DeFi Platform Compound Mempersiapkan Distribusi Token Governance

Salah satu platform keuangan otomatis paling populer di dunia, Compound, sedang bersiap untuk mendistribusikan token sebagai bagian dari proposal governance yang sedang berlangsung.

Distribusi token Compound akan dimulai pada 15 Juni setelah uji coba testnet berhasil. Compound mentweet hasil percobaan yang berhasil mengaktifkan pengiriman token COMP ke semua pengguna protokol:

“Kami telah menyelesaikan uji coba distribusi $ COMP. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih untuk setiap anggota komunitas yang berpartisipasi. Compound Governance Proposal 007 telah dibuat, yang jika disahkan, akan memulai Distribusi COMP pada 15 Juni. ”

Compound adalah protokol interest rate DeFi otonom yang telah dibangun untuk developer untuk membuka berbagai aplikasi decentralized finance. Platform berbasis Ethereum ini memungkinkan pengguna mendapatkan bunga yang disesuaikan secara otomatis atau aset pinjaman dengan underlying agunan crypto.

Compound awalnya diluncurkan pada September 2018 dan ditingkatkan ke versi 2 pada Mei 2019. Protokol ini telah diaudit dan diverifikasi secara formal dan saat ini mendukung ETH, DAI, SAI, BAT, REP, USDC, WBTC, dan ZRX.

$ 90 Juta Terkunci dalam Jaminan di atas platform Compound

Menurut Defi Pulse, Compound adalah platform peminjaman crypto terpopuler ketiga di belakang Maker dan Synthetix. Saat ini memiliki sekitar $ 90 juta total value locked, dengan sekitar 250k locked up.

Nilai tertinggi sepanjang masa untuk Compound dalam hal total value locked pada akhir Februari ketika mencapai $ 180 juta. Pandemi Covid pada pertengahan Maret menghantam seluruh pasar DeFi dengan keras. Harga Ethereum anjlok hampir 50% dan menghabiskan agunan yang disimpan dalam beberapa smart contract.

Sejak saat  itu, compound telah pulih lebih dari 60%. Namun, kemerosotan terbaru pasar crypto membuat harga Ethereum turun dan, akibatnya berdampak pada Compound.

Ini adalah protokol ‘likuidity pool’ pertama yang tidak secara langsung memberi pinjaman kepada pengguna lain. Dimana likuiditas dipasok ke pasar, dan pengguna meminjam dari pasar itu.

Ketika pengguna memasok aset ke protokol Compound, saldo diwakili sebagai cToken, yang dapat ditransfer atau diperdagangkan. Pengguna dapat meminjam hingga 75% dari nilai cTokens mereka. Tingkat aktual tergantung pada kualitas aset kripto yang mendasarinya.

Sistem Governance Compound.Finance

Tes distribusi token adalah bagian dari proposal tata kelol / governance yang lebih luas yang bertujuan untuk menggunakan token COMP sebagai media untuk memilih. Komunitas terdesentralisasi pemegang token COMP dan delegasi mereka membuat proposal akhir bulan lalu.

General Partner di Uncorrelated Ventures, Salil Deshpande, menjelaskan:

“Compound Governance dirancang dengan mempertimbangkan investor institusi, di mana mereka dapat berpartisipasi dalam keputusan governance, atau mendelegasikan suara kami kepada pemangku kepentingan yang aktif, tanpa token kami harus pergi dari infrastruktur custodian yang disupport, seperti Coinbase Custody. Ini adalah preview tentang bagaimana aplikasi DeFi akan berkembang menjadi infrastruktur keuangan permanen yang dapat diperbarui dari waktu ke waktu, “

Setiap address dengan delegasi lebih dari 100.000 COMP dapat mengusulkan tindakan governance. Voting berhubungan langsung dengan kode yang dapat dieksekusi. Menurut dokumentasi, jika mayoritas dari sedikitnya 400.000 suara diberikan, pekerjaan tersebut akan dimasukkan dalam ‘Timelock contract’, yang dapat diimplementasikan setelah masa tunggu dua hari.

COMP telah berada dalam fase pengujian selama dua bulan terakhir, dan mekanisme pemungutan suara telah berhasil mengimplementasikan peningkatan dan perubahan pada protokol. Ini termasuk penambahan Tether, model suku bunga DAI baru yang dibangun di atas Dharma (salah satu dApp Compound), dan proposal untuk perlahan-lahan menutup SAI market.

Coinbase Custody berhasil mendukung dan mengintegrasikan Compound governance, dan voting interface  terbukti bebas dari kerentanan.

Token COMP, yang akan didistribusikan pada 15 Juni, akan menjadi mekanik inti dari protokol Compound. Protokol akan secara terus menerus dan otomatis memberikan hak tata kelola untuk semua pengguna dan aplikasi terkait melalui token. Compound Founder, Robert Leshner, menyatakan:

“Individu, aplikasi, dan institusi yang menggunakan protokol Compound mampu secara kolektif mengelolanya di masa depan – dan diberi insentif untuk memberikan tata kelola yang baik.”

Distribusi Token COMP

Token akan ditempatkan ke dalam ‘Reservoir contract,’ yang mentransfer 0,50 COMP per blok Ethereum ke protokol untuk distribusi.

Distribusi dialokasikan ke setiap pasar pada platform, sebanding dengan bunga yang diperoleh untuk pasar itu. Penyesuaian dilakukan dengan cepat sesuai permintaan. Pemasok likuiditas memperoleh setengah dari pasokan, separuhnya lagi oleh peminjam, dalam waktu tertentu.

Compound telah merilis pelacak atau tracker distribusi COMP, yang akan memungkinkan pengguna DeFi untuk melihat alokasi untuk setiap pasar. Pembayaran bunga harian juga telah dimasukkan, yang saat ini menunjukkan bahwa DAI adalah aset crypto dengan pembayaran terbaik.

Distribusi tes berhasil, dengan token diverifikasi dan dianalisis di Ethereum’s Kovan testnet. Langkah selanjutnya adalah distribusi aktual, yang akan dimulai pada hari Senin.

sumber : beincrypto

 

Informasi lain tentang Decentralized Finance (DeFi)

Apa Itu Decentralized Finance (DeFi)

 

Kenapa Ekosistem DeFi (Decentralized Finance) Perlu Dikembangkan di Indonesia ?

 

Related articles

decentralized-finance

DeFi Seperti Bitcoin Pada 2013 dan Ethereum Pada 2015, Ucap Qiao Wang

Qiao Wang, mantan Head of Product dari Messari, perusahaan yang menganalisa crypto mengatakan bahwa desentralized finance (DeFi) mengingatkannya pada Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) sebelum keduanya cryptocurreny tersebut melesat seperti sekarang ini. Pada tweet nya, Wang membandingkan DeFi pada masa-masa awal Bitcoin dan Ethereum. From an investment point of view, BTC pre-2013 and ETH pre-2015 […]

harga token defi COMP

Berapakah Fair Value dari Token DeFi ?

Total value dari aset DeFi baru-baru ini tumbuh dari $677K di awal tahun menjadi $3,8B dalam waktu 8 bulan terakhir karena ketertarikan terhadap ekosistem DeFi tumbuh. Kinerja token DeFi melewati aset crypto seperti ETH dan BTC. Fenomena yield farming yang digunakan oleh token DeFi seperti Compound memberikan bullish momentum kepada pasar DeFi. Baca juga : […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *