FED Philadelphia : CBDC Bisa Mendisrupsi Sistem Keuangan Saat Ini

CBDC fed

Federal Reserve of Philadelphia percaya bahwa mata uang digital bank sentral (CBDC) dapat secara signifikan mempengaruhi keuangan global. Dalam sebuah makalah baru-baru ini, The Fed bahkan menyarankan bahwa mata uang digital dapat menggantikan bank komersial jika mereka berhasil mengurangi risiko yang terkait.

Fed Philadelphia Mendukung CBDC

Dalam laporan komprehensifnya tentang masalah ini, The Fed memeriksa potensi dan kelemahan CBDC di dunia yang selalu dijitalkan.

 

“Pengenalan CBDC dapat mewakili inovasi penting dalam sejarah uang dan perbankan. Selain peran potensial dalam menghilangkan uang tunai fisik, CBDC akan memungkinkan bank sentral untuk terlibat dalam intermediasi skala besar dengan bersaing dengan perantara keuangan swasta untuk mendapatkan simpanan dan, kemungkinan, terlibat dalam beberapa bentuk peminjaman atau lending dari simpanan tersebut. ”- disebutkan dalam paper tersebut.

Baca juga : Apa itu Tokenisasi dan Smart Contract

Dokumen ini terutama berfokus pada implikasi yang masuk akal dari CBDC untuk berfungsi sebagai kompetisi untuk peran tradisional yang mengubah kematangan bank komersial. Ini menginformasikan bahwa “bank sentral tidak dapat berinvestasi dalam proyek jangka panjang itu sendiri, tetapi sebaliknya harus bergantung pada pengetahuan ahli bank investasi untuk melakukannya.”

Oleh karena itu, pertanyaan mendasar tetap ada jika pengenalan CBDC akan mendisrupsi sistem ini, dan penelitian Fed menyimpulkan:

“Kami telah memperoleh hasil ekuivalen yang menunjukkan bahwa set alokasi yang dicapai dengan intermediasi keuangan swasta juga akan dicapai dengan CBDC, asalkan persaingan dengan bank komersial diperbolehkan, dan deposan tidak panik.”

Namun, jika persaingan dari bank komersial terganggu melalui beberapa subsidi fiskal bank sentral, misalnya bank sentral harus “berhati-hati dalam pilihannya untuk menghindari menciptakan kekacauan dalam proses transformasi menuju kedewasaan,”  laporan itu memperingatkan.

CBDCs Di Seluruh Dunia

Sementara The Fed agak tidak yakin apakah harus meluncurkan CBDC sendiri atau tidak, banyak bank sentral di seluruh dunia telah membuat kemajuan serius. Faktanya, sebuah studi yang disusun oleh Bank of International Settlements (BIS) menyimpulkan bahwa 80% bank sentral bekerja untuk mengeluarkan mata uang digital mereka.

Mungkin negara yang paling maju adalah Cina, karena laporan secara berkala muncul untuk menguraikan kemajuan negara. Salah satu yang terbaru mengklaim bahwa negara terpadat di dunia mungkin meluncurkan mata uang digital yang didukung negara lebih cepat dari yang diharapkan untuk stimulus pasca-COVID-19.

Perkembangan yang cepat menarik perhatian Dewan Stabilitas Keuangan G20 juga. FSB baru-baru ini mengeluarkan sepuluh rekomendasi untuk peraturan umum yang mencakup CBDC. Watchdog percaya bahwa sebagian besar undang-undang saat ini akan tidak efisien dengan mata uang digital, dan mendesak untuk pengenalan undang-undang yang lebih mudah beradaptasi.

 

Berita dan Info lain tentang Blockchain 

Update Berita Blockchain 2020 : Yang Menarik Dari Roadmap Blockchain China, India, Australia

Rancangan Regulasi Blockchain dan Aset Digital di California Bisa Mengubah Masa Dengan Dunia Finansial

 

Related articles

Binance dan Huobi akan Menjadi Pembicara di Acara Blockchain Life 2019

Pada 23-24 April 2019 mendatang representatif dari Binance dan Huobi akan menjadi pembicara di Blockchain Life 2019 di Singapura. Representatif tersebut adalah: Ella Zhang — Head of Binance Labs — akan membawakan tema “Realizing the potential of blockchain technology” Edward Chen — a Senior director of Huobi exchange — akan bergabung dalam diskusi untuk membahas “Best world exchanges. Market forecasts […]

Voice.com, Revolusi Media Sosial Berbasis Blockchain

Media sosial adalah sebuah topik yang apabila dibicarakan, tidak akan pernah ada habisnya. Terlebih lagi begitu banyak kontroversi yang terkait di media sosial, dimulai dari permasalahan kebocoran data, penyebaran konten-konten negatif yang sulit untuk dikontrol, akun palsu, sampai dengan kurangnya transparansi antara pemilik media sosial tersebut dengan para penggunanya. Media sosial tak lagi terpusat pada […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *