Fakta-Fakta Tentang Crytocurrency Milik Facebook : Globalcoin / Libra

fb globalcoin

Dalam waktu dekat Facebook diyakini bakal mulai melakukan uji coba atas mata uang kripto . besutannya sendiri yang telah dikembangkan secara diam-diam dalam beberapa waktu terakhir. Setelah proses uji coba tahun ini berjalan lancar, rencana berikutnya adalah selambat-lambatnya pada triwulan pertama 2020 mendatang, pihak Facebook akan meluncurkan secara resmi uang kripto yang diyakini bakal diberi nama Globalcoin. “Pengumuman lebih rinci dari proses (peluncuran) itu akan diumumkan pihak Facebook pada musim panas tahun ini,” tulis BBC dalam laporannya tersebut.

Tujuannya adalah pengguna Facebook/Instagram/WhatsApp data saling mengirim/menerima uang digital dengan mudah, termasuk jika berbeda negara. uang digital Facebook data dimanfaatkan untuk microtransaction seperti membeli barang atau makanan seperti kita menggunakan aplikasi GoPay atau OVO yang sedang naik daun saat ini.

Berikut adalah beberapa hal penting lain yang perlu Anda ketahui mengenai GlobalCoin :

1. Uang digital sendiri

Mata uang digital yang diluncurkan oleh Facebook merupakan ciptaan Facebook sendiri, jadi bukan berbasis uang digital yang sudah ada seperti Bitcoin atau Ethereum.  Facebook akan mengelola sendiri peredaran dari uang digital ini. namun nama mata uang digital ini sendiri belum ada, beberapa nama yang berhembus adalah GlobalCoin atau Libra.

2. Uang digital Facebook akan lebih stabil ketimbang Bitcoin

nilainya yang bisa naik-turun dengan fluktuatif menjadi salah satu masalah utama di cryptocurrency seperti Bitcoin. Namun Facebook menjamin, uang digital mereka akan tetap stabil.

Ada beberapa hal yang dilakukan  Facebook untuk menjamin mata uangnya. seperti Facebook akan menyediakan dana  US$1 miliar yang akan ditempatkan di berbagai institusi finansial. fungsi dana itu bertindak sebagai jaminan kestabilan nilai uang digital dari facebook

Cara kedua adalah jaringan blockchain untuk mata uang ini juga tertutup dan terbatas, tidak bebas seperti Blockchain.

3. Tanpa Biaya Transaksi alias Gratis

Facebook tidak memungut biaya transaksi apapun setidaknya di awal dalam usaha mempopulerkan uang digital ini, Kalaupun ada biaya, Facebook akan mematok nilai jauh di bawah biaya transfer antar bank atau antar negara yang berlaku saat ini.

Tak ragu, Facebook pun juga menjanjikan hadiah menarik berupa  insentif bagi  partner / penjual yang mengadopsi mata uang ini.

4. Facebook juga akan menyediakan ATM

 Sistem Uang digital facebook akan beredar secara digital . seperti contoh ketika Anda mendapatkan transfer dari teman via Facebook, uang digital itu dapat  Anda gunakan membayar transaksi di swalayan langganan via Whatsapp.

Ada kemungkinan Faceboook untuk menyediakan ATM khusus sehingga uang digital tersebut dapat diuangkan ke Rupiah atau mata uang lain.

5. Bermitra dengan Partner Pengiriman Uang

Guna meningkatkan kepercayaan publik, Facebook juga akan bermitra dengan Western Union guna memperlancar proses dan memungkinkan pengguna yang tidak memiliki rekening bank untuk menggunakan fasilitas ini juga. Perusahaan ini juga dalam pembicaraan dengan pemerintah AS dan Departemen Keuangan untuk mendapatkan izin khusus dan memastikan platform tersebut tidak digunakan untuk pencucian uang. Tidak hanya itu, tetapi Facebook juga mencari untuk mematok koinnya terhadap mata uang populer seperti Dolar AS untuk risiko fluktuasi terkait.

6. Biaya 10 Juta USD untuk menjadi node

Facebook juga telah membahas pengisian biaya lisensi $ 10 juta untuk hak mengoperasikan sebuah node. Tidak disebutkan perusahaan tertentu yang dapat dipertimbangkan untuk posisi itu.
Dengan rencana peluncuran 100 node, secara teori, Facebook dapat dipastikan menghasilkan $ 1 miliar dalam biaya lisensi di tahun pertama GlobalCoin diluncurkan. Biaya tersebut tidak akan menjadi pendapatan murni, namun kemungkinan besar akan digunakan untuk mendukung aset digital dengan sekeranjang mata uang fiat dan sekuritas berisiko rendah.

Namun bagi yang mengikuti perkembangan Facebook sejak awal, upaya ‘percobaan’ untuk memasuki segmen bisnis uang virtual ini sebenarnya bukan yang pertama dilakukan Facebook. Tepatnya pada Mei 2009, pihak Facebook telah meluncurkan FC dalam format Alfa, yang disusul dengan peluncuran versi Beta-nya pada Februari 2010.  Januari 2011 Facebook memberitahu kepada semua pengembang game Facebook untuk mulat memproses pembayaran dalam aplikasinya menggunakan mata uang FC.

7. Disrupsi besar ?

Melihat kelebihan yang ditawarkan, uang digital Facebook ini tentu saja ada ancaman bagi para pelaku industri finansial yang ada saat ini.

Akan tetapi, semua faktor tersebut belum menjamin kesuksesan mata uang digital Facebook ini. Sang CEO Facebook , Mark Zuckerberg kabarnya yakin project ini sukses, sementara Sheryl Sandberg (COO dan CFO Facebook) justru meragukan tingkat keberhasilan dari proyek ini.

Mari kita nantikan , sejauh mana efek yang akan dibawa oleh mata sang digital Facebook ini terhadap tatanan finansial dunia dan Indonesia.

 

Related articles

tim draper facebook globalcoin

Peluang Tim Draper berinvestasi dalam proyek Crypto Facebook

Billionaire Tim Draper, salah satu tokoh yang terkenal di dunia crypto, berencana untuk bertemu dengan Facebook untuk berbicara tentang investasi dalam proyek crypto raksasa media sosial ini. Menurut email yang dikirim ke Bloomberg, investor modal ventura Amerika, Tim Draper tertarik untuk mendengar kisah seputar proyek crypto Facebook guna meninjau lebih lanjut. Sejak diumumkan bahwa Facebook […]

Circle Cryptocurrency Libra Facebook

Blockchain & Crypto “Mega Trend” Akan Lebih Besar dari Web

CEO perusahaan jasa keuangan crypto Circle mengatakan bahwa mata uang digital Libra Facebook membuktikan bahwa aset crypto akan tetap ada. Jeremy Allaire juga tampak optimis bahwa proyek yang baru dirilis itu akan menjadi jangka panjang yang baik untuk Bitcoin. Mengenai reaksi regulator terhadap Libra, eksekutif mengatakan dia senang melihat para pembuat keputusan akhirnya mulai memperhitungkan […]

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *