Masalah dan Kelemahan Bitcoin Yang Tidak Dibicarakan Orang

data kelemahan bitcoin

Bitcoin adalah mata uang digital tertua dan bernilai tertinggi saat ini. Namun, Bitcoin dan banyak cryptocurrency memiliki beberapa masalah besar yang akan dibahas dalam artikel ini. Beberapa masalah diketahui dan dibicarakan, namun saat ini kami ingin menambahkan lebih banyak fokus pada dampak etis, sosial dan politik yang dimiliki sistem-sistem ini, yang tidak cukup dibahas.

Cara Trading Bitcoin dan Cryptocurrency

Apa itu Bitcoin ?

Ini adalah blogpost dari theblockstalk di Medium.

Masalah-masalah ini berlaku untuk sebagian besar cryptocurrency publik, tanpa izin, psuedo-anonymous termasuk Bitcoin fork, Ethereum, banyak produk defe Ethereum, Monero, Zcash, EOS dan banyak lagi.

Saya harap artikel ini dapat membuat orang berpikir sedikit lebih dalam tentang apa yang sedang dibangun dan apakah itu akan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik

Artikel ini memberikan apa yang saya sebut Binary Story:

kisah yang menyajikan satu perspektif nyata tentang suatu topik. Itu tidak selalu berarti kebalikan dari cerita itu tidak benar dan Binary Story tidak membatalkan perspektif lain tentang topik tersebut. Kita semua memiliki perspektif yang berbeda dan Binary Story berbagi hanya satu perspektif untuk dipelajari dan diakui orang lain sebagai valid.

Saya telah terlibat secara teknis dalam ruang blockchain dan cryptocurrency sejak 2015 sebagai pengembang dan pendidik. Saya terus bekerja di industri ini karena kami melihat potensi sistem tanpa izin publik untuk menciptakan dampak positif bagi masyarakat. Lihat kesimpulan kami untuk lebih jelasnya.

Bitcoin dan kebanyakan cryptocurrency tanpa izin publik memiliki fitur desain yang sangat istimewa. Dalam Bitcoin, siapa pun dapat membuat akun dalam jumlah tak terbatas dalam sistem kapan pun mereka mau.

Keputusan ini telah dibuat untuk mengurangi sensor yang dapat diterapkan pada seseorang yang menggunakan sistem, meningkatkan privasi dan, dalam beberapa kasus, untuk memungkinkan anonimitas yang lebih besar. Tetapi keputusan ini menciptakan masalah yang berpotensi menghancurkan dalam sistem yang dibahas dalam poin 1-4 di bawah ini.

Tidak ada reputasi atau  akuntabilitas sosial di Bitcoin

Dengan kemampuan untuk membuat unlimited accounts, mengandalkan reputasi di balik akun apa pun tidak dimungkinkan. Pada tingkat protokol, akun dapat melakukan apa saja yang dapat diprogram baik atau buruk.

Dengan desain ini, tidak ada fitur bawaan untuk social accountability manusia yang berupa sistem reputasi.

Padahal akuntabilitas adalah fondasi masyarakat manusia yang telah kita pelajari untuk digunakan selama ribuan tahun. Bukan tanpa alasan bahwa kita masih memiliki sistem akuntabilitas yang digunakan membangun negara kita saat ini.

Hanya insentif finansial untuk mengatur perilaku yang baik

Dalam Bitcoin, uang hanya dapat digunakan untuk menciptakan insentif karena ini tidak dapat diduplikasi pada akun yang berbeda.

Penelitian telah menunjukkan berkali-kali sekarang bahwa insentif keuangan tidak selalu paling efektif untuk menciptakan perilaku yang baik. Sebagai sebuah sistem yang dirancang untuk menjadi dasar masyarakat (beberapa penggemar crypto berpendapat demikian dengan cara ini), bagaimana kita bisa mempercayai sebuah sistem di mana hanya uang yang digunakan untuk menegakkan perilaku karena ini hanya akan mendukung orang kaya dan menjadi sebuah paradigma yang dilakukan kebanyakan orang yang tidak ingin.

Insentif keuangan jauh lebih sederhana dan umumnya dapat diukur daripada insentif non keuangan (secara programatis, dan lebih sesuai regulasi). Orang-orang harus dengan sangat hati-hati mempertimbangkan keberlanjutan sosial dan dampak yang dimiliki sistem insentif keuangan murni seperti Bitcoin kepada kehidupan masyarakat.

Beberapa berpendapat bahwa cryptocurrency tidak dimaksudkan untuk menjadi dasar masyarakat dan dalam hal ini, lihatlah nomor 4.

Bitcoin tidak meningkatkan kepercayaan yang sudah ada

Untuk tingkat tertentu, orang sudah dapat mempercayai dan bekerja sama dengan orang yang belum pernah mereka temui sebelumnya. Ini, tentu saja, tergantung pada banyak faktor tentang individu, budaya, dan lingkungan.

Ketika berinteraksi dengan akun lain pada Bitcoin, karena sifatnya yang anonim, Bitcoin menghilangkan kepercayaan tersirat yang sudah ada dan menggantinya dengan insentif keuangan anonim.

Daripada mengganti sistem trust, bukankah lebih baik bagi kita untuk membangun sistem yang meningkatkan trust yang kita miliki satu sama lain ?

Tidak bisa mengatur diri sendiri

Karena kurangnya akuntabilitas dalam Bitcoin dan rekan-rekannya, dan ketergantungan pada insentif keuangan murni, sangat sulit untuk mengatur perilaku para stakeholder yang terlibat.

Konsekuensi langsung dari masalah ini telah disaksikan selama bertahun-tahun sekarang di ruang cryptocurrency. Smart contract dan hacker lainnya telah menjangkiti industri ini, dengan $ 1,8 miliar dolar dicuri dari 2010 hingga 2018 dari orang lain sebagian besar tanpa konsekuensi kepada hacker. Hacked terbaru adalah bulan lalu di mana $ 350.000 dicuri. Kenyataannya adalah bahwa walaupun konsensus Bitcoin sangat aman, namun lapisan aplikasi di atas public permissionless blockchain (baca : centralized exchange) sangat tidak aman untuk pemakaian kebanyakan orang (mainstream).

Bitcoin diketahui digunakan untuk membeli senjata dan mendukung terorisme, yang disetujui oleh 99,9% orang. Sejauh ini, penggunaan Bitcoin dan cryptocurrency terbesar dalam praktiknya masih untuk spekulasi investasi. Adalah baik untuk merenungkan apa yang Bitcoin saat ini digunakan untuk dan menanyakan apakah ini menambah sesuatu untuk masyarakat.

Karena kurangnya sistem self regulation, peraturan negara negara berusaha untuk mengatur titik masuk / keluar cryptocurrency (yaitu “exchange crypto”) untuk mencoba membatasi transaksi yang tidak diinginkan (dan juga memastikan pajak dibayar oleh warga negara).

 Ada dua masalah besar dengan ini:

  • Tidak mungkin mengatur pengguna Bitcoin jika mereka tidak ingin diatur
  • Regulasi seperti ini merusak kegunaan Bitcoin karena menghilangkan anonimitas dari Bitcoin.

Bitcoin tidak dapat dengan mudah diatur secara eksternal, tetapi jika itu tidak dapat diatur secara internal maka bagaimana orang dapat memiliki kepercayaan diri yang cukup untuk menggunakannya dengan aman?

Tidak dirancang untuk mainstream

Bitcoin mengatasi masalah global dengan cara yang hanya dapat diakses oleh beberapa orang. Ini karena desain teknisnya serta kisah politiknya saat ini (lihat masalah # 4, 6 dan 8).

Ini membuat Bitcoin menjadi sistem yang dapat digunakan (sebenarnya menggunakan Bitcoin dengan wallet yang bersifat sovereign (berdaulat, berdiri sendiri) sebagaimana dimaksud, tidak hanya hold di exchange) hanya untuk :

  • Orang-orang yang mengerti teknologi dan siap menghadapi risiko finansial
  • Use case B2B karena memiliki kapasitas teknis untuk me-manage Bitcoin.

Masalah yang Bitcoin usulkan untuk selaras dengan mayoritas pandangan dunia tentang masyarakat. Namun, solusinya tidak cukup diadopsi untuk sebagian besar.

Dampak langsung dari masalah ini adalah potensi ketidaksetaraan (inequality) yang jauh lebih besar daripada yang kita miliki sekarang, karena ketidakmampuan mayoritas masyarakat untuk mengakses teknologi yang menyediakan potensi peluang keuangan yang lebih besar.

Beberapa tampaknya optimis tentang solusi layer 2 seperti Lightning Network, namun, ini belum terbukti dalam praktiknya dalam Bitcoin. Ada solusi yang berfungsi pada jaringan lain, namun ini lagi-lagi meningkatkan kompleksitas, kepercayaan yang dibutuhkan dan menurunkan utility.

Secara teori dimungkinkan untuk mengatasi kesulitan utility ini dengan cukup mendidik orang, tetapi upaya ini sangat besar. Lebih penting lagi, solusi yang siap untuk orang banyak akan menyelesaikan masalah masyarakat dengan cara yang user friendly yang tidak memerlukan banyak pendidikan dan dengan demikian akan mengungguli Bitcoin dalam tantangan ini.

Informasi blockchain dan crypto lainnya :

Tips Trading Cryptocurrency

Mengenal DeFi di Indonesia

Bitcoin sulit didapat

Orang-orang harus mendapatkan Bitcoin sebelum dapat menggunakannya. Cara standar untuk melakukan ini saat ini adalah melalui exchange yang diatur secara ketat dan ini merupakan tantangan besar bagi orang-orang biasa serta langkah yang membahayakan janji original Bitcoin dan beberapa jenis crypto lainnya.

Memang ada cara lain untuk mendapatkan Bitcoin seperti meminta teman atau decentralized exchange, tetapi ini umumnya tidak dapat diakses oleh sebagian besar orang, atau terlalu menantang secara teknis untuk memulai mencobanya.

Tidak dapat diubah, di-upgrade atau beradaptasi

Secara desain, memutakhirkan protokol Bitcoin sangat sulit. Sebagai bagian dari software technology, ini bertentangan dengan sebagian besar pembelajaran dan filosofi utama yang dapat dilihat di semua industri software technology- yaitu software di-iterasi berdasarkan umpan balik pengguna dalam siklus pendek dengan asumsi bahwa software dapat ditingkatkan. Ada banyak alasan untuk hal ini yang tidak perlu dicantumkan di sini, tetapi intinya adalah bahwa Bitcoin mengabaikan semua ini dan sebaliknya mencoba untuk membuat sistem yang tidak perlu diubah, yang, dalam masyarakat yang berkembang saat ini kadang disebut tidak cukup cerdas .

Bitcoin tidak “unbank the bank”

data kelemahan bitcoin

Ini adalah “bank” Bitcoin. Grafik menunjukkan operator Bitcoin ( mining pools) dan kekuatan politik relatif mereka untuk memutakhirkan sistem dan mengubah aturan. Seiring teori permainan yang diterima dalam Bitcoin, mereka hanya akan meningkatkan protokol jika aturan baru lebih menguntungkan bagi mereka.

Seperti yang Anda lihat ada 7 kelompok (perusahaan) yang mengendalikan 75% dari kekuatan pengambilan keputusan. Bahkan lebih buruk di banyak cryptocurrency lainnya, terutama Ethereum.

Ada 7 perusahaan (Sebagian besar di China) yang menjalankan mata uang digital ini dan mereka bisa mengubah aturan untuk keuntungan mereka sendiri.

bitcoin mining china
Sumber : https://www.buybitcoinworldwide.com/mining/china/

Apakah ini kedengarannya tidak seperti sistem perbankan saat ini?

Ekosistem / society yang pada dasarnya, diatur oleh uang dan kekayaan, kemungkinan akan menciptakan sistem yang menciptakan kesenjangan sosial dan korupsi.

Aturan dalam Bitcoin jauh lebih tidak bisa dipecahkan dan transparan daripada dalam sistem keuangan saat ini. Juga, begitu banyak jaringan nodes yang melakukan audit jaringan.

Dua faktor ini memberikan Bitcoin karakteristik penting: perubahan pada aturan yang tidak diterima oleh sebagian besar jaringan secara matematis tidak mungkin, karakteristik ini yang tidak dimiliki oleh level yang sama pada banyak mata uang fiat negara.

Kesimpulan  :

  • Mengubah aturan menjadi lebih buruk bagi semua orang secara praktis tidak mungkin
  • Mengubah aturan menjadi lebih baik asalkan sama atau lebih menguntungkan bagi operator
  • Mengubah aturan menjadi lebih baik yang mengurangi pendapatan operator tidak dimungkinkan. Di kebanyakan negara / masyarakat, regulasi dapat memengaruhi aturan perbankan secara eksternal untuk kepentingan warganya, membuat Bitcoin lebih buruk dari ini.

Ada beberapa catatan penting yang harus dibuat ketika membahas topik ini

Ada harapan dalam konsensus Proof of Stake untuk meningkatkan desentralisasi kekuatan politik dalam jaringan (di antara manfaat lainnya).

Melihat rantai POS (Proof of Stake) yang saat ini beroperasi, ini belum membuat peningkatan yang signifikan dalam kebanyakan kasus. Mereka yang memiliki harapan tinggi untuk Ethereum 2.0 harus mempertimbangkan risiko besar bahwa tantangan ini tidak bisa diatasi dengan POS.

Delegated Proof of Stake (DPoS) adalah mekanisme konsensus lain yang terkait dengan POS, dan telah menunjukkan beberapa kasus blockchain dengan tingkat desentralisasi politik yang lebih tinggi, tetapi juga memiliki tantangan lain yang signifikan untuk diatasi.

Apa pun mekanisme konsensus yang digunakan dalam praktiknya, entitas yang dipercayakan untuk mengoperasikan dan mengatur jaringan memiliki kemampuan untuk bersembunyi di balik akun anonim, yang tidak bertanggung jawab secara sosial di jaringan ketika membuat keputusan, dan Bitcoin ada tanpa proses formal untuk menunjukkan niat dan alasan di balik keputusan politik yang dibuat.

Pada tingkat meta-politik ini, proses pengambilan keputusan di balik tata kelola banyak blockchain masih sangat buram, meskipun blockchain dioperasikan secara transparan.

Bitcoin adalah software yang ketinggalan zaman

Kelemahan teknis dari software Bitcoin disebutkan terakhir dalam artikel ini karena mereka adalah masalah yang paling banyak dibicarakan di industri ini.

Masing-masing masalah yang terdaftar ini sendiri cukup besar. Ringkasan yang sangat cepat dari masalah yang terdokumentasi dengan baik ini,

  • Bitcoin tidak bisa discale dengan cukup baik untuk digunakan sebagai mata uang global
  • Mengkonsumsi sejumlah besar energi, kira-kira sama dengan negara Chili, dan dengan jejak karbon efektif Selandia Baru
  • Sangat lambat dalam memproses transaksi dan bisa menurunkan kegunaannya
  • Memiliki nama akun dalam bentuk kunci kriptografi yang sulit dipahami
  • Mengharapkan pengguna untuk sepenuhnya bertanggung jawab atas manajemen akun mereka, membuat kehilangan dana dan manajemen private key menjadi sulit
  • memiliki biaya transaksi yang tinggi, yang bahkan akan lebih tinggi jika ingin lebih diadopsi lebih massive lagi
  • Memiliki volatilitas harga yang besar sehingga terlalu tidak dapat diprediksi untuk digunakan sebagai mata uang (bahwa sebagian besar orang di industri tidak berpikir bahwa Bitcoin adalah / dapat menjadi mata uang sehari-hari)

Berita baiknya adalah bahwa ada peningkatan signifikan yang dibuat dalam teknologi blockchain yang membahas semua ini cukup untuk membuat mereka siap secara teknis untuk arus utama (tetapi tidak dalam Bitcoin).

Kesimpulan

Tentunya bukan tanpa alasan bahwa Bitcoin memang seperti itu, dan kami tidak ingin mengurangi sifat dan karakteristik indah yang ditawarkan teknologi blockchain, pertama kali ditunjukkan oleh Bitcoin.

Kita semua tertarik dengan kisah Bitcoin ketika pertama kali mendengarnya, tetapi sejak saat itu beralih ke teknologi yang dapat membuat dampak positif yang besar bagi umat manusia namun dengan lebih sedikit risiko untuk menciptakan lebih banyak masalah.

Mungkin Anda telah pindah dari Bitcoin seperti kami, dan sedang mencari alternatif public blockchain cryptocurrency lainnya. Saya harap saat Anda membaca artikel ini, Anda telah mengetahui bahwa sebagian besar cryptocurrency masih memiliki banyak masalah yang disebutkan dalam artikel ini.

Masalah-masalah ini menimbulkan keprihatinan sosial dan politik etis yang signifikan tentang masa depannya.

Bisakah bitcoin menyelesaikan semua masalah ini?

Kami kira tidak

Apakah itu masalah?

Iya

Apakah ada alternatif yang cukup untuk mengatasi semua masalah ini?

Tidak yang saya tahu

Saya melihat cara-cara baru untuk menggunakan teknologi ini untuk menyelesaikan semua masalah ini, sambil tetap mempertahankan karakteristik penting dari blockchain tanpa izin publik yang meningkatkan transparansi, tidak menghasilkan sentralisasi teknis atau politik dan memiliki dampak positif pada masyarakat dan masyarakatnya. Saya pikir kompleksitas dunia membuat peluru perak tidak mungkin, tetapi saya melihat cara untuk dunia yang berkelanjutan dan lebih baik dengan blockchain.

Saya secara aktif meneliti dan membangun sistem dan mempengaruhi industri untuk efek ini. Ikuti saya di Twitter atau Medium jika tertarik dengan apa yang saya lakukan.

Sumber : Blogpost theblockstalk

Related articles

investasi di bitcoin

Mark Cuban : Berinvestasi Bitcoin Lebih Unggul Dibanding Emas

  Pada awalnya Mark Cuban, miliarder asal Amerika pemilik klub NBA Dallas Maverick, meremehkan emas dan Bitcoin. Tetapi dalam sebuah wawancara yang baru muncul dengan Kitco, Kuba mengatakan supply Bitcoin yang bersifat tetap memberikannya keuntungan dibandingkan berinvestasi pada logam mulia. “Aku benci emas. “emas” itu seperti agama atau kepercayaan. Ada beberapa nilai mendasar untuk emas,namun […]

dominasi bitcoin

Apa itu Dominasi Bitcoin?

Apa itu Dominasi Bitcoin atau Bitcoin Dominance ? Dominasi Bitcoin adalah ukuran seberapa besar total kapitalisasi pasar crypto yang terdiri dari Bitcoin. Ini dapat membantu Anda memahami tren BTC dan Altcoin. Hal terpenting tentang Bitcoin Dominance adalah dapat membantu Anda memahami jika Anda berada dalam tren turun atau tren naik terhadap BTC. Ketika Dominasi BTC […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *