Memahami Fully Diluted Market Cap dari Token Crypto

Jika Anda melihat data di coinmarketcap, Anda akan menemukan angka yang lumayan jarang dibahas di dunia cryptocurrency, yaitu Fully Diluted Market Cap. Di sini saya akan bahas kenapa penting untuk Anda sebagai trader atau investor crypto untuk mengetahuinya.

 

Market cap Vexanium

Lalu Anda coba cek token atau coin favorit Anda dan bandingkan dengan yang lain, coba cek juga apakah Anda atau semua orang bisa berpartisipasi dalam mendapatkan distribusi token yang dilock tersebut, misalnya lewat mekanisme mining.

Anda akan menemukan variasi yang besar dalam rasio Market Cap dibandingkan Fully Diluted Market Cap.

Di contoh di atas Anda bisa melihat Vexanium blockchain memiliki market cap 1,7 juta USD dan fully diluted market cap 2,4 juta yang berarti MC/FDC ratio sebesar 72%. namun di token lain akan sangat berbeda. Misalnya beberapa token DeFi di bawah ini.

Fully Diluted Crypto

market cap crypto
Click to enlarge (sumber : Okex Blog)

 

Apa ini sebenarnya ? Berikut ini definisi Ffully diluted market cap (FDC) dan perbedaannya dengan market cap

Market cap = harga saat ini x total token yang sudah beredar

Fully diluted market cap = harga saat ini x total supply (asumsi semua token yang di lock sudah beredar)

Tentang Circulating Supply

Sedangkan circulating supply rendah berarti masih banyak yang di lock oleh developer, misalnya untuk kompensasi bagi founder/advisor/team, termasuk untuk pengembangan project di masa depan. Jika developer atau founder project, atau advisor/team member membutuhkan dana, maka ia akan menjual tokennya,

Menurut coinmarketcap, aset yang di lock (lewat smart contract) dialokasikan untuk team atau private investors, atau tidak bisa dijual ke public market, tidak bisa memberikan efek kepada harga (saat ini) dan juta tidak mempengaruhi market cap saat ini. Aset yang di lock ini misalnya (tetapi tidak terbatas pada)

  1. Private sale – Aset yang dialokasikan & dilock untuk investor tertentu dan tidak availabe untuk publik lewat open bid. Biasanya tahap private sale dilakukan sebelum listing di exchange.
  2. Team / Foundation / Treasury / Escrow – Aset yang dialokasikan & di lock untuk pembiayaan project di masa depan.

Definisi lengkapnya bisa dibaca di sini

 

Market Cap / Fully Diluted Marketcap Bitcoin

Bitcoin juga memiliki rasio ini.

Kalau kita lihat dari capture screen data BTC di atas yang saya ambil per pertengahan Januari 2021, terlihat bahwa  circulating supply BTC mencapai 89% yang berarti itu adalah persentase BTC yang sudah di mining. Artinya BTC yang belum dimining tersisa 11% lagi atau sisa sekitar 2,4 juta BTC lagi.

Dari gambar di atas 699 juta/789 juta yaitu sekitar 88,5%.

 

Jika Circulating Supply Crypto Bertambah

Lalu pertanyaannya, apa yang terjadi jika circulating supply ini bertambah ? alias token/crypto yang di lock di smart contract sudah bisa diterima oleh miner/team/advisor ?

Mungkin Anda pernah denger istilah “Bitcoin miner pressure”, ini artinya adalah di saat miner mendapatkan rewardnya (saat ini total 6,25 BTC tiap 10 menit), miner akan menjual BTCnya, misalnya untuk biaya operasional miningnya, yang tentu saja membayar uang listrik dengan fiat. Tentu saja tidak harus menunggu miner mendapatkan reward, bisa saja saat ia mendapat reward di saat harga BTC rendah, akan ditahan dulu menunggu harganya tinggi.

Dengan miner menjual BTCnya, berarti akan membuat harga BTC turun, jika, disaat sell tersebut terjadi, sentimen buy, atau demand terhadap crypto tersebut tidak kuat.

Kalau BTC, kebanyakan trader/investor crypto sudah tahu BTC memiliki jadwal halving yang fix , setiap 4 tahun sekali rewardnya akan dikurangi separuh.

Bagaimana dengan crypto yang Anda hold ? coba cek kira-kira kapan circulating supply mencapai 100% ?

 

Masalah di Locked Token & Fully Diluted Market 

Salah satu masalah di project yang melakukan ICO (Initial Coin Offering) atau IEO (Initial Exchange Offering) adalah project2 ini menjual token kepada investor, namun membagikan token gratis kepada tim dan advisor (yang komitmen jangka panjangnya mungkin perlu dipertanyakan). Di mana setelah project ini listing di market dan terjadi kenaikan harga, tim dan advisor yang akan menjualnya, jika lock period mereka udah habis (atau token masuk ke circulating supply).

Jika demand buy terhadap token tsb tidak kuat, tentu saja harganya akan jatuh dan trader/investor yang membeli di harga ICO akan mengalami floating loss.

Fully Diluted Crypto

Situasi di atas kemungkinan besar akan terjadi di token A karena memiliki MC/FDC rasio rendah, alias masih banyak token yang di lock.

Apa kelebihan dari token yang memiliki MC/FDC rasio kecil alias fully diluted market cap yang sangat besar dibandingkan market capnya ? bisa dibilang, memiliki modal pengembangan project yang besar, namun, tentu saja dengan menjual tokennya dan membuat harga token turun – jika buy demandnya kecil – BTC saja yang memiliki banyak believer dan jadwal sirkulasi yang fix masih rutin memiliki sell pressure dari miner yang membuat harga turun.

 

99-100% MC/FDC Ratio

Lalu bagaimana dengan YFI yang memiliki nyaris 100% MC/FDC rasio ?

YFI diinisiasi oleh Andre Cronje yang tidak bersifat pre-mined, tidak ada pre-sale ke investor, tidak ada alokasi untuk founding team.

Kita bisa melihatnya YFI memiliki kemiripan dengan BTC yang sangat terdesentralisasi, dan sepenuhnya di govern oleh komunitas melalui wallet multi signature.

Jadi, tim internal YFI bisa dibilang tidak ada. Developer “open source” nya dibayar dengan kenaikan harga token YFI yang dibelinya sendiri. (Asumsi yang banyak beli adalah developer, selain trader tentunya). Kebalikan dengan token A yang mendanai project dengan melakukan sell dari tokennya.

Apa kekurangannya ? ya berarti founder/pemilik project tidak memiliki / kecil kendali atas projectnya – mungkin memang sudah dari awal diiklaskan ke komunitas.

Kelebihannya ? YFI memiliki army of open source developer yang bisa membayar dirinya sendiri (bagaimana caranya ? dengan menjual token YFI yang dimilikinya saat harganya tinggi lol). Kadang menjadi pertanyaan bagaimana YFI membiayai projectnya ? seberapa besar komitmen army of open source ini dalam membantu mengembangkan project ? Karena kita semua tahu, project startup biasa (non crypto) seperti Gojek, Tokopedia di tahap awal, si founder harus memiliki saham yang besar supaya memiliki self belonging besar – karena harus bekerja keras selama tahun-tahun awal.

 

Itu adalah beberapa informasi tentang metriks fully diluted market cap token crypto di coinmarketcap.com. Silahkan DYOR.

 

Sumber lainnya :

Okex Blog

 

Baca juga info lain tentang blockchain dan crypto

Riset CFA Pertama Tentang Guide Aset Crypto, Bitcoin, dan Blockchain