebab. Di akhir Juli 2020, Total Value Lock in DeFi mencapai 3,6 Billion USD atau lebih dari […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *