Kemenko Ekonomi Berminat Sediakan Pulau Khusus Blockchain – Liputan Khusus BlockJakarta 2019

Edi Prio Pambudi di BlockJakarta. photo by Pak Ferdian, Atmajaya University

 

Pak Edi prio pambudi, Coordinating ministry kemenko ekonomi di event BlockJakarta 2019 menyampaikan pandangan pemerintah tentang pelaku industri blockchain di Indonesia.

Pak Edi dan tim kemenko ekonomi mempercayai bahwa stakeholder di dunia akan terintegrasi di mana sistem ekonomi global yang beyond nations control menjadi kenyataan melalui teknologi blockchain.

 

Baca juga : Menjelaskan blockchain dengan 3 level yang berbeda

 

Dalam hal ini pemerintah memiliki dilemma, jika dibiarkan, sistem yang sudah ada saat ini akan terkena disruptive karena pemerintah akan akan sulit mengontrol beberapa aspek, namun sebaliknya jika di block atau dilarang, pemerintah akan jadi tidak kompetitif.

Pemerintah menyadari bahwa society saat ini berjalan menuju automated algorithm society, berdasarkan kombinasi AI dan big data, dengan adanya smart contract yang merupakan fitur blockchain membuat banyak hal bisa dieksekusi dengan otomatis

Ide-ide yang dimunculkan startup  blockchain harus bersinergi dengan pemangku kepentingan dan pemain blockchain lainnya. Jangan berjalan sendiri, karena untuk implementasi teknologi baru di existing economic structure, tidak akan mudah, karena existing economic system sangat kaku dan tidak fleksibel. Ketika sebuah model sudah establish, akan sangat sulit untuk mengubahnya

Startup crypto awalnya tidak hanya didesain untuk diperdagangkan di exchange, tetapi sebuah project untuk mendesain dan mengimplementasi system ekonomi alternative.

Pak Edi juga menyampaikan bahwa kemenko berminat untuk menyediakan “pulau khusus” bagi blockchain enthusiast dan blockchain developer yang bisa memberikan solusi bagi bangsa Indonesia. Indonesia punya belasan ribu pulau, tidak masalah jika berikan 1 khusus untuk blockchain. Pulau itu adalah batam yang diimpikan sebagai Zona Ekonomi terspesialisasi untuk blockchain di mana semua biaya riset dan akomodasi disupport oleh pemerintah.

Pak Edi secara khusus menyebut mengundang seluruh developer blockchain untuk memberikan solusi logistik yang merupakan masalah penting di Indonesia yang memiliki banyak pulau, kenaikan 1% saja di Logistic Performance Index akan meningkatkan 60% dari perdagangan suatu negara.

 

Baca Juga informasi Lainnya Tentang Blockchain :

 

Apa Itu Teknologi Blockchain ? Berikut Ini Quote Dari Para Ahli

Related articles

Danny Baskara - Vexanium - Pandu Sastro - Kendi io

Peluang dan Adopsi Blockchain di Indonesia oleh Vexanium & Kendi di Blockjakarta 2019

  Salah satu diskusi panel di Blockjakarta 2019 diisi oleh Danny Baskara, Founder & CTO Vexanium Indonesia Public Blockchain dan Pandu Sastrowardoyo CTO Kendi.io “Keuangan Digital”. Danny dan Pandu memaparkan tentang peluang dan adoption blockchain di Indonesia. Artikel ini adalah bagian dari liputan khusus blockjakarta.   Danny Baskara, Vexanium.com Vexanium adalah indonesia public blockchain untuk […]

5 Alasan Security Token akan Menjadi yang Paling Berhasil – Liputan Khusus BlockJakarta 2019

CFO (Chief Financial Officer) dari BlueShare.io, Dr. Zlatin Sarastov dalam event Blockjakarta2019 menyampaikan bahwa ada 5 alasan mengapa security token akan menjadi yang paling berhasil di antara jenis-jenis token lainnya. Alasan-alasan tersebut adalah: Akses lebih awal terhadap startup (early access) Perusahaan atau investor bisa mengakses proyek lebih awal untuk bisa ikut mengembangkan dan berpartisipasi dalam […]

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *