Memahami MACD Untuk Trading Cryptocurrency

trading-cryptocurrency-dengan-MACD

Panduan ini akan menjelaskan tentang Moving Average Convergence / Divergence (MACD) dan bagaimana Anda bisa menggunakannya dalam perjalanan trading cryptocurrency Anda.

Memahami teknikal analisis seperti MACD tidak sulit. Mari belajar bersama !

Apa Itu Moving Average Convergence/Divergence (MACD)?

MACD adalah salah satu indikator momentum yang banyak digunakan. Menggunakan indikator ini bisa berguna untuk Anda menemukan trend di cryptocurrencies bahkan sebelum trend tersebut terjadi. MACD digunakan oleh trader dan investor di berbagai macam market dan industri dan tentu saja bisa diaplikasikan di cryptocurrency yang sangat volatile.

Anda bisa menggunakannya untuk menemukan trend dan bisa digunakan untuk menentukan seberapa lama Anda tetap berada di dalam trend sampai momentumnya mulai menghilang.

Mensetting Moving Average Convergence/Divergence Untuk Trading Crypto

Untuk panduan ini kita akan menggunakan tradingview.com untuk mensetting chart dan menggunakan Ethereum (ETH) untuk contoh.

Perlu diketahui bahwa MACD terbaik digunakan untuk daily chart (grafik harian) crypto trading, tetapi bisa juga untuk grafik bulanan / monthly dan timeframe yang lebih panjang untuk menunjukkan trend jangka panjang.

  • Di bagian kiri atas, ketikkan ETHUSD, akan menunjukkan Anda chart Ethereum/US Dollar chart

Memahami MACD Untuk Trading Cryptocurrency

  • Lalu, masuk tab  “indicators” dan ketik “macd”

cara-trading-bitcoin-dengan-MACD

Bagaimana Cara Membaca MACD untuk Cryptocurrency

Sekarang di layar Anda sudah ada indikator MACD.

Saat melihat chart MACD anda akan menemukan ada 3 variabel :

Biru, orange dan bar berwarna pink

Garis biru adalah Exponential Moving Average (EMA) dengan jangka 12 hari (12 day exponential moving average).

Garis orange adalah Exponential Moving Average (EMA) dengan jangka 26 hari.

Pink bars adalah indikator yang menentukan jarak antara garis orange dan biru.

trading-cryptocurrency-dengan-MACD

Berikut ini beberapa cara membaca grafik MACD yang bisa Anda gunakan :

Garis orange (26-day exponential MA) lebih tinggi daripada garis biru (12-day MA): Anda akan melihat bar pink mengarah ke bawah. Jika Anda secara konsisten melihat garis biru ada di bawah garis orange, ini berarti market sedang mengalami penurunan.

Jika Anda melihat pink bar ada di bawah garis dan barnya panjang, berarti bisa jadi marketnya oversold (sudah terlalu banyak dijual) – dan mungkin saja waktunya membeli.

cara-membaca-MACD-analisa-teknikal-cryptocurrency

 

Garis orange (26-day exponential MA) ada di bawah garis biru (12-day MA): Anda akan melihat bar pink mengarah ke atas. Secara umum kita akan suka melihat garis biru secara konsisten ada di atas garis oranye. Ini menunjukkan kepercayaan diri di market dan adanya trend naik.

Tetapi jika Anda melihat  banyak jarak di antara 2 garis ini dan dikonfirmasi oleh pink bars yang panjang dan menuju ke atas berarti indikatornya menunjukkan marketnya overbought.

 

Related articles

indikator teknikal untuk trading kripto

Mengenal Leading dan Lagging Indikator di Analisa Teknikal Kripto

Analisa teknikal, baik dalam kripto atau saham menggunakan berbagai macam indikator seperti RSI, Moving Average, Bollinger Bands dan banyak jenis indikator teknikal lainnya. Secara garis besar, jenis indikator trading yang ada di dalam kripto ini terbagi menjadi 2 : Lagging dan Leading. Mengenali 2 macam indikator ini membantu Anda menentukan timing yang tepat dalam membuka […]

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *