Mau Invest di Bitcoin ? Perhatikan Sharpe Rationya

bitcoin menarik untuk investasi

 

Dalam berinvestasi ke bitcoin atau investasi jenis aset lainnya, Anda perlu memahami apakah return yang diberikan oleh aset yang Anda pilih, lebih besar dibandingkan berinvestasi ke deposito bank (risk free) ? bagaimana caranya ? Anda perlu sedikit melihat tentang sharpe ratio.

Baca Juga : Apa Itu Bitcoin

 

Apa itu Bitcoin Sharpe Ratio

Sharpe ratio pertama kali dikembangkan oleh William F Sharpe dan digunakan investor untuk memahami potensi ROI (Return on Investment) dibandingkan dengan risikonya. Sharpe ratio adalah rata-rata kelebihan pengembalian dibandingkan dengan per unit risikonya.

  1. Sharpe ratio bagus jika Anda mmebandingkan dengan portofolio sejenis namun dengan return yang lebih rendah.
  2. Jika ada dua pilihan jenis investasi dengan tingkat risiko sama, maka Anda perlu memilik investasi yang punya nilai sharpe ratio yang tertinggi.
  3. Sharpe ratio adalah metode yang paling banyak dipakai saat menghitung tingkat return dari investasi yang disesuaikan dengan risiko.

Bagaimana cara membaca Sharpe ratio ? 

  • Ratio yang lebih tinggi dari  1 dianggap “acceptable” atau bisa diterima
  • Ratio yang lebih tinggi dari  2 dianggap “sangat baik”
  • Ratio yang lebih tinggi dari  3 dianggap “excellent” atau luar biasa
  • Ratio di bawah 1 dibilang kurang optimal
  • Sharpe ratio juga bisa punya nilai negatif. Nilai sharpe ratio yang negatif berarti tingkat ROI atau pengembalian dari investasi lebih sedikit daripada Anda berinvestasi di portofolio lain yang bersifat bebas risiko (misalnya deposito bank). Hal ini biasanya akan dihindari oleh investor.

Sharpe Ratio Bitcoin 2012 – 2020

Dari tabel dibawah ini Anda bisa melihat sharpe ratio dari bitcoin dibandingkan aset lain US stock, US real estate, bond, gold, emerging currencies dan oil. Data diambil dari woobull yang berasal dari US Federal Reserve. Data harga Bitcoin dari Blockchain.com.

bitcoin sharpe ratio
Anda bisa melihat angka sharpe ratio Bitcoin hampir selalu di atas 2 dan selalu di atas aset lainnya jika dilihat dalam range 2012 s/d 2020.
Tetapi pada awal September kemudian saya cek dengan messari.io yang bisa menampilkan angka sharpe ratio 30 hari, 90 hari, 1 tahun dan 3 tahun terlihat angka sharpe ratio bitcoin
30 d = -2,78
90 d = 2,02
1 yr = 0,65
3 yr = 1,64
bitcoin menarik untuk investasi
Dengan tool messari Anda juga bisa melihat dan membandingkan sharpe ratio antar sesama cryptocurrency.
Anda masih harus membandingkan angka di atas dengan aset lain yang sedang Anda pertimbangkan untuk memutuskan apakah membeli Bitcoin adalah investasi yang menarik untuk Anda !
Baca Juga Informasi Lain Tentang Bitcoin dan Crypto
https://digitalis.id/blog/trading-bitcoin/

Related articles

rasio stock to flow bitcoin dibanding emas

German State Bank Mengatakan Bitcoin menjadi $ 90.000, “Ultra-Hard Type of Money”

Salah satu bank terbesar Jerman memperkirakan bitcoin akan mencapai $ 90.000 karena adanya proses halving bitcoin dan pengaruhnya kepada model rasio stock to flow bitcoin yang biasa digunakan mengukur tingkat “kekerasan” dari uang. “Pendekatan stock-to-flow yang berasal dari analisis pasar komoditas berfungsi untuk mengukur ‘hardness’ suatu aset. Diterapkan pada Bitcoin, korelasi kuat yang luar biasa […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *