Mengapa Kemungkinan Harga Pasar Cryptocurrency akan naik pada Akhir 2018

harga bitcoin

Secara historis, selama sembilan tahun terakhir, Bitcoin (BTC) telah mengalami empat perubahan besar, yang semuanya menyebabkan menurunnya Bitcoin sebanyak lebih dari 80 persen. Perubahan pasar kripto yang dialami pada tahun 2018 menghasilkan penurunan 69 persen terhadap harga dari mata uang Bitcoin, dengan beberapa mata uang kripto lainnya seperti Binance Coin (BNB) dan EOS yang mencatat kerugian yang lebih kecil.

Pada Agustus 2010, Agustus 2011, Januari 2014, dan Januari 2018, Bitcoin menunjukkan 70 hingga 80 persen kerugian terhadap dolar AS.

harga bitcoin

Menurut para peneliti di Chainalysis, pasar mata uang Bitcoin telah mencapai kematangan selama sembilan bulan terakhir. Meskipun penurunan tajam terjadi tehadap harga dari mata uang Bitcoin, mayoritas investor mempertahankan investasi mereka, meminimalkan perubahan pada posisi mereka bahkan selama periode ketidakpastian dan volatilitas ekstrim berlangsung.

“Pasar yang ada tampaknya telah dikalibrasi ulang setelah masuknya begitu banyak pelaku pasar baru dengan keyakinan dan harapan yang berbeda dari mereka yang memegang Bitcoin sebelum 2017. Baik investor jangka panjang maupun spekulan baru telah mengubah posisi mereka pada musim panas ini. Hal ini menunjukkan bahwa pasar yang ada akan membuat langkah besar, baik atau buruk, hanya sebagai tanggapan terhadap perubahan yang mendasar. ”

Kematangan pada pasar mata uang Bitcoin telah terbukti dalam adanya stabilitas di BTC sejak 6 Agustus. Selama dua bulan terakhir, Bitcoin tetap berada dalam kondisi stabil di kisaran $ 6.300 hingga $ 6.800, jarang menembus level $ 6.800, sementara mata uang kripto lainnya seperti Ripple dan Ethereum menunjukkan adanya volatilitas yang tinggi.

volatilitas crypto

Dalam periode dua bulan, mata uang Bitcoin turun sembilan persen dari penilaian pasarnya sementara Ethereum dan Ripple mencatat perubahan sebanyak 50 persen, yang pada akhirnya menyebabkan XRP, mata uang kripto asli Ripple, dan ETH, yang menjadi mata uang dasar dari Ethereum, melonjak ke posisi kedua pada pertengahan September.

Peningkatan pada stabilitas mata uang Bitcoin telah memungkinkan pasar yang ada menjadi kurang sensitif terhadap hal-hal baru dan event tertentu. Perkembangan positif yang paling utama di sektor mata uang kripto – adalah seperti pembentukan Bakkt oleh Microsoft, Starbucks dan ICE untuk meningkatkan aksesibilitas dan likuiditas pada mata uang Bitcoin – nyaris tidak berdampak pada tren harga jangka pendek pada mata uang Bitcoin.

Para ahli termasuk CEO ShapeShift Erik Voorhees, investor miliarder Mike Novogratz, pemodal usaha legendaris Ben Horowitz dan Chief Technology Officer Coinbase Balaji Srinivasan percaya bahwa pasar kripto akan pulih dalam beberapa bulan mendatang.

 

Mayoritas tren dari mata uang kripto pada tahun 2018

Pada “Crypto Trader” CNBC, platform perdagangan mata uang kripto yang paling populer, ShapeShift CEO Erik Voorhees menyatakan bahwa pasar mata uang Bitcoin dan mata uang kripto lainnya akan segera membaik secara bertahap.

Voorhees menjelaskan bahwa, sementara bear market (bearish, suatu kondisi pasar dimana terjadi kencenderungan penurunan) tidak sepenuhnya berakhir – mengingat adanya penurunan sebanyak 80 persen dalam penilaian pasar mata uang kripto – pasar tampaknya telah pulih dari bagian terburuk dari perubahan yang terjadi.

“Saya tidak mengharapkan [bear market] untuk segera berakhir, meskipun saya berpikir bahwa tingkat kerugian dalam penurunan tersebut telah sangat melambat. Umumnya dalam kasus seperti ini, setelah Anda melewati beberapa bulan tren penurunan, Anda akan berada dalam lingkupan itu untuk sementara waktu […] Tetapi saya berpikir bahwa kami telah selesai berurusan dengan sebagian besar kerugian dalam penurunan. ”

CEO ShapeShift Erik Voorhees

Analisis pasar mata uang kripto oleh Voorhees secara akurat menggambarkan kondisi pasar saat ini. Dari bulan Juni, pasar mata uang kripto telah terlibat dalam proses bottoming-out, untuk mempertahankan tingkat dukungan yang tinggi pada saat berada dalam tingkat yang rendah rendah $ 190 miliar dan berusaha keluar dari kisaran $ 220 hingga $ 230 miliar.

Misalnya, pada 25 September, harga mata uang Bitcoin Cash (BCH) berkisar sekitar $ 420. Pada 26 September, harga BCH tetap berada di atas $ 540, dan pada hari itu hrga naik lebih dari 20 persen. Dengan demikian, Voorhees mencatat bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk mulai mengakumulasi mata uang kripto, karena pasar yang ada telah berubah-ubah dalam kisaran harganya yang rendah.

btccash-1024x751

Beberapa mata uang kripto, termasuk Cardano (ADA), XRP dan Stellar (XLM), telah menunjukkan volatilitas yang sama pada sisi atas, mencatat kenaikan 10 hingga 30 persen dalam periode waktu yang singkat. Dalam bulan-bulan mendatang, kemungkinan bahwa pasar mata uang kripto akan terus pulih secara bertahap tetapi tetap akan mengalami lonjakan besar sementara.

Tren yang jelas dari Bitcoin: Volatilitas antara $ 6.000 dan $ 8.000

Tren dari mata uang Bitcoin, mata uang kripto yang paling dominan di pasar, telah cukup dapat diprediksi. Sejak Februari tahun ini, Bitcoin telah mengalami pola pencapaian bulanan tertinggi yang baru dan turun ke pencapaian tahunan terendah pada bulan berikutnya. Kesenjangan antara pencapaian bulanan yang tinggi dan penurunan pencapaian tahunan yang terendah seiring waktu yang berjalan, seperti yang digambarkan oleh grafik Bitcoin di bawah ini

chart bitcoin

Pada awal Februari, Bitcoin mengalami penurunan menjadi $ 6.000 tetapi kembali mengalami rebound menjadi $ 10.000 pada bulan berikutnya. Pada bulan April, Bitcoin sekali lagi turun ke level tahunan terendah di angka $ 6.000, hanya untuk kembali rebound ke angka $ 9.400 pada bulan berikutnya. Namun, kesenjangan antara pencapaian tahunan yang rendah dan pencapaian bulanan yang tinggi menurun. Pada bulan berikutnya, Juni, harga dari Bitcoin diprediksi turun menjadi $ 6.000, dan mencapai $ 8.400 pada bulan berikutnya.

Pada bulan Agustus, Bitcoin sekali lagi mengalami penurunan menjadi $ 6.000, dengan adanya usaha untuk pemulihan menjadi $ 8.000 tetapi gagal dan tetap berada di kisaran pertengahan $ 7.000. Sejak mencapai $ 7.000, Bitcoin telah jatuh ke kisaran wilayah yang lebih rendah yaitu sebesar $ 6.000.

Jelas bahwa pasar Bitcoin telah mencapai posisi terbawahnya saat berada di wilayah kisaran pertengahan $ 6.000, setelah upaya besar untuk keluar dari resistance level pada $ 10.000, $ 8.000, dan $ 6.000. Setiap kali resistance level diuji, kekuatan dari kenaikan pasar pada jangka pendek menurun, hal ini membuat tidak memungkikan nya untuk menguji resistance level yang lebih tinggi terhadap mata uang kripto yang dominan.

Investor miliarder Mike Novogratz menyatakan bahwa pasar telah mulai menunjukkan tanda-tanda kelelahan pada penjualan, seperti bear market yang sudah mulai menjadi tidak nyaman untuk menjual mata uang kripto pada kisaran harga yang rendah. Novogratz menekankan bahwa pasar mata uang kripto telah mencapai titik terendah berdasarkan berbagai indikator teknis yang ada.

“Saya pikir kami telah meninggalkan titik terendah kemarin. Mendapatkan pencapaian tertinggi pada akhir tahun lalu dan titik akselerasi yang menyebabkan kenaikan yang besar. Pasar yang ada ingin menelusuri kembali untuk dapat keluar dari penurunan. Kami pun akan menelusuri kembali seperti menelurusi seluruh gelembung yang ada. ”

-Mike Novogratz

 

Masuknya investor institusional ke arena Cryptocurrency

Sepanjang tahun 2017, terutama ketika pasar mata uang kripto mencapai titik tertinggi sepanjang sejarah pada $ 800 miliar, pembicaraan seputar potensi akan masuknya investor institusional semakin meningkat. Namun, di balik adanya kenaikan besar dari pasar mata uang kripto akhir tahun lalu cukup jelas bahwa hal tersebut dipicu oleh gelombang minat baru yang ditunjukkan oleh pedagang ritel dan investor individu secara global.

Di wilayah seperti Korea Selatan dan Jepang, minat dan permintaan terhadap mata uang kripto meningkat ke titik di mana pertukaran tidak lagi memiliki persediaan mata uang kripto untuk dijual kepada pembeli, yang menyebabkan munculnya premium.

Ketika harga Bitcoin mencapai titik tertinggi sepanjang masa yaitu sebesar $ 20.000, harga Bitcoin melampaui $ 24.000 di pasar mata uang kripto Korea Selatan.

Bahkan jika institusi tertarik untuk berinvestasi di pasar mata uang kripto, Kyle Samani, mitra umum di Multicoin Capital, menyatakan bahwa tidak adanya solusi kustodian tepercaya dan kurangnya infrastruktur yang mencegah lembaga dari berkomitmen untuk memberikan investasi besar pada sebuah aset digital. Dia mengatakan:

“Ada banyak investor di mana custodian (pihak yang mengamankan aset cryptocurrency) adalah penghalang terakhir. Selama tahun depan, pasar akan menyadari bahwa keamanan aset adalah masalah yang dapat dipecahkan. Hal ini tentunya akan merilis sebuah gelombang modal investasi masuk yang besar. ”

 

Ari Paul, pendiri dari mata uang kripto skala besar hedge fund Block Tower, menggemakan sentiment dari Samani dan menyatakan:

 “Custody bukanlah hal yang biner. Ini tidak seperti Coinbase Custody akan diluncurkan dan tiba-tiba setiap dana pensiun akan mengeluarkan $ 100 juta ke BTC. Butuh waktu untuk solusi kustodian untuk mendapatkan kepercayaan. Tapi, saya pikir kita akan memiliki kustodian pihak ketiga yang solid pada bulan September tahun ini. Itu akan memungkinkan arus masuk institusional untuk dapat mulai dipercepat. Setelah beberapa fund manajer tradisional besar yang memiliki uang mengumumkan bahwa mereka memasukkan BTC sebagai ’emas digital’ dalam portofolio mereka, yang lain akan mengikuti. “

Dengan BitGo dan Coinbase yang sudah disetujui sebagai kustodian Bitcoin terpercaya di pasar Amerika Serikat dan bank-bank besar seperti Citigroup, Goldman Sachs dan Morgan Stanley yang bersiap untuk melayani pelanggan di pasar mata uang kripto, Novogratz menjelaskan bahwa dalam beberapa bulan mendatang, institusi-institusi lainnya akan memasuki pasar.

Setelah Bitcoin melampaui tingkat resistensi utama pada $ 8.800 dan $ 10.000, Novogratz menyatakan bahwa dalam tiga hingga enam bulan kedepan, institutional investor akan mulai mengalokasikan modal mereka ke pasar.

 “Ini juga merupakan bull market di lembaga-lembaga yang membangun infrastruktur yang diperlukan bagi investor uang riil untuk mulai berinvestasi di ruang ini […] Saya pikir dalam tiga hingga enam bulan dari sekarang, akan ada tanda ‘yang jelas’ bagi orang-orang – institusi besar dan dana pensiun – untuk mulai berinvestasi. ”

Jika institusi memasuki pasar mata uang crypto, Novogratz menekankan bahwa harga Bitcoin kemungkinan akan mencapai peningkatan 30 persen pada akhir 2018.

Trend Kenaikan Bubble-Burst-Build

Menurut Chief Technology Officer Coinbase Balaji Srinivasan, ia pertama kali mendapatkan kepercayaan yang signifikan pada Bitcoin dan pasar mata uang kripto setelah selamat dari kecelakaan 2011. Ketahanan pasar mata uang kripto dan kemampuannya untuk bangkit kembali dari perubahan besar menunjukkan potensi pasar kepada investor.

Perubahan pada 2018 memiliki dampak serupa di pasar. Meskipun banyak investor terpengaruh secara negatif oleh penurunan 69 persen pada harga mata uang Bitcoin, dalam delapan bulan terakhir, pasar telah melihat beberapa berita paling positif dalam semua sejarahnya.

Dimulai dengan Goldman Sachs, Citigroup dan Morgan Stanley yang mengembangkan solusi penahanan rahasia, Bakkt, Nasdaq dan banyak lembaga keuangan yang diatur lainnya di Jepang dan Korea Selatan telah mulai menemukan cara untuk mendukung pasar crypto.

Baru-baru ini, pialang independen terbesar Brasil mengumumkan rencananya untuk mengintegrasikan pertukaran Bitcoin dan Ethereum dalam beberapa bulan ke depan, setelah menerima dukungan dari pemerintah yang membuka penyelidikan terhadap bank-bank besar di negara itu di tengah tuduhan bahwa bank belum menyediakan pertukaran kripto dengan cukup layanan perbankan.

“Alasan mengapa benda ini [mata uang kripto] benar-benar memiliki ‘kaki’ (pijakan) adalah setelah 2011, ketika ada gelembung dan itu naik, dan turun, dan itu tidak pergi ke nol. Itu seperti stabil dan terus datang kembali. Sekitar waktu itu pada dasarnya ketika saya berkata ‘Oke, ini akan bertahan, itu punya ‘kaki’ (pijakan), itu tidak akan nol.’ Itu semacam tahun pengembangan. Kami memiliki fase bubble-crash-build seperti ini di kripto dan itu benar-benar terjadi ketika saya mulai terlibat. ”

Fase bubble-crash pada Bitcoin dan pasar mata uang kripto terjadi pada Januari hingga Juli, dan seperti pasar lain yang telah dilakukan sejak 2011, pasar mata uang kripto diharapkan untuk pulih. Dibandingkan dengan tahun lalu, dalam hal regulasi, infrastruktur dan aktivitas pengembang, sektor mata uang kripto dan blockchain telah meningkat dengan tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

 

Meningkatnya Aktivitas Developer Blockchain

Ben Horowitz, co-founder Andreessen Horowitz (A16Z), sebuah perusahaan modal usaha yang dianggap sebagai salah satu perusahaan investasi yang paling berfokus pada teknologi, menyatakan bahwa aktivitas pengembang di sektor blockchain bergema mirip dengan internet di tahun 1990an.Horowitz menjelaskan bahwa ia belum melihat tingkat aktivitas pengembang yang tinggi dalam satu industri sejak munculnya internet, dan mempertimbangkan bahwa mata uang kripto dan jaringan blockchain pada dasarnya adalah jaringan komputasi, peningkatan eksponensial dalam aktivitas pengembang proyek blockchain adalah indikator positif dari pertumbuhan  “Saya pikir mungkin ada lebih banyak aktivitas pengembang di mata uang kripto daripada apa pun yang telah kami lihat sejak internet dan cara yang tepat untuk memikirkannya adalah [itu] adalah platform komputasi baru. Setiap satu atau dua dekade sekali, platform komputasi baru akan muncul. Hal yang menipu tentang [itu] adalah bahwa ketika platform baru pada saat itu umumnya lebih buruk dalam banyak hal daripada platform lama tetapi memiliki beberapa kemampuan baru.“Ben Horowitz, co-founder Andreessen Horowitz

Dalam sebuah penelitian yang dirilis pada 2017, JP Vergne, seorang profesor di Ivey Business School, mengungkapkan bahwa aktivitas pengembang adalah indikator paling akurat dari tren nilai tukar mata uang kripto.Berdasarkan tren pasar sejak 2011 dan kemampuannya untuk pulih ke titik tertinggi sepanjang masa setelah terjadi perubahan besar, sangat mungkin – mengingat aktivitas pengembang yang tinggi di sekitar jaringan blockchain besar – bahwa pasar mata uang kripto akan pulih pada akhir tahun ini karena banyak ahli yang memprediksi.

Sumber : Cointelegraph

 

Related articles

Cara Menjadi Day Trader Profesional

Hai Digitalis! Apakah anda mulai berpikir untuk menjadikan day trading menjadi pekerjaan tetap anda? Sebelum kita menuju ke langkah-langkah untuk menjadi day trader, mari kita mulai dengan definisi day trading itu sendiri.  Day trading merupakan kegiatan membeli dan menjual di broker secara aktif selama 1 hari. Frekuensi trading biasa dilakukan beberapa kali dalam hari, tetapi […]

cara investasi cryptocurrency dan ICO

Investasi Crypto ? Bisakah Kita Percaya Portal Rating Crypto, ICO dan IEO?  

Untuk mendapatkan peluang berinvestasi cryptocurrency di project ICO yang bagus, seringkali kita harus melakukan due dilligence dari banyak aspek dan sumber, salah satunya dari rating di ICObench. Setelah awalnya dikenal karena memberikan peringkat ICO yang seharusnya akurat, ICOBench telah bercabang untuk mencakup beberapa layanan serupa lainnya, termasuk menawarkan daftar Initial Exchange Offering (IEO) mendatang dengan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *