Jepang Kini Serius Mempertimbangkan Mata Uang Digital

Digital currency jepang

Pemerintah Jepang dikatakan serius mempertimbangkan mengeluarkan mata uang digital yang diterbitkan oleh bank sentral (CBDC).

Surat kabar keuangan terbesar Jepang Nikkei melaporkan berita itu pada hari Selasa, mengatakan bahwa pemerintah akan memasukkan rencana CBDC dalam kerangka kebijakan tahun ini. Dimasukkannya rencana semacam itu dalam kerangka kebijakan Jepang akan menjadikannya kebijakan resmi pemerintah, menurut laporan.

Baca juga : Apa itu Bitcoin

Jepang sedang mencari kemungkinan penerbitan CBDC dalam koordinasi dengan negara-negara lain, seperti AS dan negara-negara Eropa, per laporan.

Berita itu datang hanya seminggu setelah Bank of Japan (BOJ), bank sentral negara itu, secara resmi mengatakan akan bereksperimen dengan CBDC untuk memeriksa kelayakannya dari perspektif teknis.

Jepang telah dikenal untuk meneliti CBDC untuk sementara waktu. Pada bulan Januari, BOJ bermitra dengan lima bank sentral utama lainnya seperti, Bank Inggris, Bank Kanada, Bank Sentral Eropa, Sveriges Riksbank (Swedia), dan Bank Nasional Swiss untuk mengeksplorasi mata uang digital.

Sementara BOJ sebelumnya mengatakan tidak memiliki rencana segera untuk mengeluarkan yen digital, laporan terbaru menunjukkan urgensi karena mata uang digital China “hampir siap.” Seorang anggota parlemen Jepang pernah berkata bahwa Jepang akan membutuhkan dukungan dari A.S. untuk mengekang pengaruh potensial dari yuan digital China.

 

Informasi lainnya tentang Blockchain dan Smart Contract

Pengetahuan Dasar Tokenisasi dan Smart Contract Blockchain (Video Replay)

Related articles

Stellar Foundation Menunjuk Mantan COO Mozilla Sebagai CEO dan Eksekutif Direktur

The Stellar Development Foundation mengumumkan penunjukan Denelle Dixon, mantan COO pada perusahaan teknologi non-profit Mozilla sebagai CEO dan eksekutif direktur. Stellar Foundation mengumumkan hal ini pada siaran pers di 14 Maret. Jed McCaleb, Co-Founder dan eksekutif direktur sekarang berfokus pada jaringan protokol dan strategi sebagai Chief Architect. Pada siaran pers tersebut disebutkan bahwa Dixon akan memimpin perusahaan […]

Siapa Pemilik Vexanium yang Sebenarnya?

Pernahkah Anda mendengar tentang Vexanium ? Apa yang anda ketahui tentang Vexanium? Sebuah protokol blockchain karya anak bangsa? Katanya blockchain terdesentralisasi, tapi kenapa ada entitas di belakangnya? Lalu siapa pemilik Vexanium? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus mengetahui terlebih dahulu dasar dari protokol ini sendiri. Vexanium adalah protokol blockchain bersifat terbuka yang digunakan untuk membuat […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *