Digital Yen Jepang Diperlukan Supaya Tidak Tertinggal Saat China Meluncurkan Digital Yuan

yen digital mata uang negara jepang

Beberapa anggota parlemen Jepang telah menyerukan Digital Yen Jepang (JPY), yang akan menjadi versi JPY berbasis blockchain, karena takut bahwa ekonomi mereka akan tertinggal ketika China meluncurkan Digital Chinese Yuan (CNY).

Pada dasarnya, China telah menyelesaikan desain lapisan atas dan pengujian bersama Digital CNY, dan diharapkan akan diluncurkan di dalam waktu dekat. Digital CNY memiliki potensi untuk membuat ekonomi China lebih efisien dan likuid, sementara secara bersamaan menyediakan cara untuk mengendalikan aliran uang yang besar untuk menstabilkan ekonomi selama masa krisis.

Baca juga : Apa saja negara yang mengkaji mata uang blockchain ? (Central Bank Digital Currency)

Sebagai tanggapan, mantan Menteri Ekonomi Jepang Akira Amari mengatakan Jepang perlu mengeluarkan Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC) sendiri untuk menghadapi Digital CNY. Lebih lanjut, Kepala Riset Sistem Perbankan dan Keuangan di Partai Demokrat Liberal Jepang, Kozo Yamomoto, mengindikasikan bahwa Jepang harus meluncurkan Digital JPY dalam waktu 2-3 tahun, dan semakin cepat semakin baik, sehingga China tidak semakin meningkatkan hegemoni digitalnya dengan menjadi satu-satunya negara besar dengan CBDC.

Selain itu, Wakil Gubernur Bank of Japan mengatakan Jepang perlu siap untuk mengeluarkan CBDC jika permintaan publik untuk itu melonjak.

Dengan demikian, Jepang jelas bergerak menuju akhirnya meluncurkan Digital JPY, tetapi belum ada pengumuman resmi mengenai awal pengembangan teknis, atau kerangka waktu resmi kapan akan diluncurkan.

sumber : cryptoiq

 

Berita lain tentang mata uang blockchain (CBDC)

Blockchain Untuk Sektor Publik atau Pemerintahan

 

Bank Investasi Terbesar Rusia : Yang Tidak Berurusan Dengan Blockchain Hari Ini, Akan Berakhir di Zaman Batu Dalam 20 – 30 tahun

 

 

Related articles

Voice.com, Revolusi Media Sosial Berbasis Blockchain

Media sosial adalah sebuah topik yang apabila dibicarakan, tidak akan pernah ada habisnya. Terlebih lagi begitu banyak kontroversi yang terkait di media sosial, dimulai dari permasalahan kebocoran data, penyebaran konten-konten negatif yang sulit untuk dikontrol, akun palsu, sampai dengan kurangnya transparansi antara pemilik media sosial tersebut dengan para penggunanya. Media sosial tak lagi terpusat pada […]

Highlight Berita Blockchain dan Kripto (17 – 23 Maret 2019)

Hai Digitalis! Berikut adalah highlight berita blockchain dan kripto dari 17 hingga 23 Maret 2019!   1.¬†Enam Bank Global Mendaftar untuk menerbitkan Stablecoin di Jaringan Blockchain IBM Now-Live Enam bank internasional dilaporkan telah menandatangani surat niat untuk menerbitkan stablecoin mereka sendiri yang didukung oleh mata uang fiat nasional mereka pada jaringan pembayaran yang didukung oleh […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *