Kenapa Harga Bitcoin Naik? Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik

harga bitcoin naik

Harga Bitcoin baru – baru ini naik 20 % di Januari 2020. Kenapa harga Bitcoin naik ?

Ketika dunia dengan cemas menyaksikan peristiwa-peristiwa yang bergejolak di Timur Tengah minggu ini, para investor telah beralih ke tempat yang dikenal aman untuk masa-masa krisis. Sepanjang sejarah, emas telah menjadi sarana investasi yang terbukti selama masa-masa sulit yang serupa, dari perang hingga krisis hingga krisis ekonomi. Namun, selama minggu terakhir, kami melihat perkembangan penting yang harus dianalisis dengan cermat. Meningkatnya gejolak di Timur Tengah memicu peristiwa yang banyak diantisipasi, yang memungkinkan pewaris emas digital untuk menunjukkan intensitas dan kekuatannya untuk (hampir) pertama kalinya.

Siapa pewaris ini? Bitcoin, tentu saja.

Pembunuhan jenderal Iran Qasem Soleimani dan serangan rudal Iran terhadap pasukan AS di Irak memunculkan pernyataan agresif oleh Presiden AS dan para pemimpin Iran, dan menimbulkan keprihatinan yang tulus tentang kemungkinan eskalasi yang melintas ke bagian lain dunia. Berita utama “Perang Dunia Ketiga” bahkan terlihat di outlet media tertentu. Respons investor pendek dan tajam: pasar saham global jatuh, dan semua orang bergegas mencari perlindungan finansial, banyak yang membeli Bitcoin.

Berbicara secara historis kenapa harga Bitcoin naik

Sepanjang sejarah, tujuan investasi yang diakui dalam situasi seperti itu adalah Emas: aset langka yang mempertahankan nilainya, dan terlepas dari pengaruh yang mungkin berbahaya dari pemerintah dan pasar biasa. Dan memang, minggu ini Emas mencapai level tertinggi tujuh tahun (bersamaan dengan kenaikan harga minyak, juga terkait langsung dengan peristiwa di Timur Tengah).

Bangkitnya Bitcoin

Hasil yang jauh lebih tidak dapat diprediksi adalah lompatan tajam kenaikan harga Bitcoin lebih dari 20% hanya dalam beberapa hari; dari kurang dari $ 7.000 AS hingga $ 8.350 AS. Dengan setiap berita utama baru yang menghancurkan, Bitcoin melambung lebih jauh. Fakta bahwa seiring dengan emas sejak itu sedikit menurun, karena berita dari front AS-Iran menjadi lebih santai, hanya memperkuat fakta bahwa Bitcoin telah menunjukkan perannya sebagai safe haven digital bagi investor.

Kelebihan Bitcoin dibandingkan Emas

Bitcoin memiliki keunggulan signifikan dibandingkan emas, berkat sifatnya yang digital dan terdesentralisasi, yang menjanjikan alternatif yang lebih cerdas dan lebih mutakhir bagi investor. Ia menikmati keunikan seperti emas sebagai alat investasi dengan karakteristik penyimpan nilai yang sempurna, berkat kelangkaannya, dengan pasokan maksimum 21 juta koin. Di atas semua ini, dan sangat berbeda dengan emas, Bitcoin dan cryptocurrency lainnya dapat ditransfer ke seluruh dunia, dalam beberapa menit atau jam, tanpa sensor atau intervensi dalam bentuk apa pun oleh pihak ketiga.

Dalam keadaan dunia tertekan, Bitcoin adalah Tujuan Jelas

Beberapa tahun terakhir telah menunjukkan bukti yang berkembang bahwa Bitcoin adalah sarana investasi yang berguna dan aktif dalam situasi sulit di seluruh dunia. Investor mencari cara untuk menjaga uang mereka terpisah dari dampak yang tidak diketahui dari pemerintah dan situasi negatif di pasar modal dan konsumen biasa. Sebagai contoh, Bitcoin semakin banyak digunakan di negara-negara dalam krisis ekonomi yang parah, seperti Venezuela.

Meningkatnya Kekuatan Bitcoin

Perang dagang antara AS dan Cina masih membayangi pasar global. Tumpukan hutang triliunan dolar dan melemahnya uang tradisional meningkatkan kekhawatiran akan datangnya krisis keuangan dan moneter. Dan jika itu tidak cukup, pertumbuhan ekonomi yang rapuh bahkan di negara-negara terkuat tidak menjanjikan masa depan yang cerah. Di bawah kondisi seperti itu, dapat diharapkan bahwa pencarian investor untuk aset alternatif, seperti Bitcoin dan cryptocurrency lainnya akan semakin kuat di masa mendatang.

 

sumber : dailyhodl

 

4 Kelebihan Bitcoin Dibanding Cryptocurrency Lain pada tahun 2020

 

70% Bitcoin Belum Bergerak Selama Lebih Dari 6 Bulan, dan Ini Berarti Harga Akan Naik

 

 

 

Related articles

tingkat pengembalian bitcoin

3 Alasan Dari VanEck Kenapa Harus Memasukkan Bitcoin (BTC) dalam Portofolio Investasi Anda

Awal minggu ini, perusahaan manajemen investasi VanEck memberikan penjabaran mengenai investasi Bitcoin dalam presentasi 31 halaman yang sangat mengesankan. Kenapa harus Investasi bitcoin ? Report Vaneck from Rein Mahatma Dalam sebuah posting blog yang diterbitkan pada tanggal 8 Oktober, VanEck berfokus pada satu bagian dari presentasi ini: tiga alasan untuk memasukkan Bitcoin dalam portofolio investasi […]

Peluncuran Bakkt Dapat Meningkatkan Kepercayaan Terhadap Pasar Crypto

Tahun lalu, banyak peserta dalam pasar crypto telah melihat ke arah peluncuran resmi Bakkt sebagai peristiwa potensial yang akan membawa sejumlah besar institusi ke pasar crypto, karena itu dapat mengkatalisasi pergerakan Bitcoin Bull movement. Sekarang, pasar hanya tinggal menunggu beberapa hari lagi dari peluncuran platform ini, dan para analis mengamati dengan seksama untuk melihat bagaimana […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *