Kenapa Technical Analysis Bisa Diemplementasikan dalam Trading Kripto

teknikal analysis kriptoSchelling Point. Sumber Gambar : blog.sia.tech

 

In game theory, a focal point is a solution that people will tend to use in the absence of communication, because it seems natural, special, or relevant to them. The concept was introduced by the Nobel Memorial Prize-winning American economist Thomas Schelling in his book The Strategy of Conflict

 

Apakah Anda percaya bahwa analisa teknikal cryptocurrency bisa dipakai dalam melakukan trading crypto ? berikut ini penjelasannya.

 

Dalam melakukan trading cryptocurrency dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan, ada banyak hal yang perlu diketahui oleh seorang trader. Hal-hal tersebut seperti: teknik scalping, membaca whitepaper, membaca tren, menganalisis chart, dsb.

Baca juga : Cara trading bitcoin dan cryptocurrency

Salah satu teknik yang harus diketahui oleh seorang trader dalam melakukan trading cryptocurrency adalah technical analysis. Sama seperti namanya, technical analysis merupakan sebuah disiplin analisa teknis untuk mengevaluasi dan mengidentifikasi harga berdasarkan analisis terhadap tren yang sedang terjadi dan volume exchange yang ada.

Secara garis besar, technical analysis biasanya dilakukan dengan menggambar sebuah garis dalam grafik harga yang ada dalam sebuah cryptocurrency tertentu (price chart). Kemudian dari garis tersebut maka trader mulai mendapatkan sebuah benang merah dimana titik dia harus membeli atau menjual asetnya.

Technical analysis memungkinkan untuk digunakan dalam cryptocurrency trading karena pada dasarnya yang menentukan nilai harga dari suatu aset, kapan membeli dan menjual aset tersebut – adalah manusia. Semua orang melihat pada grafik harga yang sama dan semua orang menggambar sebuah garis yang sama, sehingga tentunya hal ini sangat memungkinkan orang-orang untuk sepakat memprediksi kapan harus membeli dan menjual.

Contoh, anda sedang liburan bersama teman-teman anda ke sebuah pulau dan tidak ada seorangpun yang membawa telepon genggam. Kemudian anda terpisah dengan teman-teman anda. Bagaimana cara anda bertemu dengan teman-teman anda? Salah satu cara  untuk saling bertemu dengan teman-teman anda adalah untuk menebak pertemuan di satu titik tertentu yang Anda dan teman-teman telah bertemu di situ sebelumnya. Dengan  menebak apa yg orang lain tebak, maka anda telah menganalisa kemungkinan yang dipikirkan orang lain, begitu juga sebaliknya.

Hal ini disebut dengan schelling point. yang merupakan hasil penelitian Thomas Schelling. Menurut Wikipedia, Schelling point adalah “is a solution that people will tend to use in the absence of communication, because it seems natural, special, or relevant to them.”

Alasan lain kenapa technical analysis bisa digunakan dalam memprediksi harga dalam cryptocurrency adalah pasar crypto yang masih sangat kecil, hal ini yang membuat technical analysis lebih efektif dibandingkan dengan pasar yg besar. Di pasar yang besar ada sebuah real demand (bukan berdasarkan spekulasi), grafik harga lebih susah diprediksi, karena ada pemain besar seperti wall street dan lembaga investasi yang masuk ke dalam market.

Jadi apa pendapat anda tentang technical analysis? Apakah anda akan memanfaatkan technical analysis dalam teknik cryptocurrency trading anda?

 

Baca Juga Informasi Lain Tentang Analisa Teknikal Untuk Trading Kripto

Memahami MACD Untuk Trading Cryptocurrency

Related articles

China Berada Di Balik Rally Bitcoin Terbaru? Pencarian Blockchain Meledak Di China !

Bukan rahasia lagi bahwa kemarin adalah hari yang menyenangkan bagi para investor crypto, dengan Bitcoin melonjak lebih dari 40% dari posisi terendah $ 7.300 ke level tertinggi $ 10.600, sebelum kehilangan tenaga dan kembali ke wilayah $ 9.000 yang lebih rendah. Masih belum jelas faktor apa yang memicu pergerakan ini, meskipun beberapa analis dan investor […]

harga bitcoin awal April 2019

Mengapa Nilai Bitcoin Masih Sangat Undervalued Sebesar 64% ?

  Harga bitcoin yang baru saja mengalami kenaikan rally 30% di awal April 2019, ternyata masih dianggap sangat undervalued, atau nilai seharusnya amat jauh di atas nilai sekarang. Baca Juga : Tools Untuk Membantu Anda Trading Bitcoin dan Cryptocurrency Salah satu pendiri Fundstrat Global Advisors, Tom Lee bukan hanya percaya bahwa kenaikan minggu ini sudah […]

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *