Lanjutan Pengujian Sistem Blockchain Antar Bank oleh Asosiasi Pebankan Italia

Asosiasi Perbankan Italia (ABI) saat ini sedang menguji solusi antar bank blockchain berdasarkan platform ledger open-source R3 Corda, FinExtra melaporkan pada hari Rabu, 13 Februari.

ABI menyatakan bahwa platform tersebut telah dikembangkan bersama dengan mitra teknisnya – R3, perusahaan IT Jepang NTT Data dan perusahaan ICT Italia Sia. Proyek, dijuluki “Spunta,” dilaporkan sekarang sedang diuji oleh 18 bank yang mewakili 78 persen dari sektor perbankan Italia dengan jumlah karyawan.

Sistem antar bank bertenaga blockchain oleh ABI berhasil melewati tahap awal pengujian pada Oktober 2018, dengan partisipasi dari 14 bank lokal.

Menurut asosiasi, proyek ini sekarang dalam tahap pra-produksi dan akan diluncurkan lebih berfokus pada kelompok tertentu setelah sejumlah tes awal. Selain itu, pengembang akan menguji stabilitas platform dengan menghasilkan volume transaksi selama 365 hari.

Pada saat yang sama, ABI dan mitranya sedang mengembangkan pembaruan tambahan yang akan diuji oleh bank percontohan, merekonstruksi proses produksi dari seluruh sektor perbankan Italia, catatan asosiasi.

Parlemen Italia baru-baru ini mengesahkan undang-undang yang mendefinisikan teknologi ledger terdistribusi (DLT) dan blockchain, serta kriteria teknis yang harus dipatuhi kontrak cerdas untuk memiliki validitas hukum. Maria Laura Mantovani, anggota Parlemen Italia, mengatakan kepada Cointelegraph Italia bahwa kasus penggunaan yang menguntungkan untuk blockchain adalah aplikasinya dalam pemungutan suara online.

Pada Desember 2018, Italia bergabung dengan enam negara Eropa lainnya (Malta, Prancis, Siprus, Portugal, Spanyol, dan Yunani) yang setuju untuk mempromosikan penggunaan DLT di wilayah tersebut. Pemerintah yang berpartisipasi menjelaskan bahwa ini bisa menjadi inovasi yang signifikan bagi ekonomi UE selatan.

R3 Corda sering digunakan oleh perusahaan keuangan besar. Sebagai contoh, pada akhir 2018, perusahaan jasa keuangan dan perbankan Jerman Commerzbank, perusahaan Prancis dan bank investasi Natixis dan perusahaan jasa keuangan Belanda Rabobank menyelesaikan transaksi kertas komersial langsung berdasarkan platform blockchain ini.

Baru-baru ini, perusahaan jasa keuangan Jepang SBI Holdings secara resmi mengumumkan perjanjian bersama dengan R3 untuk memperluas bisnis mereka di Asia.

Related articles

Twitter Akan Mengembangkan Platform Media Sosial Berbasis Blockchain yang Terdesentralisasi

Jack Dorsey, CEO Twitter dan Square, mengumumkan bahwa Twitter akan mengembangkan platform media sosial berbasis blockchain yang terdesentralisasi. Lebih khusus lagi, Twitter Chief Technical Officer (CTO)  Parag Agrawal akan mencari pemimpin untuk tim yang akan mengembangkan platform ini. Kemudian pemimpin akan mempekerjakan orang lain yang dibutuhkan. Setelah itu, Twitter Inc. akan mendanai proyek sampai selesai. […]

kursus bitcoin

Perang Dagang US-China Menyebabkan Nilai Bitcoin Melonjak?

Pada Selasa, 14 Mei 2019, harga bitcoin yang diperdagangkan di exchange menyentuh angka $8300 atau setara dengan Rp 120.000.000 (berdasarkan kurs saat artikel ini ditulis). Peningkatan sebesar 15% dalam beberapa hari ini menyentuh nilai tertinggi untuk tahun 2019 ini dan menggandakan volume pertukaran yang terjadi di berbagai exchange. Kejadian ini bersamaan dengan pasar global yang bereaksi […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *