Highlight Berita Blockchain dan Kripto (18 Februari – 25 Februari 2019)

berita blockchain minggu ini

Hai Digitalis! Berikut adalah highlight berita blockchain dan kripto dari 18 hingga 25 Februari 2019!

1. Hadiah BTT untuk Seeding di BitTorrent Bisa Dijalankan pada Q2 2019

Tim BitTorrent baru-baru ini mengumumkan peluncuran BitTorrent Speed, sebuah aplikasi terdesentralisasi (dapp) yang akan diluncurkan pada paruh kedua tahun ini (Q2 2019). DApp baru ini akan digunakan untuk memberi hadiah kepada pengguna yang melakukan seed dengan imbalan token BTT.

Produk baru ini akan menjadi aplikasi terdesentralisasi terbesar yang akan menempatkan 100 juta pengguna layanan BitTorrent lama pada platform berbagi file P2P. Pada dasarnya, perangkat lunak ini akan digunakan untuk memberikan hadiah bagi pengguna yang menghabiskan file seeding bandwidth mereka yang diunggah ke pengguna P2P lainnya.

Perusahaan juga telah menegaskan bahwa pembuat konten akan memiliki konten yang didukung oleh klien torrent ini dan bahwa visi jangka panjang perusahaan adalah membuat struktur yang akan memungkinkan pembuat konten memposting produk mereka secara langsung di sana dan menerima uang untuk ini.

Terakhir, ketika Anda mengunduh file, Anda bisa membiarkannya melakukan seeding untuk menghasilkan uang sendiri dan menerima token BTT. Semakin banyak Anda menyemai, semakin banyak yang akan Anda dapatkan.

 

2. Ethereum Constantinople dan St. Petersburg Hard Fork akan Terjadi pada Tanggal 28 Februari 2019

Hard Fork yang telah lama ditunggu-tunggu sejak Januari akhirnya sudah mendapatkan tanggal peluncuran yang pasti. Hard fork ini akan terjadi pada tanggal 28 Februari 2019 atau lebih tepatnya pada block ke 7.280.000.

Pengguna atau pemegang ethereum yang menggunakan pertukaran, layanan dompet web, layanan dompet seluler, atau dompet perangkat keras tidak perlu melakukan apa pun kecuali mereka diberi tahu untuk mengambil langkah tambahan melalui layanan pertukaran atau dompet mereka.

Selain itu, operator dan miner harus mengunduh versi terbaru dari klien ethereum mereka untuk tetap mematuhi proses. Jika seorang miner menggunakan klien ethereum yang tidak diperbarui ke versi terbaru, klien akan menyinkronkan ke blockchain peningkatan pra-jaringan setelah peningkatan terjadi. Miner tersebut akan terjebak dalam rantai yang tidak kompatibel mengikuti aturan lama dan tidak akan dapat mengirim eter atau beroperasi pada jaringan ethereum pasca pemutakhiran.

Hard fork dilakukan sebagai langkah untuk transit dari protokol Proof of Work (PoW) ke protokol Proof of Stake (PoS) (pembaruan Casper). Ini diharapkan membuat jaringan ETH lebih cepat dan lebih murah untuk beroperasi. Ini mungkin kontroversial karena akan mengurangi hadiah penambang dari 3 ETH menjadi 2 ETH.

 

3. Peneliti Stanford Kembangkan Mekanisme Privasi untuk Smart Contract Ethereum

Para peneliti dari Universitas Stanford dan Riset Visa telah mengembangkan mekanisme privasi untuk smart contract Ethereum (ETH). Sebuah makalah yang menjelaskan mekanisme ini diterbitkan di situs web Grup Kriptografi Terapan Universitas Stanford pada 20 Februari 2019.

Menurut makalah itu, para peneliti menciptakan “mekanisme pembayaran rahasia yang sepenuhnya terdesentralisasi” yang disebut “Zether” yang konsisten dengan Ethereum dan platform smart contract lainnya. Pengembang dilaporkan mengembangkan smart contract baru – yang dapat dieksekusi baik secara individu atau dengan smart contract lainnya – yang memelihara saldo akun yang dienkripsi dan memungkinkan penyetoran, transfer dan penarikan dana melalui bukti kriptografi.

Para penulis mengklaim dalam laporan bahwa transaksi pada Zether bersifat rahasia, di mana satu transaksi menelan biaya sekitar 0,014 ETH atau sekitar $ 1,51 pada saat pers. Kerahasiaan yang ditingkatkan dilaporkan diaktifkan oleh opsi untuk mengunci dana di akun ke kontrak pintar. Jenis anonimitas yang dijamin oleh Zether lebih mirip dengan Monero (XMR), kata laporan itu, menjelaskan:

“Kami mendeskripsikan ekstensi ke Zether yang juga dapat menyembunyikan pengirim dan penerima yang terlibat dalam transaksi di antara sekelompok pengguna yang dipilih oleh pengirim. Meskipun overhead yang terkait dengan anonimitas berskala linear dengan ukuran grup, tidak diperlukan pengaturan tepercaya dan tidak ada perubahan pada platform kontrak pintar yang mendasarinya. ”

“Kontrak Zether tidak akan pernah mentransfer dana tanpa terlebih dahulu memeriksa  bukti transfer yang sesuai, bahkan jika permintaan tersebut berasal dari kontrak pintar lain yang aturannya tidak mengizinkan transfer ilegal. Keputusan desain ini memastikan bahwa keamanan Zether hanya tergantung pada dirinya sendiri dan bukan pada kontrak pintar luar. Bahkan kontrak pintar yang ditulis dengan berbahaya atau tidak aman tidak dapat menyebabkan Zether melakukan kesalahan.”

 

4.Bank Frick Liechtenstein Luncurkan Platform Perdagangan Institusional Crypto

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh bank pada 20 Februari, DLT Markets akan menyediakan akses infrastruktur bagi pelanggannya untuk membeli dan menjual aset digital dari beberapa bursa. Perusahaan telah mengatakan ini “memungkinkan investor untuk berdagang dan mengelola token digital dalam lingkungan yang diatur, seperti yang biasa mereka lakukan dari bisnis sekuritas tradisional.”

Unit ini juga akan mengelola data pesanan dan melakukan proses manajemen risiko dan posisi sebagai bagian dari upaya untuk memesan aset dan pembayaran secara aman, katanya. Pada saat yang sama, Bank Frick akan memberikan layanan kustodian kepada investor institusional yang memperdagangkan mata uang kripto, yang harus mematuhi persyaratan pengetahuan penuh pelanggan dan anti pencucian uang.

Bank Frick baru-baru ini mendirikan Distributed Ventures AG, anak perusahaan yang bertugas mempromosikan dan membiayai startup fintech dan blockchain. Dengan demikian, peluncuran DLT Markets dipandang sebagai “langkah lebih lanjut untuk Bank Frick dalam mengembangkan ekosistem keuangan berorientasi masa depan, yang menggabungkan keamanan peraturan dengan manfaat dari blockchain perbankan,” menurut CEO Edi Wögerer.

Related articles

Alasan Mengapa Bitcoin adalah Investasi yang Tepat Untuk Milenial – Liputan Khusus BlockJakarta 2019

Pada 2 Mei 2019 di BlockJakarta, Gabriel Rey De Leroy selaku CEO dari Triv menjelaskan bahwa bitcoin (BTC) merupakan alternatif investasi yang tepat untuk milenial. Setiap tahunnya, Indonesia mengalami inflasi sebesar 3-4%, hal ini yang memicu masyarakat harus mempertimbangkan sebuah alternatif lain dibandingkan hanya menabung di bank saja, salah satunya adalah dengan berinvestasi. Gabriel memaparkan […]

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Investor Crypto pada 2019

  2018 adalah tahun yang penuh tantangan bagi market cryptocurrency dan 2019 akan membawa rintangan serta peluang baru bagi investor cryptocurrency. Pada artikel ini, Anda akan diperkenalkan dengan lima aspek utama yang perlu diwaspadai oleh investor mata uang digital pada tahun 2018. 2018 adalah tahun yang menarik bagi crypto. Tema utama tahun ini adalah regulasi, […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *