Krisis Coronavirus Membuat Central Bank Digital Currency (CBDC) Menjadi Lebih Fokus 

Kepala Pusat Bank of International Settlements (BIS) Innovation Hub mengatakan akhir pekan lalu bahwa krisis coronavirus yang sedang berlangsung telah menempatkan percakapan global seputar mata uang digital bank sentral (CBDC) “menjadi fokus yang lebih tajam.”

Komentar itu muncul selama webinar yang diselenggarakan oleh Accenture, Digital Commerce dan Komite Bretton Woods ReReinventing pada 17 April. Benoît Cœuré menyentuh dua bidang “ketahanan dan teknologi” – yang ia harapkan akan relevan dalam pasca COVID 19 dunia dari perspektif bank sentral dan pembayaran.

Selama komentarnya, Cœuré mengatakan bahwa “krisis telah mengekspos nilai teknologi yang memungkinkan ekonomi untuk beroperasi jauh dan sebagian mengatasi jarak sosial. Perubahan drastis dalam pola kerja dan konsumsi, seperti perubahan dramatis ke belanja online, akan memiliki dampak abadi pada hubungan ekonomi. ”

Dia melanjutkan dengan mengatakan:

“Diskusi saat ini tentang mata uang digital bank sentral juga menjadi fokus yang lebih tajam. Apakah COVID-19 akan mempercepat kehancuran uang tunai adalah pertanyaan terbuka. Tapi sudah, itu menyoroti value memiliki akses ke beragam cara pembayaran, dan kebutuhan untuk segala cara pembayaran agar tahan terhadap berbagai ancaman. “

“COVID-19 akan mempercepat transisi digital melampaui pembayaran,” tambahnya.

Awal bulan ini, buletin BIS menunjukkan bahwa pandemi dapat menyebabkan perubahan dalam kebiasaan pembayaran, mengingat kekhawatiran bahwa uang kertas kertas dapat berfungsi sebagai vektor infeksi untuk corona virus.

Para peneliti dari BIS mengatakan pada bulan Januari bahwa bank-bank sentral di seluruh dunia sedang mengejar “pekerjaan ekstensif” di depan mata uang digital.

 

Informasi lain tentang CBDC :

Apa Saja Negara Yang Mengkaji Central Bank Digital Currency (CBDC) ?

Bank of England Menerbitkan Paper Tentang Central Bank Digital Currency (CBDC)

 

Related articles

Craig Wright Dapatkan Hak Cipta Whitepaper dan Kode Original Bitcoin

Pada 20 Mei 2019 yang lalu, Craig Wright mendapatkan hak cipta buku putih (whitepaper) dan kode original pemrograman bitcoin. Setelah mengaku sebagai pencipta dari bitcoin dengan nama samaran Satoshi Nakamoto sejak tahun 2015, Wright terus berupaya membuktikan klaim dan pernyataannya tersebut, salah satunya adalah dengan mendaftarkan dirinya untuk mendapatkan hak cipta dari bitcoin. Berdasarkan situs resmi […]

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Investor Crypto pada 2019

  2018 adalah tahun yang penuh tantangan bagi market cryptocurrency dan 2019 akan membawa rintangan serta peluang baru bagi investor cryptocurrency. Pada artikel ini, Anda akan diperkenalkan dengan lima aspek utama yang perlu diwaspadai oleh investor mata uang digital pada tahun 2018. 2018 adalah tahun yang menarik bagi crypto. Tema utama tahun ini adalah regulasi, […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *