Menurut Vitalik Buterin DeFi Itu ‘Hal Menyenangkan Tapi Jangka Pendek’

jumlah dana defi

 

Founder dari Ethereum (ETH) berpendapat bahwa euforia sekitar DeFi dapat mengalihkan perhatian dari upaya membangun instrumen yang berharga untuk jangka panjang.

Baca juga : Apa itu Decentralized Finance (DeFi)

Vitalik dengan ironis mengomentari moto ‘yield farmers’ pengguna DeFi, yang berarti mendapatkan untung tinggi pada berbagai skema pinjaman dan pinjaman terdesentralisasi. Dia mengklaim bahwa konsep yang tidak canggih ini jauh lebih menarik bagi sebagian besar orang daripada kasus penggunaan smart contract.

Selain itu, ia menyangkal gagasan bahwa aplikasi Decentralized Finance / DeFi atau keuangan desentralisasi dapat menjamin tingkat hasil tahunan (Annual Percentage Yield) yang lebih menguntungkan daripada instrumen keuangan klasik. Namun, ia menghargai bagian paling membosankan dari konstruksi DeFi, yaitu akses global ke dollar crypto yang kuat yang tidak mengalami deflasi karena mekanisme yield.

Vitalik Buterin juga menyebutkan bidang-bidang sistem desentralisasi yang terlihat menarik baginya. Dia mengakui bahwa dia masih menghargai DAO, DAICO dan prediction market.

Kasus penggunaan use case dunia nyata yang paling berharga untuk instrumen desentralisasi adalah smart contract wallet, teknologi privasi dan public goods funding schemes, menurut Buterin.

Komunitas tidak setuju

Beberapa ‘yield farmers’ mulai membela segmen mereka dari kritik pendiri Ethereum (ETH). Eric Conner, seorang pengembang inti podcaster dan Ethereum (ETH) menyatakan bahwa skema baru ini tidak begitu berbeda dari mekanisme investasi yang sudah dikenal, sementara moto-nya tidak lain adalah label memetika.

Anthony Sassano, salah satu pendiri EthHub, menguraikan bahwa euforia ini dapat membuat orang tertarik pada hal-hal berharga lainnya di Ethereum (ETH).

 

Analis Adam Cochran menyoroti peran DeFi sebagai lingkungan awal sandbox untuk produk masa depan:

Hal-hal jangka pendek yang mencolok membantu kami menguji fitur jangka panjang, tetapi juga menarik pemikir, pembangun, pengguna, dan penjelajah baru ke luar angkasa.

 

kritik Ethereum DeFi

 

Informasi DeFi Lainnya :

Kenapa Ekosistem DeFi (Decentralized Finance) Perlu Dikembangkan di Indonesia ?

Related articles

DeFi Platform Compound Mempersiapkan Distribusi Token Governance

Salah satu platform keuangan otomatis paling populer di dunia, Compound, sedang bersiap untuk mendistribusikan token sebagai bagian dari proposal governance yang sedang berlangsung. Distribusi token Compound akan dimulai pada 15 Juni setelah uji coba testnet berhasil. Compound mentweet hasil percobaan yang berhasil mengaktifkan pengiriman token COMP ke semua pengguna protokol: “Kami telah menyelesaikan uji coba […]

decentralized-finance

Memahami Disrupsi Dari Decentralized Finance (DeFi)

  Decentralized Finance atau DeFi adalah layanan finansial yang dilakukan di atas blockchain, antara lain borrow & lending, insurance, money market, decentralized exchange dan lain sebagainya. Di bulan Juli 2020, DeFi (Decentralize Finance) banyak menjadi pembicaraan karena beberapa sebab. Di akhir Juli 2020, Total Value Lock in DeFi mencapai 3,6 Billion USD atau lebih dari […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *