Investasi Bitcoin : Kenapa Kita Harus Melihat Bitcoin Sebagai Aset Logaritmik ?

analisa harga bitcoin

Jika Anda lihat grafik bitcoin seperti di atas, keduanya adalah grafik pergerakan harga Bitcoin.

Tapi kok berbeda ?

Yang di atas adalah grafik aritmatik atau linear, sedangkan yang di bawah adalah grafik logaritmik.

Jika Anda sedang berminat berinvestasi pada cryptocurrency dan bitcoin pada khususnya, Anda perlu memahami perbedaanya, termasuk kenapa bitcoin adalah jenis aset logaritmik.

 

Perbedaan grafik Aritmatik / Linear VS Logaritmik

Apa itu grafik aritmatik ? grafik aritmatik sering dikenal sebagai grafik linear, berarti nilai harga di grafik memiliki jarak yang sama, seperti pada umumnya Anda lihat dalam grafik apapun.

Apa itu grafik logaritmik ? Grafik harga logaritmik diplot sedemikian rupa sehingga nilai harga tidak memiliki jarak yang sama satu sama lain, tetapi di plot sehingga 2 perubahan harga yang sama dalam persentase di plot sebagai jarak vertikal yang sama. Contohnya jarak antara 10$ dan 20$ sama dengan jarak antara 20$ dan 40$ karena keduanya berarti kenaikan 100% dalam harga.

analisa bitcoin

Cara melihat grafik harga logaritmik Bitcoin

Berikut ini adalah langkah singkat untuk melakukan analisa harga bitcoin sebelum Anda melakukan investasi bitcoin :

  1. Bukalah Tradingview.com
  2. Pilihlah BTC/USD (crypto-coinbase)

harga bitcoin

 

Anda akan melihat chart harga bitcoin seperti gambar di bawah ini. “Harganya bisa naik tinggi, bisa juga turun jauh”. Ini adalah grafik aritmatik atau linear.

grafik harga artitmatik bitcoin

Anda lihat tombol “Log” di kanan bawah

Jika Anda menekan tombol log maka Anda akan bisa melihat grafik logaritmik dari bitcoin. Lebih enak dilihat kan ?

grafik bitcoin

Kenapa Bitcoin Adalah Logaritmic Asset ?

Grafik logaritmik yang Anda lihat menunjukkan bahwa bitcoin dan crypto tumbuh dan memiliki perilaku logaritmik. “logaritmik” adalah suatu istilah yang banyak disebut dalam pertumbuhan startup teknologi saat mengalami viral growth atau hockey stick growth. Hanya sedikit di dunia yang memiliki potensi growth seperti ini dan bisa membawa Warren Buffet jadi begitu kaya.

Baca Juga : Ratio Stock to Flow Bitcoin – Kenapa Analis Bilang Harga Bitcoin Bisa Sangat Tinggi ?

Karakter non linear seperti ini sangat menarik karena jika pertumbuhannya terus berlanjut, bitcoin bisa kembali ke harga $20,000 .. mungkin juga bisa $200,000 karena mekanisme viral dari aset ini terus menyebar.

Dengan total market cap bitcoin ada di angka $177 juta dan total market cap cryptocurrency lebih dari $270 juta, bisa dibilang pertumbuhan harga bitcoin x10 bukanlah hal mustahil.

 

Perbedaan dari Liner Scale VS Logaritmic Scale

Grafik logaritmik berguna jika harga dari asset yang Anda analisa bergerak dalam rentang persentase yang besar dalam periode yang Anda analisa. Dalam arti lain, aset yang Anda analisa bersifat eksplosive, viral.

Grafik logaritmik sangat berguna untuk menganalisa jangka panjang karena Anda fokus pada persentase (%) dari pergerakannya.

Sedangkan grafik linear / aritmatik scale adalah untuk day trader Grafik linear/artimatik biasanya lebih cocok diaplikasikan untuk crypto atau saham yang bergerak dalam range yang kecil atau timeframe yang pendek, misalnya trading intraday yang banyak digunakan day trader.

Konsekuensi dari  Bitcoin Sebagai Aset Logaritmik

Kemungkinan rugi 100%  VS untung 1,000%.

Sepanjang money management Anda benar, bisa dibilang Anda akan memiliki rasio risk/reward yang sangat bagus.

Money management maksudnya adalah setiap kali open position, jangan gunakan porsi yang besar (mis.50%) dari modal Anda untuk mengurangi tekanan psikologis saat aset turun

 

Tetap Perhatikan News & Fundamental

Ingat, walaupun bitcoin adalah logaritmic asset, Anda tentu tetap harus memperhatikan news dan berita-berita yang bisa mempengaruhi harga bitcoin, termasuk ekonomi dunia – karena bitcoin sering dijadikan safe heaven asset.

 

Jika Anda ingin melakukan investasi bitcoin, terutama jangka panjang alias HODL, Anda harus mengerti perbedaan grafik logaritmik dan juga linear !

 

Baca Juga Informasi Lainnya Tentang Bitcoin

 

Trading Bitcoin : Hati-Hati Dengan 50 Jenis Kesalahan Trading ini

 

Goldman Sachs Memprediksi Perang Dagang AS-Cina akan Berlanjut sampai 2020, Apa Manfaatnya bagi Bitcoin?

 

Related articles

survey Bitcoin

21 Juta Investor di AS Tertarik dengan Bitcoin : Laporan Grayscale

  Dalam sebuah studi baru yang dikeluarkan oleh Grayscale Investments yang bekerja sama dengan Q8 Research, 1.100 investor AS mengungkapkan bahwa 36% akan mempertimbangkan investasi dalam Bitcoin, mewakili pasar potensial lebih dari 21 juta investor, dengan asumsi publik investasi AS berjumlah 63 juta. Menurut Grayscale, survei tersebut mewakili beberapa data yang dibagikan secara publik pertama […]

apa itu bitcoin halving

“Waktu Terbaik untuk Beli Bitcoin adalah Sebelum Halving Events”, Yang Berarti Sekitar Sekarang

Looposhi, seorang komentator Twitter terkenal dengan hampir 54.000 followers, telah mengamati tren bitcoin yang historis bahwa periode sebelum halving events Bitcoin telah menandai siklus market yang paling bawah dan mengklaim bahwa sekarang adalah waktu untuk memperoleh bitcoin dengan harga murah. Baca Juga : Penjelasan Tentang Apa Itu Halving Event Bitcoin dan Kapan Selanjutnya   Historically, […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *