German State Bank Mengatakan Bitcoin menjadi $ 90.000, “Ultra-Hard Type of Money”

Salah satu bank terbesar Jerman memperkirakan bitcoin akan mencapai $ 90.000 karena adanya proses halving bitcoin dan pengaruhnya kepada model rasio stock to flow bitcoin yang biasa digunakan mengukur tingkat “kekerasan” dari uang.

“Pendekatan stock-to-flow yang berasal dari analisis pasar komoditas berfungsi untuk mengukur ‘hardness’ suatu aset. Diterapkan pada Bitcoin, korelasi kuat yang luar biasa muncul antara nilai pasar cryptocurrency ini dan rasio antara stok Bitcoin yang ada dan persediaan baru, ” kata mereka.

Kejeniusan Satoshi adalah memisahkan pasokan dari harga dan dari upaya penambangan / mining (dalam kasus Bitcoin: daya komputasi). Perlu dicatat bahwa difficulty adjustment ini tidak ada dalam kasus semua pendahulu Bitcoin, mis. bitgold.

Semakin “keras” Bitcoin, semakin besar nilai yang dikaitkan dengannya. Poin (biru) yang terletak dekat dengan garis regresi sudah menunjukkan bahwa korelasinya sangat dekat. Statistik uji juga mengkonfirmasi hal ini.

 

Baca Juga : Apa Itu Bitcoin ?

 

Jika seseorang melihat lebih dekat pada grafik, hal itu mengejutkan bahwa platinum, paladium dan perak semuanya terletak jelas di atas garis regresi. Ini menunjukkan bahwa nilai pasar mereka terutama, setidaknya kuat didasarkan pada nilai utilitas / penggunaan mereka (sebagai logam industri) dan mereka hanya memiliki premi moneter yang rendah. Sebaliknya, emas ditemukan cukup dekat dengan garis regresi, yang mana cukup logis: dalam kasus emas, yang terjadi adalah sebaliknya, emas memiliki banyak demand sebagai store of value hanya memiliki sedikit demand / permintaan industri.

Pertanyaan yang paling menarik, tentu saja, adalah apa yang akan terjadi di masa depan. Yang pasti adalah bahwa rasio stock to flow Bitcoin akan meningkat secara drastis pada Mei 2020 – yaitu setelah halvening berikutnya dari sekitar 25,8 saat ini menjadi hampir 53. Sebaliknya, rasio stock to flow emas (saat ini di sekitar 58) tidak memiliki perubahan signifikan pada Mei mendatang. Jika rasio stock to flow Mei 2020 untuk Bitcoin diperhitungkan dalam model, prediksi harga (yang tidak pasti) sekitar USD 90.000 muncul. Ini akan menyiratkan bahwa efek halving yang akan datang hampir tidak tercermin ke dalam harga Bitcoin saat ini sekitar USD 8.000 (nilai model saat ini sekitar USD 7.500).

Bitcoin telah dipahami sebagai jenis uang yang sangat “keras” alias ultra hard type money. Pada tahun 2024 , tingkat hard-nya akan semakin meningkat, ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah manusia (rasio stock to flow lebih dari 100!). Tidak ada yang benar-benar tahu dampak apa dari standar moneter seperti itu. Hanya satu hal yang jelas: jika Bitcoin memang menjadi uang abad ke-21, itu akan terjadi karena properties-nya (di atas semua tingkat hardness-nya yang tinggi) lebih disukai daripada jenis uang alternatif setelah Bitcoin adalah sistem moneter terbuka sepenuhnya yang beroperasi atas dasar volunteer murni. ”

Bitcoin yang akan di halving pada Mei 2020 adalah untuk mengurangi supply baru (flow) bitcoin menjadi kurang dari 2% dari total persediaan (stock).

Tak lama setelah itu, bitcoin akan mengambil alih emas juga untuk menjadi uang paling “hard” yang diketahui manusia.

BayernLB, yang 75% dimiliki oleh negara bagian Bavaria, mengatakan rasio stock to flow telah sesuai dengan harga, jadi jika itu berlanjut, bitcoin akan mendekati $ 100.000.

Mereka memperingatkan tidak ada model yang dapat memiliki kekuatan prediksi penuh, tetapi mereka mengatakan karena sifat digital bitcoin dan desainnya, tidak ada guncangan pasokan dan Anda tidak dapat membuat lebih banyak koin untuk memenuhi permintaan.

Mereka mengutip demam emas di akhir tahun 1880-an ketika peningkatan nilai emas menyebabkan penggalian massal untuk emas yang “memperbesar pasokan emas di pasar dunia secara memadai untuk memastikan penurunan sementara dalam harga emas.”

Karena pasokan bitcoin tidak memiliki hubungan dengan harga, penggalian bitcoin seperti itu atau penggalian sumber daya untuk menemukan bitcoin baru, tidak dapat terjadi.

Itu karena persediaan bitcoin ditentukan oleh suatu algoritma yang tidak memiliki hubungan dengan apa pun yang benar-benar dalam jumlah bitcoin yang sama akan diproduksi jika hanya satu laptop di dunia yang menambang bitcoin atau 4,5 juta asics.

Satoshi Nakamoto, penemu bitcoin, telah “menipu” kata bank Jerman karena telah memungkinkan bitcoin untuk mencapai dalam 11 tahun apa yang dibutuhkan satu milenium oleh emas. Yaitu, menjadi uang “paling hard” di dunia.

“Profil pasokan yang ditentukan oleh Satoshi dijamin oleh jaringan peer-to-peer global dan oleh kekuatan sentripetal yang bekerja dalam jaringan seperti itu: sama baiknya untuk membuat seluruh jaringan beralih ke profil pasokan baru (yaitu protokol perangkat lunak), terutama karena insentif dari masing-masing operator simpul akan berlawanan dengan profil inflasi (profil semacam itu akan melemahkan nilai bitcoin mereka), ”kata bank.

sumber : trustnodes

 

Berita lainnya tentang bitcoin

Bitcoin Menjadi $ 16.000 Bulan Ini ?? Akankah Prediksi Anonim Gagal Untuk Pertama Kali?

Menjelang Halving Bitcoin, Rasio Stock to Flow Bisa Meningkat Dua Kali Lipat

 

Related articles

investasi di bitcoin

Mark Cuban : Berinvestasi Bitcoin Lebih Unggul Dibanding Emas

  Pada awalnya Mark Cuban, miliarder asal Amerika pemilik klub NBA Dallas Maverick, meremehkan emas dan Bitcoin. Tetapi dalam sebuah wawancara yang baru muncul dengan Kitco, Kuba mengatakan supply Bitcoin yang bersifat tetap memberikannya keuntungan dibandingkan berinvestasi pada logam mulia. “Aku benci emas. “emas” itu seperti agama atau kepercayaan. Ada beberapa nilai mendasar untuk emas,namun […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *