Blockchain dan Crypto Indonesia

“Dunia Finansial Membutuhkan Protocol Baru” Kata Head Libra David Marcus

Dalam blog post baru yang dipublikasikan di Medium, Head blockchain Facebook David Marcus menyebutkan sistem finansial sekarang sudah terlalu tua dan melewati tanggal upgrade-nya.

Blogpost dengan judul “Mengapa membangun protokol baru untuk uang adalah cara untuk benar-benar mengubah permainan bagi orang banyak” memberikan detil mengapa platform pembayaran lama perlu dibuang dan digantikan dengan sistem baru yang lebih baik dengan menggunakan teknologi blockchain.

David Marcus yang adalah veteran dunia payment dan mantan CEO Paypal meninjau kembali batasan-batasan sistem keuangan saat ini.

“Sistem keuangan saat ini tertutup dan tidak saling terkoneksi dengan baik. Ada jaringan pembayaran regional seperti  (ACH, European Payments Council,…), inter-bank networks (SWIFT, RT1, …), central banks/bank networks, dan banyak lainnya, beberapa sistem ini dibangun di tahun 1960 dan 1970. Walaupun mereka beberapa kali diupgrade, tetapi tetap berdisi di  atas infrastruktur jaman dahulu.”

Marcus juga menekankan bahwa memindahkan uang ke tempat lain di dunia ini membutuhkan banyak intermediary seperti platform global SWIFT yang sudah tua dan beberapa pool of money yang sudah ada untuk menukarkan mata uang yang berbeda. Proses ini menyebabkan delay, friksi dan fee yang tinggi.

Menurut Marcus, Facebook berambisi untuk menyingkirkan proses tradisional yang tidak efisien dan tidak terlihat bagi kebanyakan konsumen, tetapi terlihat dari feenya yang tinggi, tingkat delay dan layanan keuangan dasar yang tetap tidak bisa diakses oleh miliaran masyarakat. Libra, menurutnya akan memindahkan uang seperti halnya email dan melakukannya dengan instant ke setiap pojok dunia.

Marcus mengatakan,

“Seperti halnya SMTP yang memungkinkan semua penyedia email untuk beroperasi dengan setiap provider email, Libra bisa menjadi protocol yang memungkinkan perpindahan uang lebih cepat, murah dan stabil ke berbagai institusi dan masyarakan seluruh dunia”

 

Libra sampai saat ini belum dilaunch dan telah menimbulkan kontroversi dengan pembuat kebijakan di US dan Jerman, yang memintanya ditutup, sedangkan para Bitcoin enthusiast menyebutnya sebagai inisiatif digital currency private dan centralized yang tidak bisa disebut cryptocurrency.

 

Berita Lain Tentang Libra :

Merespon Facebook Libra, Bank Sentral China Ingin Kembangkan Crypto Sendiri

 

 

Fakta-Fakta Tentang Crytocurrency Milik Facebook : Globalcoin / Libra

 

Exit mobile version